Astana Pro Team

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Astana Pro Team
Informasi umum
Kode UCI AST
Basis Kazakhstan
Didirikan 2007 (2007)
Status UCI ProTeam
Sepeda Specialized
Pemegang jabatan
Manajer Alexander Vinokourov
Riwayat nama
2007– Astana Pro Team
Warna tim Warna tim Warna tim
Warna tim
 
Kostum

Astana Pro Team (Kode tim UCI: AST) adalah sebuah tim balap sepeda jalan raya yang disponsori oleh Samruk-Kazyna, sebuah koalisi dari perusahaan milik negara dari Kazakhstan dan diberi nama sesuai dengan ibu kotanya yaitu Astana. Astana memperoleh status UCI ProTeam pada tahun pertamanya, 2007. Setelah sebuah skandal doping besar yang melibatkan pembalap Kazakhstan Alexander Vinokourov, manajemen tim dibubarkan dan manajemen baru dibentuk pada tahun 2008. Tim kemudian dipimpin oleh Johan Bruyneel, mantan manajer tim U.S. Postal/Discovery Channel. Meskipun Astana dibawah Bruyneel memperoleh kesuksesan besar, dengan anggota tim termasuk pemenang Grand Tour Alberto Contador, dan juga posisi kedua Andreas Klöden, tim berada di ujung kebangkrutan finansial pada bulan Mei 2009. Sebuah persaingan memperebutkan kendali tim berkaitan dengan kembalinya Vinokourov untuk Vuelta a España 2009 membuat Bruyneel dan sedikitnya empat belas pembalap meninggalkan tim pada akhir tahun 2009, sebagian besar bergabung dengan RadioShack. Hanya empat pembalap Spanyol, termasuk Contador, dan sebagian besar pembalap Kazakhstan bertahan untuk membangun tim kembali pada untuk tahun 2010. Keempat pembalap Spanyol tersebut meninggalkan tim pada tahun 2001 untuk bergabung dengan Saxo Bank Sungard.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pembubaran Liberty Seguros-Würth[sunting | sunting sumber]

Astana pertama kali terlibat dalam mensponsori tim balap sepeda pada tahun 2006. Tim Liberty Seguros-Würth team asal Spanyol terlibat dalam kasus doping Operación Puerto dan sponsornya Liberty Mutual, dan kemudian Würth, menarik diri dari pembiayaan tim. Astana melangkah masuk untuk membiayai tim tersebut, dan pada paruh kedua musim balap, Vinokourov memenangkan Vuelta a España saat membalap untuk tim yang berganti nama menjadi Team Astana, dan rekan Kazakhstannya Andrey Kashechkin berada di posisi ketiga.

Tim baru[sunting | sunting sumber]

Alexander Vinokourov

Manajemen Astana yang baru pada awalnya mencoba untuk membeli lisensi ProTour dari bekas tim Liberty Seguros-Würth, yang dimiliki oleh Manolo Saiz. Namun, Saiz menolak untuk menjual, sehngga Astana mengajukan lisensi dengan kepemilikan mereka sendiri. Awalnya tim baru tersebut berbasis di Swiss di bawah perusahaan perusahaan induk milik Zeus Sarl dan dipimpin oleh mantan penyelenggara Tour de Suisse Marc Biver. Vinokourov menjadi pimpinan tim pertama.

Komisi lisensi UCI ProTour pada awalnya menghubungi Astana bahwa mereka tidak akan memberikan Lisensi ProTour untuk musim balap 2007. Setelah keputusan UCI untuk tidak memberikan lisensi ProTour, penyelenggara dari tiga Grand Tour menghubungi Astana Team bahwa mereka akan tetap diundang, tidak bergantung pada status Lisensi ProTour. Pada 20 Desember 2006 Komisi Lisensi UCI melunak dan memberikan Astana Team lisensi ProTour untuk empat tahun.

