Lompat ke isi

Asep Nana Mulyana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Prof. Dr. Asep Nana Mulyana, S.H., M.Hum. adalah seorang jaksa Indonesia lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat pada 14 Agustus 1969.

Ia menempuh pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Mataram, dan melanjutkan Program Magister Ilmu Hukum di Universitas Diponegoro dengan meraih predikat cum laude.

Program Doktor Ilmu Hukum diselesaikannya di Universitas Padjadjaran, di mana ia juga lulus dengan predikat cum laude.

Karier Asep di Kejaksaan dimulai sebagai koordinator pada Asisten Bidang Tindak Pidana Khusus (Aspidsus) Kejaksaan Tinggi Jawa Barat.

Kemudian, ia diangkat menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kejaksaan Negeri Sumber dan Kepala Kejaksaan Negeri Stabat, Sumatra Utara.

Selanjutnya, ia menjabat sebagai Kepala Bagian Penyusunan Program dan Penilaian pada Sekretaris Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Sesjam Pidsus), Kepala Sub Direktorat TKL pada Dit Eksekusi dan Eksaminasi JAM Pidsus, Kepala Kejaksaan Negeri Semarang, Aspidsus Kejati Sumatra Utara, dan Asisten Khusus Jaksa Agung RI.

Pada 23 Februari 2023, Asep Nana dilantik oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly sebagai Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan (Dirjen PP) di Kemenkumham.

Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 15/TPA Tahun 2023 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Dia juga memohon doa dari masyarakat. “Saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada saya untuk menduduki jabatan baru sebagai Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum). Semoga saya dapat mengemban amanah ini dengan baik dan memberikan yang terbaik sebagai Jampidum,” kata Asep dalam sambutannya.

Asep Mulyana diketahui pernah menempuh pendidikan di SD Negeri 1 Dompu, NTB pada tahun 1982 dan SMP Negeri 1 Dompu, NTB pada tahun 1985.

Ia melanjutkan pendidikannya ke SMA Negeri 3 Tasikmalaya, Jawa Barat dan lulus pada tahun 1988.

Setelah menyelesaikan pendidikan menengah, Asep melanjutkan studi S1 di Fakultas Hukum Universitas Mataram dan lulus pada tahun 1994.

Selanjutnya, ia meraih gelar Magister Ilmu Hukum dari Universitas Diponegoro, Semarang pada tahun 2001 dengan predikat cum laude.

Gelar Doktor Ilmu Hukum diperolehnya dari Universitas Padjadjaran, Bandung pada tahun 2012, juga dengan predikat cum laude.

Pada tahun 2022, Asep Nana Mulyana dianugerahi gelar Profesor Kehormatan oleh Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) Universitas Pendidikan Indonesia dalam bidang ilmu hukum.

Perjalanan akademis dan profesional Asep menunjukkan dedikasinya yang tinggi dalam bidang hukum, serta komitmennya untuk terus meningkatkan kapabilitas dan kontribusinya bagi bangsa dan negara