Appius Claudius Caudex

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Appius Claudius Caudex (sekitar 264 SM) adalah seorang keturunan ningrat Claudii. Dia adalah adik dari Appius Claudius Caecus dan memiliki ayah bernama Gaius Claudius Crassus, dan menjabat sebagai konsul pada 264 SM.

Di tahun itu, ia menarik Roma ke dalam konflik dengan Kartago atas kepemilikan Sisilia. Pada 265 SM, Hiero II dari Syracuse telah menyerang Messana (Messina modern) dalam upaya untuk menaklukkannya dari Mamertines, tentara bayaran dari Campania yang telah mengambilnya beberapa tahun sebelumnya. Mamertines bekerjasama dengan armada Kartago terdekat dan menahan Syracusans, tapi Kartago tidak membantunya, akhirnya Mamertines menarik diri ke Roma pada tahun 264 SM.

Beberapa senator yang menentang untuk membantu mereka, tapi Appius Claudius membujuk warga untuk mendukung mereka. Dia memimpin pasukan ke Messina dan Mamertines telah meyakinkan Kartago untuk menarik diri, dia hanya bertemu dengan perlawanan simbolis. Mamertines menyerahkan kota ini ke Appius Claudius, tapi Kartago kembali lagi dan mengepung Messana. sementara itu Syracusans, ditempatkan di luar kota. Claudius mencoba untuk mengirim utusan kepada Kartago dan Syracusans, tapi ia diabaikan. Dia kemudian memimpin pasukannya di luar kota, mengalahkan Syracusans dalam pertempuran, dan Hiero mundur kembali ke Syracuse. Hari berikutnya Claudius juga mengalahkan Kartago. Setelah kemenangan ini Appius mengepung Echetla tapi setelah kehilangan banyak pasukan saat kembali ke Messana.[1]

Pertempuran ini merupakan salah satu penyebab langsung dari Perang Punisia Pertama.

Kutipan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Diodorus, Biblioteca Historica, 23.1

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

Politik kantor
Didahului oleh

Quintus Fabius Maximus Gurges,

dan Lucius Mamilius Vitulus
Konsul dari Republik Romawi

264 SM

dengan Marcus Fulvius Flaccus
Digantikan dengan

Manius Valerius Maximus Corvinus Messalla,

dan Manius Otacilius Crassus