Atol Bikini

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Daerah Uji Coba Nuklir Bikini Atoll
Bikini Atol.jpg
Situs Warisan Dunia UNESCO
Negara  Kepulauan Marshall
Tipe Budaya
Kriteria iv, vi
Nomor identifikasi 1339
Kawasan UNESCO Asia Pasifik
Tahun pengukuhan 2010 (sesi ke-34)

Bikini Atoll adalah sebuah tempat yang terletak di wilayah Mikronesia yang merupakan bagian dari Kepulauan Marshall yang terletak di Samudera Pasifik. Terletak di utara Khatulistiwa tempat ini juga merupakan tempat uji coba nuklir sejak Perang Dunia 2 sampai dengan bulan Desember 1945.

Tempat ini diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2010.

Sejarah Bikini Atoll[sunting | sunting sumber]

Pada Tahun 1600 Kepulauan Marshall ditemukan oleh Spanyol dan kemudian oleh Jerman, mereka memanfaatkannya untuk memproduksi Minyak Kopra dari Buah Kelapa.

Pada perang dunia 2 Bikini Atoll sempat dikuasai Jepang sampai akhirnya Amerika Serikat menyerang Kepulauan Marshall, termaksud daerah Bikini Atoll, pertempuran berdarahpun terjadi di Kepulauan Marshall dan Amerika Serikat berhasil menjatuhkan Jepang, tentara - tentara Jepang berhasil ditangkap termaksud yang bersembunyi di Lubang yang mereka buat sendiri.

Lalu, bulan Desember 1945, Presiden Harry. S Truman mengeluarkan perintah kepada pemimpin Angkatan Darat dan Angkatan Laut Amerika Serikat, bahwa pengujian senjata nuklir akan diperlukan untuk menentukan efek bom atom dikapal perang Amerika Serikat dan Bikini Atoll lah yang dipilih karena lokasinya yang jauh dan menjadi tempat pengujian senjata nuklir terbaru yang dibuat Amerika Serikat.

Pemandangan Pantai di Bikini Atol

Dan pada bulan Februari tahun 1946 gubernur Militer Ben. H Wyatt mengujungi Bikini Atol dan mengatakan bahwa seluruh penduduk di Bikini Atoll harus meninggalkan tempat itu, karena tempat itu akan dijadikan tempat pengujian senjata nuklir terbaru oleh Amerika Serikatdan Ben. H Whyatt menjelaskan bahwa demi kebaikan dan perdamaian dunia, akhirnya seluruh penduduk Bikini Atoll meninggalkan tempat tersebut dan tinggal di tempat yang jauh dari Bikini Atoll, perpindahan tersebut di pimpin oleh Raja Yehuda.

Tempat Wisata[sunting | sunting sumber]

Bikini Atoll sekarang sudah tidak digunakan lagi, tetapi sekarang tempat tersebut menjadi tujuan wisata, termaksud yang suka menyelam, karena keindahan bawah lautnya sangat indah, banyak sekali ikan-ikan yang tinggal di bawah laut Bikini Atoll. Tempat ini menjadi daerah tujuan faforit para penyelam.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]