Angsa berleher pendek

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Goose
Canada Goose, Branta canadensis  Distant geese honking (bantuan·info)
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Superordo: Galloanserae
Ordo: Anseriformes
Famili: Anatidae
Upafamili: Anserinae
Bangsa: Anserini
Genera

Dana Paternoster Anser
Branta

Angsa berleher pendek (Inggris: goose) adalah jenis burung yang termasuk ke dalam famili Anatidae. Famili ini termasuk angsa dan bebek. Angsa berleher pendek berbeda dengan angsa (swan). Angsa berleher pendek masuk ke dalam subfamili Anserinae suku Anserini, namun angsa masuk ke dalam suku Cygnini.

Angsa berleher pendek adalah monogami, hidup berpasangan secara permanen sepanjang tahun, tetapi biasanya hanya berlangsung selama musim bersarang. Namun pada umumnya mereka berpasangan cukup lama karena angsa berleher pendek yang berpasangan lebih dominan dan makan lebih banyak.

Jenis burung yang tidak disebut sebagai angsa berleher pendek (goose) namun masuk ke dalam famili Anatidae adalah shelduck. Mereka memiliki subfamili sendiri, yaitu Tadorninae.

Jenis burung lainnya yang disebut angsa berleher pendek (goose), yang masuk ke dalam subfamili Tadorninae, yaitu:

Angsa berleher pendek sayap spur, Plectropterus gambiensis masuk ke dalam subfamili Plectropterinae karena cukup berbeda dengan angsa berleher pendek.

Spesies dari genus Nettapus disebut angsa berleher pendek pigmy.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Carboneras, Carles (1992): Family Anatidae (Ducks, Geese and Swans). In: del Hoyo, Josep; Elliott, Andrew & Sargatal, Jordi (eds.): Handbook of Birds of the World (Volume 1: Ostrich to Ducks): 536-629, plates 40-50. Lynx Edicions, Barcelona.