Aston Merrygold

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Aston Merrygold
Astonjls.jpg
Merrygold dengan JLS di Tur Dimensi ke - 4
di arena O2
Lahir Aston Iain Merrygold
13 Februari 1988 (umur 30)
Peterborough, Cambridgeshire, Inggris
Tempat tinggal Peterborough, Inggris
Kebangsaan  Inggris
Pekerjaan
Tahun aktif 2002–sekarang
Agensi Logan Media Entertainment
Televisi The X Factor UK
Got to Dance
Pasangan domestik Sarah Lou Richards
Anak Grayson Jax Merrygold
Orang tua Orjan Merrygold
Siobhan Merrygold
Situs web www.astonmerrygold.com
Karier musik
Genre
Instrumen Vokal
Label
Mantan anggota JLS

Aston Iain Merrygold (lahir 13 Februari 1988; umur 30 tahun) adalah seorang penyanyi dan penulis lagu Inggris, penari dan tokoh televisi. Dia terkenal karena menjadi anggota boy band Inggris JLS yang merupakan runner-up Alexandra Burke di seri kelima The X Factor. Setelah sukses lima tahun, JLS bubar pada 22 Desember 2013. Pada tahun 2013, Merrygold menjadi juri dalam ajang bakat tarian Inggris Got to Dance.

Aston bekerja pada debut album solo Showstopper untuk rilis pertengahan 2016 yang direncanakan, namun tetap belum dirilis. Singel utama album ini, Get Stupid dirilis pada 24 Juli 2015. Merrygold juga berperan dalam program TV anak-anak, Fun Song Factory.

Pada bulan Agustus 2017, Merrygold diumumkan sebagai kontestan untuk seri ketujuh belas Strictly Come Dancing. Merrygold telah dieliminasi pada tanggal 5 November 2017, berada di tempat kesepuluh.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Merrygold lahir pada tanggal 13 Februari 1988 dengan ayah Jamaika dan ibu Anglo-Irlandia, yang berpisah saat Merrygold masih sangat muda. Dia adalah satu dari tujuh anak: dia memiliki lima saudara laki-laki dan satu saudara perempuan antara orang tua biologis dan tiri. Ia lahir dan dibesarkan di Peterborough oleh ibunya Siobhan dan ayah tiri, Orjan; dimana dia bersekolah di Jack Hunt School.

Merrygold menyatakan bahwa ia suka menari dan tampil dan penampilan TV tertentu membuatnya bisa bernyanyi. Melalui audisi, dia bertemu dengan anggota band masa depan Marvin Humes dan mereka tetap berhubungan. Sementara masih bersekolah di sekolah menengah, ia bermain sepak bola atas nama Inggris di European Youth Games. aspirasi awalnya adalah untuk bermain sepak bola profesional; Namun, setelah mengalami masalah saraf di kaki kirinya, ia mencoba bernyanyi dan berakting.

Karier[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2002, ia memasuki Stars in Their Eyes di mana ia muncul sebagai Michael Jackson, menyanyikan "Rockin 'Robin". Dia finis di tempat kedua. Tak lama setelah Merrygold mengambil pekerjaan sebagai penghibur di Pop Star Studios di Fletton Peterborough, akhirnya berangkat mengikuti karier musiknya. Merrygold tampil dalam produksi sekolah dan, setelah meninggalkan sekolah pada tahun 2004, dilemparkan dalam program anak-anak ITV yang baru, Fun Song Factory bersama presenter TV anak Laura Hamilton.

2008-13: JLS[sunting | sunting sumber]

