Ara bunut

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ara bunut
Ficus virens Edit nilai pada Wikidata

Curtain Fig Tree, Atherton Tableland
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN147495192 Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
KladSuperrosidae
Kladrosids
Kladfabids
OrdoRosales
FamiliMoraceae
GenusFicus
SpesiesFicus virens Edit nilai pada Wikidata
Aiton, 1789
Tata nama
Sinonim taksonFicus infectoria (Miq.) Miq., Ficus cunninghamii

Ficus virens adalah tumbuhan dari genus Ficus yang ditemukan di Pakistan, India, Asia Tenggara, melalui Malaysia dan ke Australia Utara. Nama umumnya adalah Bunut Bangkok, Ki Ara bunut atau Bunut saja ; secara lokal dikenal sebagai pilkhan dan dalam bahasa Kunwinjku disebut manbornde .[2] Seperti banyak buah ara, buahnya bisa dimakan. Salah satu spesimen paling terkenal dari pohon ini adalah Pohon Ara Tirai di Atherton Tableland, dekat Cairns, sebuah objek wisata populer. Contoh terkenal lainnya adalah Pohon Pengetahuan di Darwin.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Ini adalah pohon berukuran sedang yang tumbuh hingga ketinggian 24–27 meter (79–89 ft) Di daerah kering dan hingga 32 meter (105 ft) tinggi di daerah basah. Merupakan pohon ara yang termasuk dalam kelompok pohon yang dikenal sebagai buah ara pencekik, karena bijinya dapat berkecambah di pohon lain dan tumbuh mencekik hingga akhirnya membunuh pohon inangnya.

Tanaman ini mempunyai dua periode pertumbuhan yang mencolok di lingkungan India: pada musim semi (Februari hingga awal Mei), dan pada saat musim hujan (yaitu Juni hingga awal September). Daun barunya memiliki warna merah jambu kemerahan yang indah dan sangat enak dipandang.

Ini adalah pohon yang sangat besar yang ukuran tajuknya terkadang melebihi tinggi pohonnya.

Gunakan sebagai makanan[sunting | sunting sumber]

Daunnya dikenal dalam masakan Thailand sebagai phak lueat ( bahasa Thai: ผักเลือด </link> ). Mereka dimakan dengan direbus sebagai sayuran dalam kari Thailand Utara, yang dalam dialek Utara disebut sebagai phak hueat (ผักเฮือด).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Ficus virens". IUCN Red List. 12 June 2018. Diakses tanggal 16 February 2022. 
  2. ^ Garde, Murray. "manbornde". Bininj Kunwok Online Dictionary. Bininj Kunwok Regional Language Centre. Diakses tanggal 31 May 2019.