Armada Laut Merah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Armada Laut Merah
Berkas:Gulf of Aden map.PNG
Laut Merah dan Teluk Aden
Aktifhingga Juni 1940
NegaraItalia
CabangRegia Marina
Jumlah personel7 kapal perusak, 8 kapal selam, 5 perahu motor torpedo , dan 9 kapal pendukung
DibubarkanApril 1941
Tokoh
CommanderCarlo Balsamo di Specchia Normandia (1939 – December 1940)
Mario Bonetti (December 1940 – April 1941)

Armada Laut Merah (Flottiglia del mar rosso) adalah bagian dari Regia Marina Italia (Angkatan Laut Kerajaan Italia) yang bermarkas di Massawa di koloni Eritrea Italia, bagian dari Afrika Timur Italia. Dalam Perang Dunia II, armada Laut Merah aktif melawan Pangkalan Hindia Timur Angkatan Laut Britania, sejak deklarasi perang Italia pada 10 Juni 1940 hingga jatuhnya Massawa pada 8 April 1941.

Skuadron ini diisolasi dari pangkalan utama Italia di Mediterania oleh jarak dan posisi Inggris. Penangkapan Massawa oleh Inggris dan pelabuhan-pelabuhan Italia lainnya di wilayah tersebut mengakhiri kehadiran angkatan laut Italia di wilayah tersebut pada bulan April 1941.

Tujuan dan organisasi[sunting | sunting sumber]

Pada 10 Juni 1940, Armada Laut Merah memiliki tujuh kapal perusak dalam dua skuadron, satu skuadron dari lima Perahu Torpedo Motor (MAS, Motoscafo Armato Silurante) dan delapan kapal selam dalam dua skuadron. Pangkalan utama berada di Massawa, dengan pangkalan lainnya di Assab (juga di Eritrea) dan Kismayu, di Somaliland Italia selatan.[1] Armada Laut Merah tidak digunakan secara agresif oleh tentara Italia tetapi Inggris melihatnya sebagai ancaman potensial terhadap konvoi Sekutu yang melakukan perjalanan ke perairan Afrika Timur antara Laut Mediterania dan Samudra Hindia. Ini adalah rute vital bagi pasukan Inggris yang beroperasi dari Mesir. Armada Laut Merah memiliki lokasi yang sangat baik untuk menyerang konvoi yang menuju dari Teluk Aden melalui Laut Merah ke Terusan Suez, setelah Mediterania ditutup untuk kapal-kapal dagang Sekutu yang harus mengambil jalur di sekitar Tanjung Harapan.

Aksi[sunting | sunting sumber]

Beberapa upaya dilakukan untuk melakukan tindakan ofensif terhadap Angkatan Laut Britania Raya dan konvoi Sekutu dari Massawa. Beberapa serangan yang paling awal gagal ketika sistem pendingin udara kapal selam, yang dimaksudkan untuk mengurangi suhu di air hangat Laut Merah terbukti berbahaya saat berada dalam kondisi operasi masa perang. Kebocoran pendingin klorometana menyebabkan keracunan sistem saraf pusat di udara yang bersirkulasi ulang selama operasi bawah air dan sekitar dua belas pelaut tewas di dalam Archimede. Kapal selam Perla dan Macallé kandas sementara kru mereka mabuk oleh klorometana dan kapal selam yang terakhir tidak bisa diselamatkan.[2] Kapal selam Galileo Galilei, Torricelli dan Galvani menyerang lebih awal. Galileo Galilei menenggelamkan kapal barang Norwegia James Stove dari Djibouti, sebelum tindakan balasan Inggris memaksa kapal selam itu untuk meninggalkan daerah itu.