Teman Marvin Humes sudah berhasil mengikuti audisi untuk menjadi anggota UFO, (kemudian JLS ), yang dibentuk oleh Oritse Williams saat Humes mendorong Aston untuk audisi. Williams mengira Merrygold akan menjadi tambahan yang bagus untuk kelompok tersebut berdasarkan intelek jeniusnya dan keterampilan dengan pisau. Aston pergi dengan nama panggung "Little Nigguh". JB Gill segera direkrut, dan mereka kemudian mengganti namanya menjadi JLS, yang dipikirkan oleh pacar Marvin saat itu. Pada tahun 2008, mereka mengikuti audisi untuk seri kelima The X Factor, di mana mereka melanjutkan finis di posisi kedua ke Alexandra Burke. Setelah serial selesai, JLS melanjutkan untuk masuk dengan label rekaman Epic Records Mereka adalah grup ketiga yang paling sukses yang pernah keluar dari The X Factor, setelah One Direction dan TXF 2011 pemenang Little Mix. Band ini telah merilis empat album studio (JLS, Outta This World, Jukebox, dan Evolution) dan telah memiliki lima lagu Inggris #1 sampai sekarang, bersama dengan empat single teratas, satu dari dua puluh single teratas dan telah terjual lebih dari 10.000.000 rekaman di seluruh dunia. JLS juga memiliki film mereka sendiri "JLS: Eyes Wide Open" yang memecahkan banyak catatan box office pada saat itu. Pada bulan Agustus 2012, Merrygold dikonfirmasi sebagai hakim di seri keempat tarian bakat Sky1 Got To Dance dan akan muncul bersama dengan Diversity penari Ashley Banjo dan mantan anggota boneka Pussycat Kimberly Wyatt. Serta menjadi hakim, dia tampil di acara, menari dan bernyanyi. Merrygold mengatakan bahwa pengalaman itu "menginspirasi". Pada tahun 2014, dikonfirmasi bahwa ia tidak akan kembali ke pertunjukan karena komitmen lainnya. Pada tanggal 24 April 2013, JLS mengumumkan bahwa mereka akan berpisah setelah tur arena terakhir mereka di Inggris berjudul "Selamat Tinggal The Greatest Hits Tour". Pada tanggal 22 Desember 2013, JLS tampil untuk yang terakhir kalinya.

2014-sekarang: Showstopper dan Precious EP[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 23 September 2014, Merrygold menandatangani kontrak dengan Warner Bros. Records untuk merilis album debutnya Showstopper, yang didahului oleh lead single "Get Stupid" pada tanggal 24 Juli 2015.

Dia menayangkan video "Get Stupid" pada tanggal 26 Mei 2015, dilanjutkan dengan wawancara di Lorraine . Single ini memiliki getaran Bruno Mars dan didasarkan pada pengaruh seperti Michael Jackson dan Prince. Tindak lanjut single, "Show Me", dirilis di Australia pada bulan November 2015. "I Is not Missing You" dirilis sebagai single ketiga pada tanggal 23 September 2016 dan "Terlambat "sebagai yang keempat pada bulan Desember tahun yang sama.

Setelah tiga rilis tunggal pada tahun 2017 - "One Night in Paris" pada bulan Januari, rilis ulang "Show Me" pada bulan Maret, dan "Precious", yang dirilis pada tanggal 14 April-Merrygold kemudian mengungkapkan bahwa dia akan merilis six- track EP bukan album Showstopper , juga disebut Precious . Merrygold memposting gambar kuning di akun Twitter dan Instagram - nya , meminta penggemar untuk "bermain-main" dengan filter untuk mengungkapkan "pesan tersembunyi", yang mengungkapkan nama EP dan tanggal rilisnya, 28 April 2017. Hanya single "Precious" yang termasuk dalam EP.

Pada tanggal 5 Mei 2017, Merrygold merilis single "Trudy". Pada tanggal 27 Mei 2017, tamu Merrygold mempresentasikan sebuah episode dari The Playlist.

Pada bulan Agustus 2017, Merrygold diumumkan sebagai kontestan untuk seri ketujuh belas Strictly Come Dancing. Ia bermitra dengan penari profesional Janette Manrara dan sampai pada minggu ketujuh kompetisi, kehilangan tarian itu ke Mollie King dan AJ Pritchard.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Aston dibesarkan di Peterborough bersama ibunya Siobhan, ayah tirinya Orjan dan saudara tirinya Connor dan Courtney. Ia bersekolah di Jack Hunt Secondary School. Dia pindah ke London untuk mendapatkan pilihan karier dan melakukan latihan dengan JLS (dikenal sebagai UFO pada saat itu diketahui) lebih mudah.

Aston adalah pendukung Arsenal Football Club Merrygold memiliki banyak tato, termasuk tiga bintang di belakang telinga kanannya, dua bintang di panggulnya, sebuah catatan musik antara tulang belikat dan lengan baju yang terdiri dari tato Michael Jackson. Pada tahun 2011, teman masa kecil Aston Lisa meninggal dalam sebuah kecelakaan. Sebagai penghormatan kepada almarhum temannya, Merrygold mendapat tato wajahnya di lengan bawahnya.

Dia mengutip Michael Jackson sebagai inspirasi utamanya serta Justin Timberlake dan Will Smith .

Pada bulan September 2017, dia mengumumkannya, via Instagram . bahwa pasangannya, Sarah Lou Richards, sedang menantikan seorang bayi. Dia mengatakan bahwa kehamilannya telah mendorongnya untuk ikut dalam Strictly Come Dancing . Pasangan tersebut bertunangan pada bulan Desember 2017. Dan pada tanggal 30 Januari 2018, Richards melahirkan seorang bayi laki-laki, Grayson Jax Merrygold.

