Anthus petrosus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Anthus petrosus
Eurasian Rock Pipit, Helgoland 1.jpg
Di Heligoland, Laut Utara
Suara burung yang terekam di Pembrokeshire, Wales
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Genus: Anthus
Spesies: petrosus
Anthus petrosus map.png
      Pengunjung musim panas berkembang biak
      Penghuni sepanjang tahun
      Pengunjung musim dingin
(perkiraan wilayah persebaran)
Sinonim

Anthus spinoletta petrosus (Montagu, 1798)

Anthus petrosus, atau pipit batu eurasia, atau hanya pipit batu, adalah spesies burung pengicau kecil yang berkembang biak di Eropa barat di pantai berbatu. Ia memiliki tubuh bagian atas bergaris-garis berwarna cokelat keabuan bergaris-garis dan tubuh bagian bawah yang mengilap, dan serupa dengan penampilan pipit Eropa lainnya. Terdapat tiga subspesies, di mana hanya jenis Fennoscandia merupakan burung yang bermigrasi, menghabiskan musim dingin di habitat pantai yang lebih jauh ke selatan Eropa. Pipit batu eurasia bersifat teritorial setidaknya di musim kawin, dan sepanjang tahun di mana ia menghuni. Burung jantan kadang-kadang akan memasuki wilayah yang berdekatan untuk membantu burung penghuni memukul mundur penyusup, perilaku yang diketahui hanya dari kepiting fiddler afrika.

Pipit batu eurasia membangun sarang mangkok di bawah vegetasi pantai atau di celah tebing dan meletakkan empat sampai enam telur abu-abu pucat berbintik-bintik yang menetas dalam waktu sekitar dua minggu dengan 16 hari lanjutan untuk dapat terbang. Meskipun kadang-kadang serangga tertangkap saat ia terbang, makanan pipit terutama invertebrata kecil yang diperoleh dari bebatuan atau dari perairan dangkal.

Pipit batu eurasia dapat diburu oleh burung pemangsa, dipenuhi oleh parasit seperti pinjal, atau bertindak sebagai inang naluriah bagi kangkok erasia, namun secara keseluruhan populasinya besar dan stabil, dan oleh karena itu dievaluasi sebagai spesies risiko rendah oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN).

Taksonomi dan sistematika[sunting | sunting sumber]

Familia Motacillidae terdiri dari wagtail, pipit, dan longclaw. Yang terbesar dari kelompok ini adalah pipit dalam genus Anthus, yang biasanya insektivora berbulu cokelat yang hidup di tanah. Penampilan mereka yang mirip telah menyebabkan masalah taksonomi; pipit air dan pipit amerika dianggap subspesies dari pipit batu eurasia sampai mereka dipisahkan oleh British Ornithologists's Union pada tahun 1998.[2] Pipit batu eurasia berhubungan erat dengan pipit padang rumput, leher merah, dan merah jambu serta bekas subspesiesnya.[3][4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Anthus petrosus". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2013.2. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 26 November 2013. 
  2. ^ del Hoyo, Josep; Elliott, Andrew; Sargatal, Jordi; Christie, David A.; de Juana, Eduardo, ed. (2013). "Family Motacillidae: Pipits and Wagtails". Handbook of the Birds of the World Alive. Barcelona: Lynx Edicions. Diakses tanggal 29 September 2016. (subscription required (help)). 
  3. ^ del Hoyo, Josep; Elliott, Andrew; Sargatal, Jordi; Christie, David A.; de Juana, Eduardo, ed. (2013). "Rock Pipit (Anthus petrosus)". Handbook of the Birds of the World Alive. Barcelona: Lynx Edicions. Diakses tanggal 29 September 2016. (subscription required (help)). 
  4. ^ Voelker, Gary (1999). "Molecular evolutionary relationships in the Avian genus Anthus (Pipits: Motacillidae)". Molecular Phylogenetics and Evolution 11 (1): 84–94. PMID 10082613. doi:10.1006/mpev.1998.0555. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]