Pembalap terkenal lainnya untuk musim 2007 termasuk spesialis balap tahapan Andreas Klöden, Paolo Savoldelli dan Andrey Kashechkin, bersama dengan Matthias Kessler, Grégory Rast, Thomas Frei dan penanjak Spanyol Antonio Colom.

2007[sunting | sunting sumber]

Isu Doping[sunting | sunting sumber]

Pada bulan April, Matthias Kessler teruji positif menggunakan testosteron pada sebuah tes mendadak di Charleroi. Mantan pembalap Team T-Mobile yang memenangkan sebuah tahapan di Tour de France tersebut, dipecat pada bulan Juli, dan menjadi orang pertama dari sejumlah pembalap Astana yang teruji positif. Pada akhir Juli, mantan pembalap T-Mobile lainnya, pembalap Italia Eddy Mazzoleni, meninggalkan tim setelah terindikasi menggunakan doping. Mazzoleni, yang meraih peringkat ke-3 pada Giro d'Italia 2007, kemudian dilarang membalap selama dua tahun karena keterlibatannya dalam kasus doping Oil for Drugs.

Setelah sebuah tes positif terhadap doping darah (transfusi) setelah kemenangan pada etape time-trial oleh pimpinan tim Alexander Vinokourov, penyelenggara "mengundang" manajemen Team Astana untuk menarik seluruh tim dari Tour de France 2007; undangan ini kemudian segera diterima.[1]

Setelah konfirmasi yang menunjukkan Sampel B Vinokourov juga teruji positif, Astana Team mengumumkan bahwa dia akan segera dipecat dan akan berefek langsung.[2] Pada 1 Agustus, sesama rekan Kazakhstannya Andrey Kashechkin teruji positif menggunakan doping darah setelah sebuah tes di luar kompetisi di Belek, Turki. Dia kemudian dibekukan dan segera dipecat.

Sebagai tambahan, tim yang bermasalah tersebut memutuskan untuk menghentikan aktivitasnya selama bulan Agustus untuk memutuskan masa depannya dengan peraturan baru.[3]

Hal ini diikuti dengan pemutusan kontrak José Antonio Redondo setelah "gahal mematuhi peraturan tim", membuatnya menjadi pembalap kelima yang meninggalkan tim pada tahun 2007.

2008[sunting | sunting sumber]

Mobil tim 2008

Setelah permasalahan doping pada tahun 2007, sponsor Astana memutuska menggantikan Biver dengan Johan Bruyneel, mantan directeur sportif dari Discovery Channel Pro Cycling Team yang sudah dibubarkan. Bruyneel memiliki mandat untuk membangun sebuah tim baru, sehingga dia mengontrak sejumlah mantan pembalap Discovery termasuk pemenang Tour de France 2007 Alberto Contador (yang berkendara bersama dengan Vinokourov di tim Liberty Seguros yang lama) dan peringkat ketiga Levi Leipheimer. Sebagai tambahan, Bruyneel memperkenalkan sistem anti doping yang dikembangkan oleh Dr. Rasmus Damsgaard, Kepala Informasi bagi Anti Doping Danmark (ADD). Sistem anti doping ini pada awalnya diguanakn oleh Team CSC mulai tahun 2007.[4] Hubungan antara tim Discovery Channel dan Astana semakin kuat saat Bruyneel menandatangani sebuah kontrak dengan Trek Bicycle Corporation untuk memasok tim dengan sepeda dan komponennya, sama seperti yang dilakukan oleh Discovery Channel. Bruyneel juga memastikan sponsor dengan SRAM, perusahaan pembuat komponen.

Berkendara dengan lisensi Luxemburg, juga memasukkan beberapa pembalap mantan Discovery Channel seperti Tomas Vaitkus, Sérgio Paulinho, Chechu Rubiera, Vladimir Gusev dan Janez Brajkovic, bersama dengan pembalap Amerika Chris Horner. Namun, mantan pembalap Discovery Channel, Savoldelli meninggalkan tim.

