Asosiasi Karate Jepang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Asosiasi Karate Jepang
SingkatanJKA
Tanggal pendirian27 Mei 1949
TipeFederasi olahraga
Kantor pusat2-23-15 Koraku, Bunkyo-ku, Tokyo, Jepang 112-0004
Jumlah anggota
Federasi Karate Jepang, Federasi Karate Dunia[1]
Bahasa resmi
Jepang, Inggris
Shuseki Shihan (Kepala Instruktur)
Masaaki Ueki, 10th Dan <JKA website,2011>
Situs webwww.jka.or.jp

Asosiasi Karate Jepang atau Japan Karate Association (日本 空手 協会; Nihon Karate Kyokai; JKA; terkadang disebut sebagai Kyokai 協会 di Jepang) adalah salah satu organisasi karate Shotokan bersistem Internasional tertua di dunia.

JKA mengalami beberapa perpecahan sejak tahun 1970-an dan seterusnya.  Kelompok sempalan terkenal dibentuk sebagai berikut:

Pada tahun 1974, salah satu pendiri JKA, Hidetaka Nishiyama, memisahkan diri dari JKA dan mendirikan Federasi Karate Tradisional Internasional (国際伝統空手連盟, Kokusai Dentō Karate Renmei) atau ITKF.

Pada tahun 1977, instruktur JKA Shiro Asano membentuk organisasinya sendiri, dan mengundang master Hirokazu Kanazawa untuk menggantikannya sebagai kepala instruktur.  Kelompok ini sekarang dikenal sebagai Shotokan Karate-Do International Federation (SKIF).

Setelah kematian Nakayama pada tahun 1987, JKA mengalami masa pergolakan, baik di kantor pusat Tokyo maupun di seluruh dunia.  Taiji Kase dan Hiroshi Shirai (siswa terkenal dari Hidetaka Nishiyama), keduanya instruktur senior JKA di Eropa berhenti untuk membentuk Persatuan Organisasi Karate-Do Sedunia.  Taketo Okuda, kepala instruktur JKA di Brazil, berhenti untuk fokus pada organisasinya sendiri, Butoku-kan.

Pada tahun 1990, sengketa hukum dimulai antara dua kelompok tentang penguasaan JKA.  Satu kelompok dipimpin oleh Tetsuhiko Asai, kelompok lainnya dipimpin oleh Nobuyuki Nakahara.  Setelah beberapa putusan pengadilan, masalah tersebut akhirnya diselesaikan oleh Mahkamah Agung Jepang pada 10 Juni 1999, untuk mendukung kelompok Nakahara, termasuk Masaaki Ueki dan Masahiko Tanaka. Kelompok lainnya, dipimpin oleh Tetsuhiko Asai, kepala instruktur JKA setelah Nakayama, dan termasuk Keigo Abe dan Mikio Yahara, keluar dari JKA untuk membentuk organisasi lain: Japan Karate Shotorenmei, Japan Shotokan Karate Association, dan Karatenomichi World Federation, masing-masing.

Pada tahun 2007, International Shotokan Karate Federation (ISKF), dengan kantor pusat di AS, dipimpin oleh Teruyuki Okazaki, 10th dan salah satu instruktur JKA paling senior, menjadi mandiri.  Namun, pada tahun 2010 setidaknya dua Instruktur senior kembali ke JKA.

Pada tahun 2009, Takahashi Shunsuke memisahkan diri dari JKA Australia untuk membentuk TSKF Australia (Federasi Karate-Do Shotokan Tradisional).  TSKF bergabung dengan ISKF Teruyuki Okazaki pada tahun 2011.

Pada tahun 2011, diakui bahwa Masao Kawasoe, Dan JKA ke-7, telah kembali ke JKA.

Karena pembagian ini, saat ini ada gagasan gaya karate JKA yang terpisah — yaitu, karate Shotokan yang sebagian besar mengikuti tradisi JKA, tetapi diajarkan oleh instruktur yang tidak secara resmi berafiliasi dengan JKA (meskipun kebanyakan dari mereka adalah  mantan instruktur dan lulusan JKA).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "World Karate Federation". Franceshowakan.com. Diarsipkan dari versi asli (JPG) tanggal 14 Desember 2014. Diakses tanggal 21 Desember 2014.