Cecilia Bolocco

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Cecilia Bolocco
Pemenang kontes kecantikan
Bolocco pada Teleton Chili 2010
LahirCecilia Carolina Bolocco Fonck
19 Mei 1965 (umur 54)
Santiago, Chili
PekerjaanPresenter televisi, perancang busana
Tinggi1,73 m (5 ft 8 in)
Berat52,5 kg (116 lb)
Warna rambutCoklat
Warna mataHijau
GelarMiss Chili 1987
Miss Universe 1987
Kompetisi
besar
Miss Chili 1987
(pemenang)
Miss Universe 1987
(pemenang)
Suami/IstriMichael Young (1990-2001)
Carlos Menem (2001–2011) (cerai)
AnakMáximo Menem (l. 2003)

Cecilia Bolocco (lahir dengan nama Cecilia Carolina Bolocco Fonck di Santiago, Chili, 19 Mei 1965; umur 54 tahun) adalah seorang entertainer, presenter televisi dan ratu kecantikan Chili yang menyandang gelar Miss Universe pada tahun 1987.

Ia bekerja sebagai jurnalis pada edisi bahasa Spanyol dari CNN, pada Telemundo dan pada berbagai program untuk televisi Chili dan ia berperan dalam telenovela Morelia.

Antara tahun 2001[1] dan 2011, ia menikah dengan mantan presiden Argentina, Carlos Menem.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Bolocco lahir di Santiago, Chili dari pasangan Enzo Bolocco Cintolesi, pengusaha, dan Rose Marie Fonck Assler. Dia belajar di sekolah dasar dan menengah di Santiago College. Dia kemudian menjalani studi di bidang Teknik Sipil selama satu tahun di Universitas Santiago de Chile, sebelum keluar untuk mengejar studi Desain Kostum di Institut INCA-CEA.

Kontes kecantikan[sunting | sunting sumber]

Miss Universe 1987[sunting | sunting sumber]

Bolocco dipilih sebagai Miss Chile untuk berkompetisi di Miss Universe pada tanggal 20 April 1987. Pada tanggal 26 Mei 1987, ia mengalahkan 67 peserta dan menjadi wanita Chili pertama yang memenangkan Miss Universe pada kontes kecantikan yang diadakan di Singapura pada tahun itu.[2] Selama masa jabatannya, ia menetap di Los Angeles, California.

Pasca kontes[sunting | sunting sumber]

Bolocco memulai karier televisi di Chile dengan acara Porque hoy es sábado ("Karena hari ini hari Sabtu") di Television Nacional de Chile. Dia kemudian menjadi pendamping pembawa acara Martes 13("Selasa tanggal 13") pada Channel 13.

Bolocco pada kelas balet pada tahun 1985.

Pada bulan Maret 1990, Bolocco menikah dengan produser televisi Michael Young asal Amerika di Santiago. Media lokal meliput acara tersebut seolah-olah itu adalah pernikahan kerajaan.

Bolocco pindah ke Atlanta, Georgia untuk bekerja sebagai penyiar untuk seksi produksi bahasa Spanyol di CNN untuk jaringan Telemundo, pada tahun 1990. Kemudian, ia menjadi anggota penuh tetap dari keluarga Telemundo, dimana ia menjadi pembawa acara gaya hidup sore La Buena Vida ("Kehiudpan yang Baik"). Acara ini digabung dengan majalah berita Ocurrió asi ("Terjadi dengan Cara Ini") dan Esta noche con Cecilia Bolocco ("Malam ini Dengan Cecilia Bolocco") yang diikutinya dan kemudian memenangkan dua penghargaan Emmy.

Dia kemudian mengambil peran utama sebagai Karina Lafontaine de Montero yang jahat dalam telenovela hit di Televisa Meksiko bertajuk Morelia yang disiarkan ke lebih dari 70 negara di seluruh Amerika, termasuk Chili dan Eropa.

Bolocco pada September 2010.

Sekitar pertengahan 1990-an, Bolocco mengakhiri hubungan dengan suaminya Michael Young. Pernikahan itu dibatalkan, karena tidak ada hukum perceraian yang ada di Chili pada saat itu.

Pada tahun 1993, Bolocco menjadi pendamping pembawa acara di kontes Miss Universe 1993 yang diadakan di di Auditorio Nacional di Mexico City.

Pada tahun 1995, Bolocco menjadi pendamping pembawa acara pada malam penutupan Festival Lagu Internasional Viña del Mar ke-36 yang digelar setiap tahun di Viña del Mar, Chili.

Pada bulan Oktober 1996, ketika ia telah berpisah, Bolocco mengambil pekerjaan sebagai pembawa acara di salah satu acara dengan peringkat tertinggi dalam sejarah televisi Chili, Viva el lunes ("Hidup Senin"), bersama Kike Morandé dan komedian Álvaro Salas. Pada saat yang sama, ia memiliki acara radio dan muncul di acara televisinya sendiri, La noche de Cecilia ("Malam Cecilia").

Pada tahun 1996, Bolocco menjadi juri di kontes Miss Universe 1996 yang diadakan di Las Vegas, Nevada.

Pada bulan Februari 2000, Bolocco menjadi pembawa acara Festival Lagu Internasional Viña del Mar, bersama dengan rekannya sesama pembawa acara ini di masa lalu, Antonio Vodanovic.

Pada 26 Mei 2001, Bolocco menikah dengan mantan Presiden Argentina Carlos Menem di La Rioja, Argentina,[1][3] tokoh yang ditemuinya ketika wawancara di Kediaman Presiden Argentina Casa Rosada. Pada tanggal 19 November 2003, putra pertama mereka, Maximo Saul Menem Bolocco lahir di Santiago, Chili. Mereka berpisah pada bulan April 2007.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Marshall, Claire (26 Mei 2001). "Menem marries his beauty queen". bbc.co.uk (dalam bahasa Inggris). Britania Raya: BBC. Diakses tanggal 16 September 2010. 
  2. ^ "Miss Universe 1987 crowned". Toronto Star (dalam bahasa Inggris). 27 Mei 1987. hlm. A.28.  Fee required.
  3. ^ "Cecilia Bolocco, El casamiento del año". La Cuarta (dalam bahasa Spanyol). Diakses tanggal 22 Januari 2007. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan prestasi
Didahului oleh:
Mariana Villasante
Miss Chile
1987
Diteruskan oleh:
Verónica Romero
Didahului oleh:
Bendera Venezuela Barbara Palacios
Miss Universe
1987
Diteruskan oleh:
Bendera Thailand Porntip Nakhirunkanok