Pada 13 Februari 2008, penyelenggara Tour de France mengumumkan bahwa Astana akan dilarang untuk ikut serta dalam Tour de France 2008 karena hubungannya dengan Operación Puerto dan keterlibatannya dalam skandal doping Tour 2007. Ini berarti bahwa Contador tidak dapat mempertahankan mahkota juaranya, karena kontraknya tidak memiliki sebuah "klausul pelepasan" yang menutupi situasi terkini Astana.[5]

Hasil[sunting | sunting sumber]

Alberto Contador

Astana juga tidak diundang pada Giro d'Italia 2008. Namun pada 3 Mei, satu minggu sebelum balapan, penyelenggara Giro memutuskan untuk mengundang Astana pada saat-saat terakhir.[6] Astana mampu menurunkan tim meskipun dalam waktu yang sangat pendek, dan pada 1 Juni, Alberto Contador memenangkan Giro, berada di peringkat ke-11 pada tahapan terakhir ime trial untuk memeprtahan ka kaus pink-nya dan memperoleh juara umum. Contador juga memenangkan Vuelta a España 2008, bersama dengan rekan satu tim Levi Leipheimer yang berada di peringkat kedua. Sehingga, meskipun tidak mengikuti Tour de France, Astana masih memenangkan dua two Grand Tours pada tahun 2008 dan memperoleh tiga podium. Leipheimer juga memenangkan medali perunggu dalam time trial pada Olimpiade 2008, hanya sedikit di depan Contador, yang berada di posisi keempat.

Hasil lain yang diperoleh tim adalah kemenangan di beberapa balap tahapan: oleh Contador di Vuelta al País Vasco dan Vuelta a Castilla y León, oleh Leipheimer di Tour of California, oleh Klöden di Tour de Romandie dan oleh pembalap Rusia Sergei Ivanov di Tour de Wallonie. Beberapa anggota tim juga memperoleh hasil di posisi teratas, dan Ivanov, Paulinho, Vaikus dan dua pembalap Kazakhstan memperoleh juara nasional.

Peraturan anti doping Astana yang ketat mulai berdampak di pertengahan tahun. Pada 28 Juli Astana memecat Vladimir Gusev karena menunjukkan "nilai yang tidak wajar" pada pengujian doping internal. Dalam keterangan yang diberikan oleh Johan Bruyneel terindikasi bahwa meskipun hasilnya "tidak menunjukkan adanya penggunaan zat terlarang, tim menggunakan pasal dalam kontrak mengenai ketidakwajaran secara fisiologis dan biologis", melepaskan Gusev "dan berlaku segera." [7] Pada 17 Juni 2009, hampir satu tahun kemudian, Pengadilan Arbitrase Olahraga menyatakan Astana bersalah telah memecat Gusev berdasarkan interpretasi Dr. Damsgaard terhadap kondisi darah dan memerintahkan Astana untuk membayar seluruh gaji Gusev, kerusakan, dan biaya pengadilan.[8]

2009[sunting | sunting sumber]

Kembalinya Lance Armstrong[sunting | sunting sumber]

Pada 25 September 2008, dipastikan bahwa tujuh kali juara Tour de France Lance Armstrong akan meninggalkan masa pensiunnya untuk bergabung dengan tim pada musim 2009. Bersama dengan Armstrong, Yaroslav Popovych, mantan pembalap Discovery Channel lainnya, ikut bergabung dengan Astana, yang membuat jumlah pembalap mantan Discovery Channel di Astana menjadi sembilan (Armstrong, Popovych, Contador, Leipheimer, Rubiera, Noval, Vaitkus, Paulinho dan Brajkovič).

