Arif Rahman Hakim

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Arif Rahman Hakim
Informasi pribadi
Lahir 24 Februari 1943
Bendera Jepang Jakarta, Indonesia
Meninggal dunia 24 Februari 1966 (umur 23)
Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Kebangsaan  Indonesia
Profesi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

Arif Rahman Hakim (lahir di Padang, Sumatera Barat, 24 Februari 1943 – meninggal di Jakarta, 24 Februari 1966 pada umur 23 tahun) adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang meninggal karena ditembak sewaktu berlangsungnya demonstrasi mahasiswa yang menuntut Tritura atas pemerintahan Orde Lama di bawah Presiden Soekarno pada tanggal 24 Februari 1966.[1] Namun menurut Maulwi Saelan, penembak Arif Rahman Hakim bukanlah salah satu prajurit Resimen Tjakrabirawa tetapi beliau mendapat penjelasan dari anggota Polisi Militer Kodam Jaya, tembakan itu berasal dari salah satu anggota Pom Dam yang bertugas di garnizun ibu kota. Dari informasi itu, dia berusaha mendapatkan visum Arif Rahman. "Namun hingga Resimen Tjakrabirawa dibubarkan saya tak mendapat visum Arif Rahman Hakim itu," kata Saelan. Penyelidikan mendalam juga tak pernah dilakukan soal penembakan itu. Tak ada seorang pun divonis bersalah dalam kasus penembakan Arif Rahman Hakim. Hanya nama Tjakrabirawa yang semakin terpuruk.

Arif lahir dari pasangan perantau Minangkabau, H. Syair dan Hakimah.

Untuk mengenang perjuangannya, namanya diabadikan menjadi nama ruas jalan di beberapa kota di Indonesia. Di Universitas Indonesia, namanya diabadikan menjadi nama masjid di Kampus Salemba dan nama salah satu stasiun radio swasta di Jakarta.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Fadillah, Ramadhian. "Benarkah Tjakrabirawa tembak mati Arief Rahman Hakim? | merdeka.com". merdeka.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-10-01.