Arbëreshë

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Arbëreshë
Albania Italia  · Italo-Albanesi
Typical Arbëreshë female costumes.jpg
Daerah dengan populasi signifikan
 Italia
Abruzzo, Basilicata, Calabria, Campania, Molise, Puglia, Sisilia
100,000[1][2][3][4]
Bahasa
Albania (Dialek Arbëresh), Italia
Agama
Kekristenan
Katolik Italo-Albania (Ritus Bizantium)
(minoritas Katolik Roma)
Suku bangsa terkait
Bangsa Albania
diaspora Albania
Arvanit
Lokasi pemukiman orang Albania di Italia

Arbëreshë (pengucapan bahasa Albania: [aɾbəˈɾɛʃ]; bahasa Albania: Arbëreshët e Italisë/Shqiptarët e Italisë), juga dikenal sebagai orang Albania dari Italia atau Italia-Albania, adalah kelompok penutur bahasa Albania di Italia Selatan, sebagian besar terkonsentrasi di desa-desa yang tersebar di wilayah Puglia, Basilicata, Calabria, Campania, Molise dan Sisilia.[5] Mereka merupakan keturunan dari pengungsi Albania Tosk, yang melarikan diri dari Albania pada kurun abad ke-14 hingga ke-18 setelah serbuan Turki Utsmani ke Balkan.

Selama Abad Pertengahan, Arbëreshë berpindah ke Italia Selatan dalam beberapa gelombang migrasi, setelah berdirinya Kerajaan Albania, kematian pahlawan nasional Albania Gjergj Kastrioti (Skënderbeu) dan penaklukan Albania dan Kekaisaran Bizantium oleh Turki.

Kebudayaan mereka yang unik tercermin dalam bentuk bahasa, agama, tradisi, adat istiadat dan seni yang masih terpelihara selama berabad-abad.

Saat ini, sebagian besar dari lima puluh komunitas Arbëreshë adalah penganut Gereja Katolik Albania-Italia, yang merupakan bagian dari Gereja Katolik Timur. Jemaat tersebut terbagi dalam dua eparki, Lungro, untuk Arbëreshë di Italia Daratan, dan Piana degli Albanesi, untuk Arbëreshë dari Sisilia. Gereja adalah organisasi yang terpenting untuk mempertahankan ciri khas identitas agama, etnis, bahasa dan kebiasaan komunitas Arbëreshë.

Arbëreshë menuturkan bahasa Arbëresh, varian bahasa Albania yang diturunkan dari dialek Tosk di Albania Selatan. Dialek Albania ini menarik perhatian pelajar bahasa Albania karena mempertahankan fitur linguistik dan kata-kata yang digunakan di Albania sebelum pemerintahan Ottoman. Di Italia, Arbëreshë dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 482/99 tentang perlindungan bahasa minoritas.[6]

Arbëreshë tersebar di seluruh Italia selatan dan Sisilia dan dalam jumlah kecil juga dijumpai di bagian lain Italia. Mereka juga banyak tersebar di Amerika Utara dan Selatan, terutama di Amerika Serikat, Brasil, Chili, Argentina, Meksiko, Venezuela, Uruguay dan Kanada. Diperkirakan ada sekitar 100.000 orang Italia-Albania (400.000 jika termasuk mereka yang berada di luar Italia); mereka merupakan salah satu minoritas tertua dan terbesar di Italia. Ketika berbicara tentang "bangsa" mereka, Arbëresh menggunakan istilah Arbëria, istilah geografis yang merujuk pada desa-desa yang tersebar di Italia selatan yang penduduknya menggunakan bahasa Arbëresh. Mereka bangga dengan etnis, identitas, dan budaya Albania mereka,[7] tetapi juga mengidentifikasi diri mereka sebagai warga Italia, karena mereka telah tinggal di tanah Italia selama ratusan tahun.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Fiorenzo Toso (2006). Baldini & Castoldi, ed. Lingue d'Europa. La pluralità linguistica dei Paesi europei fra passato e presente. Roma. hlm. 90. ISBN 9788884908841. Diakses tanggal 6 July 2015. 
  2. ^ P. Bruni, ed. (2004). Arbëreshë: cultura e civiltà di un popolo. ISBN 9788824020091. 
  3. ^ "Ethnologue: Albanian, Arbëreshë". Diakses tanggal 29 October 2014. 
  4. ^ Amelia De Lucia; Giorgio Gruppioni; Rosalina Grumo; Gjergj Vinjahu (ed.). "Albanian Cultural Profile" (PDF). Dipartimento di Scienze Statistiche, Università degli Studi di Bari, Italia. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 13 December 2016. Diakses tanggal 4 May 2016. 
  5. ^ Minni, C. Dino; Ciampolini, Anna Foschi (1990). Writers in transition: the proceedings of the First National Conference of Italian-Canadian Writers. Guernica Editions. hlm. 63–4. ISBN 978-0-920717-26-4. Diakses tanggal 30 September 2010. 
  6. ^ "Legge 482". Camera.it. Diakses tanggal 30 Desember 2015. 
  7. ^ Shkodra, arbëreshët dhe lidhjet italo-shqiptare. Universiteti i Shkodrës "Luigj Gurakuqi". 2013. ISBN 978-9928-4135-3-6.