Dilaporkan bahwa Armstrong akan berbagi pimpinan tim dengan pimpinan saat itu Contador, dan dia berencana untuk ikut berpartisipasi dalam Tour Down Under, Tour of California, Paris–Nice, Tour de Georgia, Critérium du Dauphiné Liberé dan Tour de France, dan dia tidak akan menerima gaji atau bonus, melainkan mengarahkan perhatiannya untuk meningkatkan kepedulian terhadap penelitian kanker.[9][10]

Bersama dengan Armstrong dan Popovych, Astana juga mengontrak Jesús Hernández, yang sebelumnya bergabung dengan mantan tim Liberty Seguros pada tahun 2004 saat Alberto Contador merupakan salah satu pembalap di sana, bersama dengan pembalap Basque Haimar Zubeldia. Contador menyatakan dukungannya terhadap kembalinya Vinokourov dari dua tahun larangan bertanding karena doping namun terlihat kurang tertarik dengan kembalinya Armstrong.[11]

Armstrong merupakan bagian dari tim yang berpartisipasi dalam balapan ProTour pertama tim tersebut tahun 2009, Tour Down Under 2009. Kemenangan pertama tim diraih pada tahapan ke-6, diikuti juara umum pada Tour of California oleh Levi Leipheimer. Pada minggu yang sama, Alberto Contador memenangkan sebuah tahapan dan juara umum di Volta ao Algarve, dan diikuti dua tahapan di balapan Paris–Nice.

Partisipasi Armstrong pada Tour mulai diragukan pada akhir Maret, setelah dia mengalami patah tulang selangka pada Vuelta a Castilla y León yang membutuhkan operasi pembedahan. Namun, Armstrong mampu pulih tepat waktu untuk ikut membalap pada Giro d'Italia 2009.

Krisis finansial[sunting | sunting sumber]

Team time trial pada Tour de Romandie 2009

Pada 6 Mei 2009 Astana mengaku telah gagal membayar pembalapnya karena krisis finansial yang terjadi di Kazakhstan, namun seorang juru bicara tim berkata bahwa itu hanya penundaan, dan tim tidak dalam bahaya ditutup, dan tim akan tetap berkompetisi di Giro d'Italia 2009 sesuai rencana.[12] Pada 7 Mei, Armstrong, yang berkendara bagi Astana tanpa dibayar, menyatakan simpatinya kepada para pegawai yang menunggu pembayaran gajinya hanya beberapa hari sebelum start dari Giro d'Italia.[13] Dia juga berkata bahwa bila krisis finansal tidak dapat terselesaikan, lisensi tim seharusnya diberikan kepada Bruyneel, yang menurutnya merupakan "solusi paling logis."[14]

Secara organisasi, Astana memiliki struktur yang tidak biasa. Meskipun tim Kazakhstan yang memegang lisensi UCI dan membayar gaji, kontrak masing-masing pembalap dan penyewaan perlengkapan dipegang oleh perusahaan Bruyneel yang berbasis di Luxembourg, Olympus SARL, sehingga tim dapat tetap berjalan hanya dengan memindahkan lisensi. Presiden UCI Pat McQuaid berencana untuk mendatangi Astana pada penyelenggaraan Giro untuk membicarakan masa depan tim.[15] Menurut Armstrong: "Saya tidak memiliki satu jawaban konkrit namun saya menduga kami akan mampu mencari beberapa sumber pembiayaan yang akan membawa kami melalui Jini hingga akhir tahun."[13] Pada 11 Mei, UCI memberikan tenggat waktu untuk menyelesaikan masalah finansial Astana pada 31 Mei, hari terakhir dari Giro. Jika tim tidak dapat menyelesaikan masalah keuangannya pada saat itu, tim akan dibekukan oleh UCI. Bruyneel mencatat bahwa paling tidak tim dapat mengakhiri Giro dengan nama saat ini.[16]