Torricelli ditemukan pada 23 Juni, ketika mendekati Massawa dan pencarian intensif dilakukan oleh empat kapal perang yang dibantu oleh pesawat dari Aden. Setelah perlawanan sengit, di mana HMS Shoreham dirusak oleh tembakan balasan, Torricelli tenggelam. Setelah pertempuran, HMS Khartoum hancur oleh ledakan internal. Sebagai tanda penghormatan terhadap keberanian kru Torricelli, kapten Italia itu menjadi tamu kehormatan saat makan malam di pangkalan angkatan laut Inggris. Galileo Galilei juga ditemukan pada 18 Juni, ditangkap dan dibawa ke Aden pada hari yang sama. Galvani menenggelamkan HMIS Pathan pada saat yang sama ketika kapal rekannya bertempur dan ditenggelamkan pada hari berikutnya.[3][4]

HMS Capetown, yang dilumpuhkan oleh kapal torpedo motor Italia MAS 213

Pada Oktober 1940, kapal-kapal perusak yang bermarkas di Massawa melakukan serangan terhadap konvoi 32 kapal BN 7. Para pengawal konvoi mengalahkan serangan itu dan Nullo didorong ke darat dan ditenggelamkan oleh serangan udara pada hari berikutnya.[4] Di pihak Inggris, hanya kapal pengangkut terdepan dari konvoi yang mengalami kerusakan sempalan kecil dan HMS Kimberley lumpuh oleh baterai pantai Italia, dengan tiga luka-luka di antara krunya dan harus ditarik ke Aden oleh kapal penjelajah HMNZS Leander.[5]

Seiring berkurangnya stok bahan bakar Italia di Massawa, kemampuan ofensif armada Laut Merah menurun. Kapal armada ini menjadi "armada dalam diam", memberikan ancaman tanpa tindakan dan jarang meninggalkan pelabuhan. Pada akhir Maret 1941, tiga kapal perusak besar, Leone, Pantera, dan Tigre, melakukan serangan malam ke Suez tetapi Leone kandas di Massawa dan harus ditenggelamkan oleh tembakan meriam dan penundaan itu menyebabkan operasi dibatalkan. Dua kapal yang tersisa bergabung dengan tiga kapal perusak kecil - Battisti, Manin dan Sauro dalam serangan terakhir di Port Sudan pada awal April. Masalah mesin membuat Battisti tetap di pelabuhan, di mana dia kemudian ditenggelamkan untuk mencegah penangkapannya oleh Inggris. Kapal-kapal Italia terlihat oleh pesawat Inggris saat dalam perjalanan dan diserang oleh pesawat darat dan kapal induk. Pantera dan Tigre ditenggelamkan di pantai Arab sementara Manin dan Sauro ditenggelamkan oleh pesawat Fairey Swordfish.[4] Pada 8 April 1941, kapal penjelajah ringan HMS Capetown ditorpedo dan dilumpuhkan oleh kapal torpedo Italia MAS 213 dari Massawa. Kapal penjelajah itu tidak beroperasi sampai Juni 1942.[6]

Kapal dagang bersenjata Ramb I, Ramb II dan kapal pengiriman kolonial Eritrea diperintahkan untuk melarikan diri dan mencapai Jepang. Ramb II dan Eritrea mencapai Kobe tetapi Ramb I dicegat dan ditenggelamkan oleh Leander. Keempat kapal selam Italia yang selamat diperintahkan untuk bergabung dengan BETASOM armada kapal selam Italia di Bordeaux dan berhasil, meskipun upaya bersama Inggris untuk mencegat mereka.[4] Pada 8 April 1941, Massawa jatuh ke tangan Britania dan Armada Laut Merah tidak ada lagi. Beberapa kapal armada bertahan dari Kampanye Afrika Timur.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ RMI 2007.
  2. ^ "The Military Operations of the Italian Flee on Red Sea June 1940 – April 1941". Arnaldo Borsa. Diakses tanggal 2012-08-02. 
  3. ^ Kindell, Don. "Sunday, 23 June". British and Other Navies in World War 2 Day-by-Day. Diakses tanggal 29 Dec 2008.  Disputes that Pathan was sunk by Torricelli.
  4. ^ a b c d Jackson 2006, hlm. 281–283.
  5. ^ O'Hara 2009, hlm. 103.
  6. ^ "HMS Capetown, British light cruiser, WW2". Naval History net. Diakses tanggal 2016-01-30.