Antarasa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Antarasa
Litsea cubeba

Status konservasi
Risiko rendah
IUCN150217538
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmagnoliids
OrdoLaurales
FamiliLauraceae
GenusLitsea
SpesiesLitsea cubeba
Pers., 1806
Tata nama
BasionimLaurus cubeba (en)

Litsea cubeba, antarasa, krangean atau daun tenem , adalah pohon malar hijau atau semak setinggi 5–12 meter dalam keluarga Lauraceae. Ini asli daerah Cina Selatan termasuk Sichuan, Guizhou, Yunnan, dan Fujian serta Taiwan dan negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Indonesia, Malaysia dan Kamboja . Ini disebut "lada gunung" (山胡椒; pinyin: shānhújiāo), "mujiangzi" (木姜子; pinyin: mùjiāngzǐ)atau "douchijiang" (豆豉姜; pinyin: dòuchǐjiāng) dalam bahasa Mandarin dan maqaw (馬告) oleh Atayal Taiwan. Ini menghasilkan buah yang diproses untuk minyak asiri lemonnya. Minyak juga dapat diekstraksi dari daunnya, tetapi kualitasnya dianggap lebih rendah. Kayunya terkadang digunakan untuk membuat furnitur dan kerajinan. Bagian tanaman juga digunakan dalam pengobatan.

Ekstraksi minyak[sunting | sunting sumber]

Hasil minyak asiri dari buah adalah 3–5%. Komponen utama minyak adalah citral, pada 70–85% minyak.[1] Ini terutama diproduksi di Cina dari perkebunan dan dipasarkan sebagai "Litsea cubeba", dengan perkiraan produksi antara 500 dan 1.500 ton minyak per tahun. Minyaknya digunakan sebagai wewangian (terutama dalam sabun batangan) dan untuk penyedap tersendiri. Ini juga digunakan sebagai bahan mentah oleh industri kimia untuk sintesis vitamin A dan wewangian seperti violet.[2]

Sebagai bumbu[sunting | sunting sumber]

Ini digunakan secara luas sebagai bumbu oleh penduduk asli Taiwan, ini dipandang sebagai ciri khas masakan aborigin.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lawless, J., The Illustrated Encyclopedia of Essential Oils, ISBN 1-85230-661-0
  2. ^ Litsea cubeba FAO essential oil profile
  3. ^ Lee, Daphne K. "In New York, Taiwanese Chefs Are Attempting To Define Their Cuisine". vice.com. Vice. Diakses tanggal 5 May 2022.