Pada tahapan ketujuh dari Giro, delapan dari sembilan pembalap Astana, termasuk Armstrong, berkendara dengan kaus dengan nama-nama sponsor yang belum membayar yang dihapuskan sebagai protes atas gaji yang belum terbayar dan tetap menggunakan kaus tersebut selama pelaksanaan Giro. Satu-satunya pembalap yang tidak ikut serta dalam protes tersebut adalah Andrey Zeits dari Kazakhstan.[17] Menurut Bruyneel, nama sponsor yang masih membayar, seperti Trek dan KazMunayGas, tidak akan dihapuskan, dan tm tetap akan melanjutkan "membalap dengan kaus seperti itu hingga seluruhnya, terselesaikan", karena "para pembalap hanya menerima dua bulan gaji pertama pada tahun 2009."[18] Pada 19 Mei, Bruyneel mengumumkan bahwa sponsor telah membayar gaji terdahulu sejak dimulainya protes "namun sebagian besar dana masih belum diberikan."[19] Pada 3 Juni tim Astana memberikan kepastian finansial kepada organisasi penyelenggara balap sepeda yang memungkinkan mereka untuk ikut berkompetisi dalam Tour de France 2009 pada bulan Juli,[20] dan kemudian pada akhir bulan menyatakan bahwa masalah finansial mereka telah terselesaikan dan pembiayaan telah diperoleh paling tidak hingga akhir tahun.[21]

Vinokourov melawan Bruyneel[sunting | sunting sumber]

Johan Bruyneel sebagai direktur Team Astana, 2009

Selama permasalahan finansial tersebut, muncul rumor bahwa tiga pembalap mantan Discovery Channel dalam tim – pimpinan tim Contador dandomestique-nya Noval dan Paulinho – akan bergabung dengan Garmin-Slipstream untuk Tour de France apabila Armstrong di sana untuk mengabil alih tim Astana.[22] Permasalahan itu terlihat akan terselesaikan, paling tidak selama sisa musim 2009, saat pembiayaan tim telah terselesaikan. Namun persaingan pembiayaan tersebut mungkin berkaitan dengan isu yang lebih besar: kendali dari tim Astana setelah berakhirnya larangan pembalap dua tahun akibat doping terhadap Alexander Vinokourov pada 24 Juli 2009.

Pada 2 Juli, Vinokourov menyatakan ahwa dia akan kembali ke Astana, yang menurut dia "diciptakan untuk saya dan berterima kasih atas peran saya", saat larangannya berakhir, dan dia akan berkendara untuk Astana pada Vuelta a España 2009. Dia menyatakan bahwa dia berharap untuk encapai kesepakatan dengan Bruyneel mengenai kembalinya dalam seminggu, namun apabila "Bruyneel tidak mengharapkan kehadiran saya, maka Bruyneel menjadi orang yang meninggalkan tim."[23] Pada hari berikutnya, Federasi Bersepeda Kazahstan berencana untuk memecat Bruyneel, Armstrong, Leipheimer dan banyak pembalap lainnya dan membangun tim dengan model seperti tim Liberty Seguros yang lama, yang didominasi oleh Pembalap Spanyol. Koran mengutip pernyataan dari wakil presiden federasi yang mengatakan, "[Contador] akan menjadi pimpinan tunggal tim kami untuk beberapa tahun kedepan dan akan mempu menarik pembalap yang dia inginkan untuk membalap bersama dia. Dalam pikiran kami, tim akan terdiri dari pembalap Spanyol dan Kazakhstan, termasuk Alexander Vinokourov."[24]

Pada 21 Juli, bersama Contador, Armstrong dan Klöden menempati tiga dari empat tempat teratas pada Tour de France, Bruyneel berkata kepada saluran Belgia VRT bahwa Astana seperti saat ini telah "berakhir" dan dia kana meninggalkan tin, seperti yang dibicarakan oleh Vinokourov dan Federasi Kazakhstan, pada akhir musim.[25] Di luaryang dibuat oleh Vinokourov dan Federasi Kazakhstan, Bruyneel dan Vinokourov tidak mencapa persetujuan mengenai kembalinya Vinokourov ke Astana untuk tahun 2009, dan tim mengajukan daftar pembalap awal untuk Vuelta a España 2009 yang hanya menempatkan dia sebagai pembalap cadangan.[26] Akhirnya, pada 24 Agustus, Astana mengumumkan perjanjian telah dicapai antara Vinokourov dan Bruyneel dan bahwa Vinokourov akan bergabung dengan tim mulai dari pelaksanaan Vuelta.[27] Pada hari berikutnya, Armstrong mengumumkan bahwa Bruyneel akan mengambil alih Team RadioShack pada tahun 2010.[28]

