Anggur Yunani

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Anggur Yunani adalah minuman anggur yang diproduksi di Yunani. Selama ribuan tahun, minuman anggur Yunani dibuat oleh keluarga dan komunitas. Kawasan industri paling besar ditemukan di pesisir Mediterania. Minuman anggur pernah menjadi salah satu komoditas/produk perdagangan terpenting di Yunani pada zaman kuno dan pertengahan. Penyebaran dan peningkatan budidaya buah anggur di Eropa sebagian besar dipengaruhi oleh Yunani. Peradaban Yunani menyebarkan budaya anggur ke Mediterania, di mana berbagai budaya anggur terbentuk.[1] Orang Yunani Kuno memperkenalkan anggur dan minuman anggur ke Italia[2], Sisilia[3], Prancis Selatan[4], dan Spanyol. Pembuatan anggur Yunani telah kembali ke standar modern pada paruh kedua abad ke-20.[5][6]

Kebun anggur di Naousa, Imathia, Makedonia, Yunani.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ukiran Bizantium dari abad ke-10 sampai 11, dengan tulisan CΕΠΤΕΜΡHΟC (September) yang menggambarkan panen buah anggur pada bulan ini.

Yunani adalah salah satu negara dengan sejarah terpanjang pembuatan minuman anggur di dunia, dimulai pada 6.500 tahun yang lalu[7][8][9][10], dan merupakan negara tertua kedua di dunia setelah Armenia, yang di dalamnya ditemukan bukti jejak pemerasan buah anggur[8][9][11]. Terdapat bukti bahwa spesies Vitis vinifera diperkenalkan oleh para pelaut Fenisia dari Timur Dekat di pulau Kreta dan pulau-pulau di Laut Aegea, yang kemudian disebarkan ke daratan utama Yunani.

Beberapa keterangan tentang anggur dan minuman anggur dapat ditemukan dalam karya-karya pengarang Yunani Kuno, seperti Homeros dalam puisi "Ilias" dan "Odisseia" (abad ke-8 SM sampai abad ke-7 SM), dalam karya-karya Herodotos (abad ke-5 SM), Strabo (abad ke-1 SM), Aristofanes (445 SM sampai 385 SM), dan lain-lain. Filsuf Herodotos dan Strabo menulis tentang anggur; pada tahun 401-400 SM, tentara Yunani yang dipimpin oleh Xenophon melewati tanah Nairi (kini Armenia), dan mereka melihat rumah-rumah di mana anggur disimpan di dalam sumur-sumur yang dalam di dalam guci tanah liat yang disebut "karases".

Hampir dapat dipastikan bahwa orang-orang Yunani yang menetap di Marseille dan Italia selatan memperkenalkan pengetahuan mereka tentang pemeliharaan anggur di sana. Sulit atau tidak mungkin untuk mengetahui pengaruh apa, secara langsung atau tidak langsung, pada penanaman anggur Prancis atau Italia.

Di bawah kekuasaan Imperium Romawi, anggur Yunani menjadi hidangan yang sangat prestisius di Italia. Pada zaman pertengahan, anggur-anggur yang didatangkan dari Kreta, Monemvasia, dan pelabuhan-pelabuhan Yunani lainnya dijual dengan sangat mahal di bagian utara Eropa.

Zaman Yunani Kuno[sunting | sunting sumber]

Alat pemeras buah anggur dari Zaman Minoa di Vathypetro, tahun 1580-1470 SM

Anggur mencapai Yunani melalui perdagangan dengan Dunia Oriental. Anggur diyakini berasal dari suatu wilayah yang kini menjadi Iran. Penduduk Yunani kuno, Pelasgoi, mulai menanam anggur di Yunani, yaitu di Pulau Kreta. Ketika itu anggur adalah bagian dari Peradaban Minoa. Berkat perdagangan, anggur menyebar dari Minoa ke Mesir.

Orang Yunani pertama yang menanam anggur dan membuat minuman anggur adalah orang Akhea (Peradaban Mikenai). Ada kebun anggur yang luas di sekitar istana Akhea, di sana anggur menjadi minuman para penguasa dan rakyat jelata. Budaya anggur di Yunani masih terus bertahan. Bahkan setelah jatuhnya budaya Mikenai, anggur terus dibudidayakan oleh suku-suku Yunani yang lebih muda, Ionia, Aiolia, dan Doria.

Di Yunani Kuno, minuman anggur menjadi bagian sentral bagi masyarakat, terutama dalam hal pesta dan pemujaan. Juga diyakini bahwa dewa Yunani (Dionisos), yang merupakan dewa anggur dan hiburan, menurunkan anggur ke Yunani. Pemujaan Dionisos sangat luas dan untuk menghormatinya ada perayaan khusus yang disebut Dionisia. Anggur menjadi produk tradisional Yunani, telah menyebar ke Mediterania barat, Italia selatan, Galia, dan Hispania selama masa penjajahan. Bangsa Etruria dan Italik juga mengambil-alih minuman anggur dari etnis Yunani di Italia selatan. Selain menjadi penggembala hewan, menanam anggur adalah pekerjaan tradisional penduduk perdesaan di Yunani.