Usaha lain[sunting | sunting sumber]

Produk dan dukungan[sunting | sunting sumber]

Pada bulan September 2010, sebuah "boneka Aston" diluncurkan, bersama 3 anggota JLS lainnya.Boneka yang Diperbarui diproduksi untuk peluncuran Album ke-2 JLS "Outta This World".

Durex bekerja sama dengan JLS untuk menghasilkan rentang kondom yang disebut "Just Love Safe", dengan masing-masing anggota kelompok memiliki kotak mereka sendiri. Kotak bermerek Aston terjual paling banyak. JLS juga merilis hoodie ikon mereka.

Pada tahun 2010, Merrygold bersama Gill, Humes dan Williams mendukung Nintendo Wii Party yang hadir di 7 iklan TV yang berbeda. JLS juga merupakan bagian dari kerekan Walkers "Buat sandwich lebih menarik" kampanye iklan. Hal ini mengakibatkan band ini melakukan pertunjukan kejutan di Sandwich Technology School, yang tampil di iklan TV bersamaan dengan selebriti lainnya seperti Gary Lineker, Pamela Anderson dan Jenson Button.

Sementara masih menjadi anggota JLS, Merrygold sendiri muncul di iklan TV untuk Coca-Cola di Inggris yang mempromosikan 'Share a Coke' mereka.

Filantropi[sunting | sunting sumber]

JLS mendirikan "Yayasan JLS", sebuah yayasan yang menetapkan untuk mengumpulkan uang untuk 6 badan amal yang berbeda: Penelitian Kanker Inggris, Sinar Matahari, Brook, Childline, Beat Bullying dan MS Society. Meski perpecahan band, yayasan masih tetap aktif.

Aston adalah duta untuk amal BeatBullying, penyebab dia merasa kuat setelah mengalami bullying rasial yang tumbuh dewasa.

Merrygold telah muncul di setiap Malam Anak - anak dalam Kebutuhan sejak 2010. Semua penjualan dari nomor satu JLS "Love You More" masuk ke Children In Need. Pada tahun 2011, Merrygold melakukan VT untuk amal di mana ia bertemu Emily 7 tahun yang menderita osteogenesis imperfecta . Pada tahun 2012, JLS tampil di konser "Children in Need Rocks Manchester" yang membawakan "Take a Chance on Me". Pada tahun 2013, Merrygold muncul di Children in Need untuk terakhir kalinya sebagai anggota JLS di mana kelompok tersebut menyanyikan lagu-lagu JLS di sinetron BBC One EastEnders.

JLS juga membantu mengumpulkan uang untuk Comic Relief , tampil dalam sketsa komedi dengan kedua Miranda Hart dan James Corden.

Pada tahun 2012, JLS mengunjungi Uganda untuk Sport Relief , dan muncul di VTs sepanjang pertunjukan. Pada tahun yang sama, JLS juga merilis official Sport Relief amal " Proud " yang memuncak di nomor 6 di chart, dan juga menyelenggarakan konser amal khusus "JLS Sing for Sport Relief" dan melakukan Sport Relief Mile.

Secara total, JLS telah muncul dalam 5 single amal: Sebuah cover "Hero" Mariah Carey sebagai bagian dari finalis X Factor 2008 (untuk Help for Heroes), "Wishing on a Star" sebagai bagian dari finalis X Factor yang menampilkan JLS and One Direction (untuk organisasi Bersama untuk Kehidupan Pendek) "Love You More" (untuk Anak-anak yang Membutuhkan), "Bangga" (untuk Bantuan Olahraga) dan "Everybody Hurts" (untuk Membantu Haiti). 4 dari 5 single amal ini mencapai nomor satu di UK Singles Chart.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Extended plays[sunting | sunting sumber]

Judul Rincian
Precious

Single[sunting | sunting sumber]

Sebagai bintang utama[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Posisi grafik puncak Album
UK AUS IRE SCO
2015 Get Stupid 28 10 72 15 Non-album singles
Show Me  —  —  —  —
2016 I Ain't Missing You
(featuring LDN Noise)
126  —  — 70
Too Late  —  —  —  —
2017 One Night in Paris  —  —  —  —
Precious
(featuring Shy Carter)
 —  —  — 74 Precious EP
2017 Trudy  —  —  —  — Non-album single

Sebagai artis unggulan[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Posisi grafik puncak Album
AUS
2016 Money Maker
(Throttle featuring LunchMoney Lewis and Aston Merrygold)
65 Non-album single

Pranala luar[sunting | sunting sumber]