2010[sunting | sunting sumber]

Akibat langsung dari kembalinya Vinokourov dan kepergian Bruyneel adalah kepergian massal dari Astana. Meskipun Bruyneel masih memiliki setahun dalam kontraknya, Astana mengizinkan kepergiannya sebagai balas jasa baginya karena tidak menghalangi kembalinya Vinokourov. Contador juga memiliki satu tahun tersisa dalam kontraknya, namun Astana menolak permintaannya untuk meninggalkan tim. Selain itu, sebagian besar anggota tim pergi ke RadioShack, termasuk Armstrong, Klöden, Leipheimer, Zubeldia, Horner, Brajkovič, Popovych, Paulinho, Vaitkus, Rast, Rubiera dan Muravyev (satu-satunya pembalap Kazakhstan yang pergi), yang berarti delapan dari sembilan tim pemenang Astana pada Tour de France 2009 berpindah ke RadioShack. Sebagai tambahan, Schär dan Morabito bergabung dengan BMC Racing Team. Seluruh anggota yang tersisa adalah empat pembalap Spanyol (Contador, Noval, Navarro dan Hernández) dan pembalap Kazakhstan (kecuali Muravyev). Sejak saat itu, tim juga mengontrak tiga pembalap Spanyol tambahan, termasuk juara Tour 2006 Óscar Pereiro,[29] untuk mendukung Contador. Konsisten dengan rencana pada bulan Juli 2009, tim tahun 2010 terdiri dari 12 pembalap Kazakhstan dan 7 pembalap Spanyol di antara 26 pembalapnya.

2013[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2013 tim mengontrak Vincenzo Nibali yang segera memenangkan Tirreno–Adriatico dan Giro d'Italia. Kemudian Nibali mengenakan kaus pimpinan lebih lama dibandingkan pembalap Italia lainnya pada Vuelta (13 dari 21 tahapan), namun kehilangan tempat pertama kepada pembalap Amerika Chris Horner (RadioShack-Nissan).

2014[sunting | sunting sumber]

Vincenzo Nibali memenangkan Tour de France dan menjadi pembalap keenam yang memenangkan tiga Grand Tour.

Pada bulan Agustus tim mengumumkan mereka telah mengontrak Lars Boom (Belkin Pro Cycling Team), Luis León Sánchez (Caja Rural-Seguros RGA), Davide Malacarne (Team Europcar) dan Diego Rosa (Androni Giocattoli-Venezuela) untuk musim tahun 2015.[30] Pada 20 Agustus, tim mengumumkan telah mengontrak Rein Taaramäe (Cofidis) dalam jangka waktu satu tahun.[31]

Pada 10 September terbukti bahwa Valentin Iglinskiy memiliki hasil tes positif untukpenggunaan EPO [32] at the Eneco Tour, he confessed to doping to the team and was immediately sacked,[33] Tiga minggu kemudian, saudara Valentin, Maxim Iglinskiy semetara dilarang bertanding oleh UCI karena tes positif EPO pada 1 Agustus.[34] Kemudian diumumkan bahwa Astana mengundurkan diri dari keikutsertaannya diTour of Beijing 2014, sesuai dengan aturan MPCC, yang menyatakan sebuah tim yang memiliki dua hasil tes doping positif harus tidak mengikuti event World Tour berikutnya.[35]

