Atlas FC

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Atlas
Nama lengkapAtlas Fútbol Club
JulukanLos Rojinegros (Merah dan Hitam)
Los Zorros (Rubah)
La Academia (The Academy)
La Furia (Kemarahan)
Nama singkatATS
Berdiri15 Agustus 1916; 107 tahun lalu (1916-08-15)
StadionStadion Jalisco
(Kapasitas: 56,713[1][2])
PemilikGrupo Orlegi
KetuaJosé Riestra
ManajerBenjamín Mora
LigaLiga MX
Apertura 202217
Situs webSitus web resmi klub
Kostum kandang
Kostum tandang
Kostum ketiga
Musim ini

Atlas Fútbol Club (pengucapan bahasa Spanyol: [ˈatlas ˈfuðβol ˈkluβ]) adalah klub sepak bola profesional asal Meksiko yang berbasis di kota Guadalajara, Jalisco, yang saat ini bermain di Liga MX. Klub ini memainkan pertandingan kandang mereka di Stadion Jalisco.

Klub ini didirikan pada tahun 1916, dan Atlas telah memenangkan tiga gelar liga dan empat piala domestik. Los Roginegros memiliki era keemasan mereka di tahun 1950-an dan 60-an, tetapi baru-baru ini mereka menjadi salah satu dari sedikit "bicampeones" (juara back-to-back) di sepak bola Meksiko.[3][4]

Atlas memiliki persaingan dengan rival sekota Chivas dan derby itu disebut "Clasico Tapatio."

Stadion Jalisco[sunting | sunting sumber]

Pemandangan panorama dari Stadion Jalisco

Atlas saat ini bermain di Stadion Jalisco, yang merupakan stadion terbesar ketiga di Meksiko dan dibangun pada tanggal 31 Januari 1960. Stadion ini adalah tempat yang menjadi tuan rumah pertandingan bersejarah Timnas Brasil pada tahun 1970 yang saat itu diperkuat oleh legenda mereka, Pelé. Secara total, stadion ini adalah tuan rumah untuk 8 pertandingan di Piala Dunia FIFA 1970, 6 di antaranya berasal dari pertandingan penyisihan grup, dua perempat final dan satu pertandingan semi-final. Selanjutnya, stadion ini kembali menjadi tuan rumah untuk 9 pertandingan di Piala Dunia FIFA 1986, 6 di antaranya adalah pertandingan penyisihan grup, 1 babak enam belas besar dan 2 pertandingan terakhir adalah perempat final dan semi final.

Pendukung dan persaingan[sunting | sunting sumber]

Penggemar Atlas secara keseluruhan dikenal sebagai La Fiel (Yang Setia), sedangkan La Barra 51 adalah kelompok pendukung utama yang terorganisir. Nama La Barra 51 mengingatkan pada kejuaraan pertama Atlas di Primera División de México pada tahun 1951. Melalui kinerja tim yang berjuang La Fiel telah mendapatkan namanya, mendukung tim selama 70 tahun tanpa prestasi besar.

Clásico Tapatío[sunting | sunting sumber]

Rival sengit Atlas adalah C.D. Guadalajara yang merupakan tim sekota di Guadalajara atau sering disebut dengan nama Chivas. Derby ini dikenal sebagai Clásico Tapatío dan dikatakan sebagai derby sepak bola tertua di Meksiko sejak dimulainya persaingan antara keduanya pada tahun 1916. Pertandingan pertama antara kedua belah pihak adalah pertandingan persahabatan yang berlangsung tak lama setelah Atlas didirikan, pertandingan itu berakhir dengan skor imbang 0-0. Pertandingan kompetitif pertama antara kedua belah pihak terjadi pada tahun 1917 di "Torneo de Primavera", yang diterjemahkan dalam bahasa inggris menjadi "Turnamen Musim Semi". Dalam pertandingan itu, Atlas menang 2–1. Namun, pertandingan tersebut memicu kontroversi ketika keluhan suporter mengenai kinerja wasit yang buruk diajukan oleh kubu dari Chivas. Chivas sangat marah dengan hasil tersebut, sehingga mereka menolak untuk bermain di turnamen "Liga Amatir de Jalisco" berikutnya pada tahun 1917–18, kecuali presiden wasit Justo García Godoy, mengundurkan diri dari posisinya; ketika Godoy gagal melakukannya, Chivas menolak untuk mengikuti turnamen tersebut.

Dalam derby Guadalajara, Chivas memimpin dengan memenangkan 16 dari 35 pertandingan kompetitif yang dimainkan kedua belah pihak. Atlas hanya menang 9 kali dan kedua tim seri 8 kali.

Personil[sunting | sunting sumber]

Manajemen[sunting | sunting sumber]

Posisi Staf
Ketua Meksiko José Riestra
Direktur sepakbola Meksiko Álvaro de la Torre
Direktur Eksekutif Meksiko Aníbal Fájer
Direktur akademi Spanyol Albert Espigares

Sumber: Liga MX

Staf kepelatihan[sunting | sunting sumber]

Posisi Staf
Manajer Meksiko Benjamín Mora
Asisten manajer Meksiko Gian Salazar
Meksiko Omar Flores
Pelatih penjaga gawang Meksiko Luis Valls
Pelatih kebugaran Argentina Marcos González
Fisioterapi Argentina Gustavo Witte
Argentina Rodrigo Nicolau
Dokter tim Meksiko Rodrigo Ambríz

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Football stadiums of the world – Stadiums in Mexico | Football stadiums of the world". 
  2. ^ "Mexico – CSyD Atlas de Guadalajara". Soccerway. Diakses tanggal 4 January 2017. 
  3. ^ "¿Qué equipos han sido Bicampeones en México?". Goal.com. 29 September 2022. Diakses tanggal 2022-11-27. 
  4. ^ "En la élite". Oncediario.com (dalam bahasa Spanyol). 30 May 2022. Diakses tanggal 2022-11-27.