Lompat ke isi

Anyelir cina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Anyelir cina
Dianthus chinensis Edit nilai pada Wikidata

A naturalized pink in Korea
Taksonomi
SuperkerajaanEukaryota
KerajaanPlantae
DivisiTracheophyta
OrdoCaryophyllales
FamiliCaryophyllaceae
TribusCaryophylleae
GenusDianthus
SpesiesDianthus chinensis Edit nilai pada Wikidata
Linnaeus, 1753

Dianthus chinensis, umumnya dikenal dengan nama anyelir pelangi [1] atau anyelir China ( Hanzi: 石竹 shí zhú ) adalah spesies Dianthus yang berasal dari Tiongkok utara, Korea, Mongolia, dan Rusia tenggara . [2] Ini adalah tanaman abadi herba yang tumbuh setinggi 30–50 cm.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Daunnya berwarna hijau sampai hijau keabu-abuan, ramping, panjang 3–5 cm dan lebar 2–4 mm. Bunganya berwarna putih, merah muda, atau merah, berdiameter 3–4 cm, diproduksi sendiri-sendiri atau dalam kelompok kecil dari musim semi hingga pertengahan musim panas. [2] Beberapa batang bercabang membentuk eyrie yang longgar. Daun basal biasanya sudah layu saat berbunga, daunnya tertinggal di batang.

Tumbuh dalam bentuk semak, bunganya sering berpasangan, dan varietas hias dapat menampung hingga 15 bunga dalam perbungaan cymose . Di bawah bunga berdiri empat daun perlindungan, yang mencapai setengah dari kelopak ; mereka bersilia dan mengarah ke atas. Kelopak membentuk tabung silinder dengan panjang 1,5 hingga 2,5 cm, mahkota mencapai diameter 3 hingga 4 cm dan bergerigi di bagian tepinya. Warna kelopak berkisar dari putih ke merah muda hingga merah tua, bagian tengahnya sering berpigmen lebih gelap. Buah kapsul tertutup oleh sepal. Biji hitam berbentuk pipih-bulat.[3]

Penanaman[sunting | sunting sumber]

Ini banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias, baik di Cina maupun di tempat lain di seluruh daerah beriklim sedang di dunia; banyak kultivar telah dipilih untuk digunakan di kebun. [4] Selama bertahun-tahun, banyak bentuk diturunkan dari seleksi dan hibridisasi . Saat ini, upaya para pemulia ditujukan untuk menciptakan hibrida yang dicirikan oleh semak padat, berbunga awal dan panjang, bunga dengan berbagai corak. Ini memungkinkan untuk menanam tanaman tidak hanya di tingkat amatir, tetapi juga untuk tujuan komersial.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ English Names for Korean Native Plants (PDF). Pocheon: Korea National Arboretum. 2015. hlm. 439. ISBN 978-89-97450-98-5. Diakses tanggal 25 January 2016 – via Korea Forest Service. 
  2. ^ a b Flora of China: Dianthus chinensis
  3. ^ Eckehart J. Jäger, Friedrich Ebel, Peter Hanelt, Gerd K. Mueller (ed.): Excursion flora of Germany . Volume 5 . Herbaceous ornamental and useful plants. Springer, Berlin Heidelberg 2008, ISBN 978-3-8274-0918-8, p 190 .
  4. ^ Huxley, A., ed. (1992). New RHS Dictionary of Gardening. Macmillan ISBN 0-333-47494-5.
  5. ^ Huxley, A., ed. (1992). New RHS Dictionary of Gardening . Macmillan ISBN 0-333-47494-5 .