Segera setelah itu sebuah sampel diambil pada Tour de l'Avenir pada bula Agustus dari Ilya Davidenok, seorang pembalap Astana Continental Team dan seorang pembalap latihan di Astana Pro Team, teruji positif menggunakan anabolic steroid. Davidenok sementara dilarang bertanding, dan sebuah pengujian terhadap lisensi tim dilakukan setelah tes postif dari Davidenok dan Iglinskiy bersaudara.[36]

Juara Nasional[sunting | sunting sumber]

Templat:Palmares start

2007
MaillotKaz.PNG Kazakhstan Road Race Maxim Iglinsky
MaillotLuxemburgo.PNG Luxembourg Road Race Benoît Joachim
2008
MaillotKaz.PNG Kazakhstan Road Race Assan Bazayev
MaillotKaz.PNG Kazakhstan Time Trial Andrey Mizourov
MaillotRusia.PNG Russia Road Race Serguei Ivanov
MaillotRusia.PNG Russia Time Trial Vladimir Gusev
MaillotLituania.PNG Lithuania Road Race Tomas Vaitkus
MaillotPortugal.PNG Portugal Time Trial Sérgio Paulinho
2009
MaillotEslovenia.PNG Slovenia Time Trial Janez Brajkovič
MaillotEspaña.PNG Spain Time Trial Alberto Contador
2010
MaillotEslovenia.PNG Slovenia Road Race Gorazd Stangelj
MaillotKaz.PNG Kazakhstan Road Race Maxim Gourov
2011
MaillotKaz.PNG Kazakhstan Road Race Andrey Mizourov
2012
MaillotEstonia.PNG Estonia Road Race Tanel Kangert
MaillotKaz.PNG Kazakhstan Road Race Assan Bazayev
MaillotEslovenia.PNG Slovenia Road Race Borut Božič
MaillotUcrania.PNG Ukraine Road Race Andriy Hryvko
MaillotKaz.PNG Kazakhstan Time Trial Dmitriy Gruzdev
MaillotUcrania.PNG Ukraine Time Trial Andriy Hryvko
2013
MaillotEstonia.PNG Estonia Time Trial Tanel Kangert
MaillotKaz.PNG Kazakhstan Road Race Alexsandr Dyachenko
2014
MaillotKaz.PNG Kazakhstan Time Trial Daniil Fominykh
MaillotItalia.svg Italy Road Race Vincenzo Nibali

Templat:Palmares end

Referensi[sunting | sunting sumber]

