Another Earth

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Another Earth
Poster film Another Earth
SutradaraMike Cahill
ProduserHunter Gray
Mike Cahill
Brit Marling
Nicholas Shumaker
Ditulis olehMike Cahill
Brit Marling
PemeranBrit Marling
William Mapother
Robin Lord Taylor
Penata musikFall On Your Sword
SinematograferMike Cahill
PenyuntingMike Cahill
Perusahaan
produksi
Artists Public Domain
DistributorSearchlight Pictures
Tanggal rilis
Durasi92 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaBahasa Inggris
Anggaran$100 ribu[2]
Pendapatan
kotor
$1.776.935[3]

Another Earth adalah film drama fiksi ilmiah Amerika Serikat tahun 2011 yang disutradarai oleh Mike Cahill dan diproduseri oleh Hunter Gray, Mike Cahill, Brit Marling dan Nicholas Shumaker. Naskah film ini ditulis oleh Mike Cahill dan Brit Marling. Film ini dibintangi oleh Brit Marling, William Mapother dan Robin Lord Taylor.

Film Another Earth ditayangkan secara perdana di Festival Film Sundance pada tanggal 24 Januari 2011[4] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 22 Juli 2011.[5] Film ini mendapatkan review rerata dari para kritikus film.

Plot[sunting | sunting sumber]

Rhoda Williams (Brit Marling), seorang gadis cerdas berusia 17 tahun yang telah menghabiskan masa mudanya belajar astronomi, senang mengetahui bahwa ia telah diterima di Institut Teknologi Massachusetts. Rhoda merayakannya dengan minum dengan teman-temannya, kemudian ia pulang dalam kondisi keracunan. Mendengarkan sebuah cerita di radio tentang planet mirip bumi yang baru ditemukan, ia memandang keluar dari jendela mobilnya ke arah bintang-bintang dan secara tidak sengaja menabrak mobil yang berhenti di persimpangan, membuat John Burroughs (William Mapother) koma dan membunuh istrinya yang sedang hamil dan putra mereka. Setelah menjalani hukuman penjara empat tahun, Rhoda memilih untuk bekerja sebagai petugas kebersihan di sekolahnya yang dulu dan menjaga jarak dari orang lain.

Rhoda memandang planet bumi lain.

Mendengar lebih banyak berita tentang planet bumi lain, Rhoda mengikuti kontes esai yang disponsori oleh seorang pengusaha jutawan yang menawarkan penerbangan ruang angkasa sipil ke planet tersebut.

Suatu hari Rhoda melihat John meletakkan mainan di lokasi kecelakaan. Rhoda mengunjungi rumah John dan bermaksud untuk meminta maaf. John membuka pintunya, tetapi Rhoda kehilangan keberaniannya. Sebagai gantinya, Rhoda berpura-pura menjadi pelayan yang menawarkan hari bebas pembersihan sebagai sarana layanan kebersihan. John, yang telah keluar dari fakultas musik di Universitas Yale, menerima tawaran Rhoda. John tidak mengetahui identitas Rhoda dan ketika Rhoda selesai membersihkan rumah John, John memintanya untuk kembali minggu depan. Hubungan John dengan Rhoda semakin dekat dan mereka mulai berhubungan intim.

Rhoda memenangkan kontes esai dan dipilih menjadi satu di antara orang-orang pertama yang menjelajahi planet bumi lain. John memintanya untuk tidak pergi ketika Rhoda memberitahunya, percaya bahwa mereka mungkin memiliki masa depan bersama. Rhoda akhirnya memutuskan untuk memberitahu John yang sebenarnya tentang identitasnya. John kesal dan ia mengusir Rhoda keluar dari rumahnya.

Rhoda mendengar seorang astrofisikawan berbicara di televisi menjelaskan hipotesis "cermin pecah". Rhoda bergegas kembali ke rumah John, tetapi John menolak membiarkannya masuk. Rhoda masuk ke rumahnya dan John mulai mencekiknya. John akhirnya berhenti dan ketika Rhoda pulih, ia memberitahu John bahwa ia mendengar saat-saat orang-orang di dua dunia saling mengenal satu sama lain, sinkronisitas mereka akan rusak dan Rhoda berpikir bahwa keluarga John bisa hidup di bumi lain. Rhoda kemudian meninggalkan sebuah tiket untuk John. Beberapa waktu kemudian, ia mengetahui bahwa John menerima tiket itu dan menjadi warga sipil pertama yang menjelajahi planet bumi lain.

Empat bulan kemudian, pada hari berkabut, Rhoda mendekati rumahnya. Ia kemudian bertemu dengan dirinya sendiri dari bumi lain dan berdiri di depannya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Brit Marling sebagai Rhoda Williams
  • William Mapother sebagai John Burroughs
  • Jordan Baker sebagai Kim Williams
  • Robin Lord Taylor sebagai Jeff Williams
  • Flint Beverage sebagai Robert Williams
  • Kumar Pallana sebagai Purdeep
  • Diane Ciesla sebagai Dr. Joan Tallis
  • Rupert Reid sebagai Keith Harding
  • Richard Berendzen sebagai narator[6][7]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Another Earth mendapatkan review rerata dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 66%, berdasarkan 128 ulasan, dengan rating rata-rata 6,3/10.[8] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 66 dari 100, berdasarkan 33 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[9]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Another Earth mendapatkan $1.321.194 di Amerika Utara dan $455.741 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $1.776.935, melebihi anggaran produksi film $100 ribu.[3]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $77.740, menempati posisi ke-40 di box office.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Another Earth (12A)". British Board of Film Classification. November 29, 2011. Diakses tanggal October 20, 2019. 
  2. ^ Robinson, Tasha (July 22, 2011). "Mike Cahill". Interview. Diakses tanggal October 20, 2019. 
  3. ^ a b c "Another Earth (2011)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 20, 2019. 
  4. ^ Honeycutt, Kirk (January 24, 2011). "Another Earth: Sundance Review". The Hollywood Reporter. Prometheus Global Media. Diakses tanggal October 20, 2019. 
  5. ^ Bettinger, Brendan (March 16, 2011). "Release Dates for Pixar's BRAVE and ANOTHER EARTH". Collider. Diakses tanggal October 20, 2019. 
  6. ^ Dargis, Manohla (July 21, 2011). "Living in a Different World, Searching for a Second Chance". The New York Times. Diakses tanggal July 21, 2011. ... the filmmakers tapped the astrophysicist Dr. Richard Berendzen ... to provide the mellifluous voice-over that wends through the movie, provocatively speculating on life beyond our planetary horizons, while Rhoda walks alone in a world in which she has become a near alien. 
  7. ^ Taylor, Ella (July 21, 2011). "Another Chance At Life On 'Another Earth'". NPR. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 July 2011. Diakses tanggal July 29, 2011. Another Earth is cluttered with unnecessary debris, a philosophizing voice-over from real-life scientist Richard Berendzen and an elderly janitor (Kumar Pallana) who dispenses opaque wisdom every time he opens his mouth. 
  8. ^ "Another Earth (2011)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal October 20, 2019. 
  9. ^ "Another Earth reviews". Metacritic. Diakses tanggal October 20, 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]