Askenas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Askenas ditampilkan di Frigia dalam peta tahun 1854 "Dunia yang diketahui bangsa Ibrani" (Lyman Coleman, Historical Textbook and Atlas of Biblical Geography)

Askenas (Ibrani: אַשְׁכְּנָז) dalam Alkitab Ibrani adalah salah satu keturunan Nuh. Askenas adalah putra sulung Gomer, dan patriark Yafetik dalam Tabel Bangsa-Bangsa. Dalam sastra rabbinik, kerajaan Askenas mula-mula dikaitkan dengan wilayah Skitia, kemudian dengan teritori Slavik,[1] dan, dari abad ke-11, dengan Jerman dan Eropa utara.

Namanya berkaitan dengan kata Asiria Aškūza (Aškuzai, Iškuzai), sebuah bangsa yang diusir suku Kimmeri dari dataran tinggi Armenia dari kawasan Efrat Hulu.[2]

Yahudi abad pertengahan mengaitkan istilah tersebut dengan kawasan geografi yang terpusat di Rhineland, Jerman Barat. Akibatnya, budaya Yahudi yang berkembang di wilayah tersebut menjadi disebut Ashkenazi, satu-satunya bentuk dari istilah tersebut yang dipakai saat ini.

Alkitab Ibrani[sunting | sunting sumber]

Dalam silsilah Alkitab Ibrani, Askenas (Ibrani: אַשְׁכְּנַז, ’Aškănaz; bahasa Yunani: Ασχανάζ) adalah keturunan Nuh. Ia adalah putra pertama Gomer dan saudara Rifat dan Togarma (Kejadian 10:3, 1 Tawarikh 1:6), dengan Gomer merupakan cucu Nuh dari Yafet.

Menurut Yeremia 51:27, kerajaan Askenas dikatakan bersama dengan Ararat dan Minni berperang melawan Babel:

Angkatlah panji-panji di bumi, tiuplah sangkakala di antara bangsa-bangsa, persiapkanlah bangsa-bangsa berperang melawan Babel, kerahkanlah kerajaan-kerajaan melawannya--Ararat, Mini dan Askenas--angkatlah seorang panglima melawannya, tampilkanlah kuda seperti kawanan belalang!

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama :0
  2. ^ Russell E. Gmirkin, Berossus and Genesis, Manetho and Exodus: Hellenistic Histories and the Date of the Pentateuch, T & T Clark, Edinburgh, 2006 pp.148, 149 n.57.
  • J. Simons: The Geographical and Topographical Texts of the Old Testament, Leiden, 1959, § 28.