Referensi
  1. ^ "Cycling News". BBC News. 2007-07-24. Diakses tanggal 2007-07-26. 
  2. ^ "Vinokourov fired by Astana team". BBC News. 2007-07-30. Diakses tanggal 2007-07-30. 
  3. ^ "Astana Cycling Team suspends its activities for one month". team-astana.eu. Diakses tanggal 2007-07-31. 
  4. ^ Bruyneel to head new-look Astana team in 2008 – Cycling – Yahoo! Sports
  5. ^ Associated Press (2008-02-13). "Tour de France organizers exclude Astana team; Alberto Contador may not defend title". ESPN.com. Diakses tanggal 2008-02-15. 
  6. ^ AFP (2008-05-04). "Astana Will Race The Giro". Bicycling. Diakses tanggal 2009-05-11. [pranala nonaktif]
  7. ^ VeloNews | Astana sacks Gusev over 'abnormal values' found during internal checks | The Journal of Competitive Cycling
  8. ^ Jean-François Quénet (2009-06-17). "Gusev back in action after CAS decision". cyclingnews.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 June 2009. Diakses tanggal 2009-07-07. 
  9. ^ "Route Summary Stage 11". La Vuelta '08. 2008-09-10. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 September 2008. Diakses tanggal 2008-09-12. Astana team-manager Johan Bruyneel has admitted that he has spoken with Lance Armstrong and has stated that he can't see the North American riding for any team other than Astana. 
  10. ^ Armstrong joins Kazakhstan's team – RTHK
  11. ^ Associated Press (2008-10-17). "Astana's Contador cautious in welcoming Armstrong back from retirement". ESPN. Diakses tanggal 2009-07-03. 
  12. ^ "Lance Armstrong's Astana team fails to pay riders amid financial crisis". The Guardian. 2009-05-06. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 May 2009. Diakses tanggal 2009-05-06. 
  13. ^ a b "Armstrong ponders Astana takeover". BBC Sport. 2009-05-07. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 May 2009. Diakses tanggal 2009-05-07. 
  14. ^ "Armstrong: Bruyneel could buy Astana". Eurosport. 2009-05-08. Diakses tanggal 2009-05-10. [pranala nonaktif]
  15. ^ "UCI monitoring Astana's financial situation". CNN. 2009-05-07. Diakses tanggal 2009-05-10. 
  16. ^ Associated Press (2009-05-11). "UCI gives Armstrong's Astana team May 31 deadline". Casper Star-Tribune. Diakses tanggal 2009-05-11. 
  17. ^ Reuters (2009-05-15). "Astana riders blank out sponsors' names in protest". Universal Sports. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 May 2009. Diakses tanggal 2009-05-15. [pranala nonaktif]
  18. ^ "Team Astana makes a statement". Astana Cycling Team. 2009-05-15. 
  19. ^ Reuters (2009-05-20). "Astana owners cough up part of riders' owed wages". The Guardian. Diakses tanggal 2009-05-20. 
  20. ^ "Armstrong team to continue racing". BBC Sport. 2009-06-03. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 June 2009. Diakses tanggal 2009-06-03. 
  21. ^ http://www.cyclingnews.com/news/astana-says-its-money-problems-are-over
  22. ^ Shane Stokes (2009-06-24). "Vaughters downplays Contador rumors". cyclingnews.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 June 2009. Diakses tanggal 2009-07-03. 
  23. ^ "'Vino' says he will be on Astana ... or heads will roll". VeloNews.com. 2009-07-02. 
  24. ^ Susan Westemeyer (2009-07-03). "Kazakh coup to oust Armstrong and Bruyneel from Team Astana?". cyclingnews.com. Diakses tanggal 2009-07-04. 
  25. ^ "Bruyneel says it's time to quit Astana". Special Broadcasting Service. 2009-07-22. Diakses tanggal 2009-07-21. 
  26. ^ Richard Tyler (2009-08-14). "Preliminary Vuelta a España startlist announced". cyclingnews.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 August 2009. Diakses tanggal 2009-08-18. 
  27. ^ cyclingnews.com (2009-08-24). "Vinokourov to head to the Tour of Spain with Astana". 
  28. ^ Fergal O'Brien (2009-08-25). "Armstrong Says Bruyneel to Join New Team, Landis a Possibility". Bloomberg.com. 
  29. ^ Associated Press, "Oscar Pereiro agrees deal to join Astana team for one year", The Guardian, Dec. 9, 2009. Retrieved 12-24-2009.
  30. ^ http://www.cyclingweekly.co.uk/news/latest-news/cycling-weeklys-2014-2015-transfer-index-132202
  31. ^ http://www.cyclingnews.com/news/taaramae-signs-one-year-deal-with-astana
  32. ^ http://www.uci.ch/mm/Document/News/CleanSport/16/67/88/20141009ADRVProvisionalSuspensionEN_English.pdf
  33. ^ http://www.cyclingnews.com/news/valentin-iglinskiy-sacked-by-astana-after-positive-test
  34. ^ http://www.cyclingnews.com/news/maxim-iglinskiy-provisionally-suspended-for-epo
  35. ^ "Astana withdraws from Tour of Beijing following Maxim Iglinskiy positive". Cyclingnews.com. Future plc. 6 October 2014. Diakses tanggal 7 October 2014. 
  36. ^ Cary, Tom (16 October 2014). "Astana future under threat after Ilya Davidenok becomes third rider to fail drugs test". telegraph.co.uk. Diakses tanggal 18 October 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]