Apartemen studio

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Apartemen Studio (bahasa Inggris: Studio Apartment) adalah apartemen dengan satu kamar. Mereka juga dikenal sebagai tempat tinggal satu kamar atau flat studio. Apartemen studio biasanya terdiri dari satu ruangan besar yang berfungsi sebagai ruang tamu, ruang makan, dan kamar tidur gabungan, mungkin memiliki area terpisah yang sangat kecil; sayap atau sudut ini berada di luar area utama, dan dapat digunakan untuk makan atau tidur. Fasilitas dapur apartemen mungkin terletak di ruang tengah atau di area kecil yang terpisah. Kamar mandi biasanya berada di ruangan tersendiri yang lebih kecil, sedangkan toiletnya bisa dipisah.[1]

Tipe apartemen[sunting | sunting sumber]

Berikut tipe apartemen studio:[butuh rujukan]

Tipe 1 Bedroom[sunting | sunting sumber]

Kamar tidur utama memiliki ruang tersendiri yang terpisah dari ruang makan, dapur, dan ruang keluarga. Apartemen tipe ini cocok untuk bujangan, pasangan yang baru menikah dan keluarga dengan satu anak.

Tipe 2 Bedroom[sunting | sunting sumber]

Memiliki 2 kamar terpisah dengan kamar lainnya. Hanya pasangan dan keluarga yang sudah menikah yang tinggal di apartemen jenis ini, tapi itu tidak menutup kemungkinan ada orang lajang yang tinggal di sana.

Penthouse[sunting | sunting sumber]

Jenis Penthouse ini bervariasi sesuai dengan pengelolaan apartemen tersebut. Disebut Penthouse karena biasanya apartemen ini sangatlah luas dan mahal.

Kelebihan apartemen studio[sunting | sunting sumber]

Beberapa apartemen studio sudah berperabotan lengkap sehingga tidak memerlukan biaya tambahan untuk membeli furniture. Apartemen tipe ini sangat ideal untuk satu orang atau pasangan dengan pasangan. Segala aktivitas yang Anda lakukan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan mudah. Ukurannya yang kecil membutuhkan kreativitas yang tinggi untuk menciptakan hunian yang nyaman.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tahira (2021-08-02). "Researchers say 80% of new studio apartments in Finland are too small". Helsinki Times (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-12-13.