Angkatan Darat Belarus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Angkatan Darat Belarus
Сухапутныя войскі Рэспублікі Беларусь
Suchaputnyja vojski Respubliki Bielaruś
Сухопутные войска Республики Беларусь
Sukhoputnyye voyska Respubliki Belarus'
Lambang Angkatan Darat Belarus
Aktif20 Maret 1992–sekarang
Negara Belarus
Tipe unitAngkatan darat
Jumlah personel16.500 (2016)
Bagian dariAngkatan Bersenjata Belarus
MarkasMinsk, Belarus
Ulang tahun23 Februari
Tokoh
Panglima Tertinggi Presiden Aleksandr Lukashenko
Insignia
Bendera

Angkatan Darat Belarus (bahasa Belarus: Сухапутныя войскі Рэспублікі Беларусь, translit. Suchaputnyja vojski Respubliki Bielaruś); bahasa Rusia: Сухопутные войска Республики Беларусь, translit. Sukhoputnyye voyska Respubliki Belarus' adalah cabang layanan angkatan darat dari Angkatan Bersenjata Belarus.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Angkatan Darat Belarus didirikan pada tanggal 20 Maret 1992, hari yang sama Kementerian Pertahanan Belarus didirikan. Pada tahun 1994, angkatan darat memiliki lebih dari 50.000 tentara, sebagian besar adalah mantan tentara Distrik Militer Byelorusia dari Angkatan Darat Soviet. Peralatan tentara yang digunakan pada saat itu termasuk 79 T-54, 639 T-55, 291 T-62, 299 T-64, 8 T-80, dan 1.800 T-72.[1][2]

Pada bulan Desember 2001, Angkatan Darat menjalani reorganisasi besar-besaran yang menghasilkan dua komando teritorial operasional yang mirip dengan distrik militer Rusia. Dua Komando yang dibentuk dari reorganisasi ini adalah Komando Operasional Barat di Grodno, dan Komando Operasional Barat Laut, di Barysaw.[1][2] Kurang lebih di waktu yang sama, markas Angkatan Darat didirikan atas dasar bekas Tentara Tank Pengawal ke-5.[3][4] Markas besar pasukan darat dibubarkan selama reorganisasi pada tahun 2011, dan digantikan oleh pelatihan tempur dan direktorat pertahanan teritorial. Perubahan tersebut menegaskan lebih lanjut tentang integrasi Angkatan Darat Belarus ke dalam struktur komando militer Rusia, karena Belarus tidak secara independen merencanakan atau melakukan latihan skala besar dan beroperasi di bawah komando Rusia selama latihan bersama. Pada pertengahan 2021, unit komandan operasional diawaki dengan setengah kekuatan, membuat mereka tidak siap untuk operasi tempur respon cepat.[5]

Pasukan khusus[sunting | sunting sumber]

Pasukan khusus dirancang untuk mendukung aktivitas tempur Angkatan Darat dan menyelesaikan tugas yang mereka bawa. Mereka ini termasuk formasi dan unit militer intelijen, komunikasi, teknik, radiasi, pertahanan kimia dan biologi, peperangan elektronik, navigasi dan topografi.[6]

  • Pasukan Peperangan Elektronik
  • Pasukan Sinyal
  • Pasukan Insinyur
  • Pasukan Perlindungan NBC
  • Dinas Navigasi Topografi

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Справки по отдельным бригадам Вооруженных Сил Республики Беларусь". www.soldat.ru. Diakses tanggal 2023-07-27. 
  2. ^ a b "Ground Forces - Belarus". www.globalsecurity.org. Diakses tanggal 2023-07-27. 
  3. ^ 'Commander outlines reform of Belarusian Ground Forces,' Zvyazda, Minsk, in Belarusian, 2 October 2002, p.2, via Lexis-Nexis.
  4. ^ "Юбилей прославленного объединения | Военный информационный портал Министерства Обороны Республики Беларусь". web.archive.org. 2016-02-25. Diakses tanggal 2023-07-27. 
  5. ^ Muzyka, Konrad (August 2021). "The Belarusian Armed Forces: Structures, Capabilities, and Defence Relations with Russia" (PDF). International Centre for Defence and Security. hlm. 17–18. ISSN 2228-2076. 
  6. ^ "Специальные войска — Военный информационный портал Министерства обороны Республики Беларусь".