Aturan sistem tenaga listrik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Aturan sistem kelistrikan)


Sebuah aturan sistem tenaga listrik adalah serangkaian spesifikasi teknis yang harus dicapai oleh semua fasilitas yang terhubung ke sistem tenaga listrik, untuk memastikan keamanan, keselamatan, dan keekonomian dari sistem. Fasilitas-fasilitas tersebut dapat berupa pembangkit listrik, pelanggan, maupun sistem tenaga listrik lain.[1] Aturan ini dibuat oleh sebuah otoritas yang bertanggung jawab atas integritas dan operasi sistem. Penyusunan aturan ini biasanya melibatkan operator sistem (distribusi maupun transmisi), perwakilan pengguna, dan pada beberapa negara, juga melibatkan instansi pemerintah terkait.[2]

Konten aturan dapat bervariasi, tergantung pada kemampuan sistem transmisi. Biasanya, aturan ini juga menjelaskan tindakan yang wajib dilakukan oleh pembangkit saat terjadi gangguan sistem, seperti pengaturan tegangan listrik, batasan faktor daya listrik, pasokan daya reaktif, kegagalan sistem (seperti hubungan pendek), dan perubahan frekuensi.

Tidak ada aturan yang sama persis, karena tiap negara memiliki aturannya masing-masing. Bahkan di Amerika Utara, tidak ada aturan yang berlaku untuk keseluruhan wilayah.[3]

Pembangkit listrik swasta[sunting | sunting sumber]

Semua pembangkit, termasuk pembangkit listrik swasta, seperti pembangkit listrik tenaga surya[4] atau ladang angin[5] harus mematuhi aturan ini juga.[6]

Kategorisasi[sunting | sunting sumber]

Spesifikasi yang tercantum dalam aturan dapat dibagi menjadi dua kategori, yakni statis dan dinamis.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ GmbH, Next Kraftwerke (2019-02-13). "The Grid Code: Rules for the power network". Virtual Power Plant | Power Trader | Aggregator. Diakses tanggal 2019-07-04. 
  2. ^ "Grid Code". National Grid ESO. 2018-10-17. Diakses tanggal 2019-07-04. 
  3. ^ a b "ABB Conversations > Standards and grid codes – the latest developments and trends". ABB Conversations. 2019-07-04. Diakses tanggal 2019-07-04. 
  4. ^ "Solar Energy Plants Grid Connection Code" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2020-01-19. Diakses tanggal 2019-10-09. 
  5. ^ "An Improved Control Strategy for DFIG Low Voltage Ride-Through Using Optimal Demagnetizing method". IEEE Conference Publication. 2019-06-18. Diakses tanggal 2019-07-04. 
  6. ^ Grid codes for renewable energy integration

Pranala luar[sunting | sunting sumber]