Anggur Montenegro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Anggur Montenegro adalah anggur yang dibuat di salah satu negara Balkan, yaitu Montenegro. Di Montenegro, kebun anggur banyak ditemui di bagian selatan (dekat Danau Skadar) dan pesisir Laut Adriatik. Tidak kurang dari 11.000 hektare lahan kebun anggur di Montenegro didominasi oleh jenis anggur merah.[1] Ini berarti Montenegro memiliki kebun anggur yang luas keseluruhannya kira-kira sama dengan wilayah penghasil anggur terbesar keempat di Jerman, Württemberg.

Kebun anggur di Danau Skadar, Montenegro

Anggur Montenegro terbuat dari berbagai jenis buah anggur misalnya Cabernet Sauvignon, Chardonnay, Krstač, dan Vranac; dua terakhir adalah varietas pribumi Montenegro.

108 perusahaan penghasil anggur di Montenegro memproduksi sekitar 17 juta liter anggur setiap tahun, dan sekitar 5,7 juta liter di antaranya diekspor. Negara-negara tujuan ekspor utama adalah Bosnia-Herzegovina, Serbia, dan Kroasia; juga Tiongkok.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Budidaya anggur di Montenegro berusia sekitar 2200 tahun dan dimulai pada era Illiria, ketika orang Trakia mulai memperkenalkan bibit anggur pertama ke Eropa Tenggara.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Weltweite Rebflächen 2010/2011, OIV Bericht, Paris
  2. ^ "Export Wines of Montenegro Recognized Worldwide". 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]