BMC Racing Team

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
BMC Racing Team
BMC Racing Team logo.svg
Informasi umum
Kode UCIBMC
BasisUnited States
Didirikan2007 (2007)
StatusUCI ProTeam
SepedaBMC
Pemegang jabatan
ManajerJim Ochowicz
Direktur olahragaAllan Peiper
Riwayat nama
2007– BMC Racing Team
Warna tim Warna tim Warna tim
Warna tim
 
Kostum

BMC Racing Team (UCI Team Code: BMC) adalah sebuah nama UCI ProTeam yang disponsori oleh BMC, sebuah perusahaan pembuat sepeda yang berbasis di Swiss. Tim ini dimiliki bersama dengan pembalap sepeda Amerika Jim Ochowicz, yang juga mendirikan 7-Eleven Cycling Team, dan juga menjadi manajer tim.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tim mengontrak sejumlah pembalap internasional besar untuk musim balap 2010, termasuk juara dunia 2009, dua kali posisi kedua Tour de France dan juara untuk tahun 2001 Cadel Evans, Juara balap jalan raya Amerika Serikat 2009 George Hincapie, Juara Dunia 2008 Alessandro Ballan dan spesialis klasik musim semi Karsten Kroon dan Marcus Burghardt.

Pada tahun 2010 tim mulai mengokuti Grand Tour pertama mereja, dengan diundang untuk mengikuti Tour de France 2010 dan Giro d'Italia 2010. Pada tahun 2011, tim menerima status sebagai UCI ProTeam, peringkat yang paling tinggi bagi tim balap sepeda hingga saat ini. Pembalap BMC Cadel Evans memenangkan Tour de France 2011, dan pembalap yang baru dikontrak pada tahun 2012, Thor Hushovd dan Philippe Gilbert, merupakan juara dunia pada tahun 2010 dan pada tahun 2011 mereka berbagi kemenangan di sekuruh tiga balapan yang menjadi bagian dari Ardennes classics.

Pada tahun 2012, Evans gagal mempertahankan gelarnya pada Tour de France, dan hanya mampu meraih peringkat ketujuh, dua tempat di belakang rekan satu timnya Tejay van Garderen.

Cadel Evans meraih peringkat ketiga pada Giro d'Italia 2013.

Pada Tour de France 2013, Cadel Evans hanya mampu meraih peringkat ke-39, Tejay van Garderen ke-45, dengan Steve Morabito merupakan peringkat tertinggi bagi tim dengan menduduki posisi ke-35. Segera setelah akhir dari Tour, diumumkan bahwa John Lelangue, yang sudah menjadi directeur sportif sejak tim didirikan pada tahun 2007, meninggalkan tim untuk alasan pribadi.[1] Pada bulan September 2013 Jim Ochowicz mengumumkan pengangkatan Valerio Piva untuk menggantikan Lelangue.[2]

Pada bulan Agustus 2014 tim mengumumkan telah mengontrak Alessandro De Marchi, Damiano Caruso dan Jempy Drucker untuk musim balap tahun 2015.[3] Tim juga mengumumkan telah mengontrak Rohan Dennis - di mana perpindahannya akan segera dapat dilakukan.[4]

[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2013, selain BMC, sponsor terkenal lainnya meliputi 3T Cycling, Shimano, dan Continental AG.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]