Antefiks

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Antefiks di Candi Plaosan Lor

Antefiks atau simbar[1][2] adalah hiasan di luar suatu bangunan. Pada candi di Indonesia, antefiks biasanya berbentuk segitiga dengan ukiran-ukiran tertentu. Dalam ilmu kepurbakalaan, antefiks dapat memberikan informasi mengenai teknologi dan kebudayaan masyarakat pembuatnya.[3]

Asal kata[sunting | sunting sumber]

Antefiks berasal dari kata bahasa Latin antefixa, jamak antefixum, yang berarti sesuatu yang dipasang di depan: ante- berarti di depan dan fixus artinya dipasang, bentuk masa lalu dari kata figere, memasang.[4]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sudarsono; Astuti, Retna; Sunjata, I. W. Pantja; Javanologi (Indonesia), Proyek (1986). Makna peninggalan arkeologi dalam kebudayaan Jawa. Proyek Penelitian dan Pengkajian Kebudayaan Nusantara (Javanologi), Direktorat Jenderal Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 
  2. ^ Padanan. "Padanan istilah antefix adalah simbar". www.padanan.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-06-08. Diakses tanggal 2020-06-08. 
  3. ^ Timur, Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa. "Antefiks | Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-14. 
  4. ^ "antefix" – via The Free Dictionary.