Orang Yunani kuno mencampur anggur dengan air dalam wadah lebar yang disebut krater (κρατήρ), yang juga berasal dari kata Yunani Modern untuk anggur, krasi (κρασί). Minum anggur yang tidak dicampur air dianggap barbar. Anggur kemudian diminum dari bejana berpinggang lebar, seperti kylix atau kantharos, untuk menonjolkan aroma anggur pada hari raya mereka dan untuk memungkinkan anggur menyentuh sepanjang mulut saat diminum, karena ini akan meninggalkan rasa yang lebih enak.

Anggur dari banyak tempat sangat dihargai: misalnya Thasos, Lesbos, Lemnos, Ikaria, Samos, dan Kos. Penandaan asal produk sudah diatur pada waktu itu. Bangsa Romawi mewarisi budaya anggur dari Yunani melalui koloni Yunani Besar.

Zaman Bizantium[sunting | sunting sumber]

Dekorasi pada sebuah kylix menggunakan teknik tembikar sosok-merah memperlihatkan seorang pelayan yang sedang menuangkan anggur pada sebuah acara simposium di Attika, dari abad ke-5 SM.

Setelah akhir zaman kuno dan munculnya era Bizantium, pertanian anggur dan produksi minuman anggur menurun. Penyembahan Dionisos dilarang. Di tengah kondisi yang sering bermasalah, biara dan biarawan mempertahankan budaya anggur, seperti di Eropa Barat, karena anggur dibutuhkan dalam Perjamuan Kudus[12]. Pada Abad Pertengahan, Yunani terkenal karena anggur Malvasia, dinamai Monemvasia di Peloponnesos barat. Tryfon Lampsakoslainen (juga Campsadalainen) menjadi santo pelindung anggur di Gereja Ortodoks Timur. Pemerintahan Utsmaniyah tidak menyukai pemeliharaan anggur, dan perkebunan anggur dihancurkan atau didegradasi. Produksi anggur yang tersisa dikenakan pajak yang berat.[13][14]

Orang Yunani terus membuat anggur selama periode Bizantium. Meskipun orang Yunani sudah menjadi orang Kristen, mereka mempertahankan penghormatan tradisional mereka terhadap anggur dan masih merayakan budidaya panen anggur baru, seperti yang mereka lakukan selama dalam acara dionysia kuno. Festival anggur sangat populer di Yunani hingga hari ini dan merupakan kelanjutan dari tradisi Dionysia. Retsina, yang merupakan anggur putih dengan rasa pinus, juga menjadi sangat populer di pulau-pulau Yunani sejak saat itu. Meski demikian, asal mula retsina adalah sama kuno-nya.[15][16]

Zaman Yunani Modern[sunting | sunting sumber]

Dionisos, dewa anggur

Anggur Yunani mulai dijual dan dibotolkan pada abad ke-19, tetapi mereka memiliki tradisi lama. Anggur memiliki posisi khusus dalam budaya Yunani modern dan sering dinyanyikan dalam berbagai lagu rakyat Yunani, misalnya Mes´t´ambeli-Vo vinici, atau Stafyli mu krystalino-Moje kryštáľové hrozno atau Samiotiko glyko krasi-Samosské sladké víno. Daerah anggur Yunani yang paling terkenal adalah Kalkidiki, Kavala, Nausa di Makedonia, Nemea, Patras, Korintus, Mantineia di Peloponnesos, Attika, Kreta, Kepulauan Aegea, Kepulauan Ionia, Siprus, Euboia, Mesenikola dan Nea Anchialos di Thessalia dan Zitsa di Epiros.

Perang Kemerdekaan Yunani, yang dimulai pada tahun 1821, menyebabkan penurunan episode berikutnya dalam pemeliharaan anggur. Penanaman dilanjutkan kembali ketika kondisi sudah tenang, pertama di Peloponnesos. Yunani sebagian besar terhindar dari epidemi kutu, yang menghancurkan tanaman merambat di seluruh Eropa pada akhir abad ke-19, dan sebagai hasilnya, anggur Yunani mendapat perhatian baru. Daerah di bawah tanaman merambat terus tumbuh di abad ke-20, ketika Kreta, Thessalia, dan Makedonia dianeksasi ke Yunani. Namun, pada awal abad ke-20, reputasi anggur Yunani sebagian besar masih buruk atau tidak ada sama sekali, dan pada paruh pertama abad itu, perang kembali menyebabkan reaksi negatif terhadap produksi.

Pemeliharaan anggur dan produksi Yunani telah meningkat ke tingkat modern selama paruh kedua abad ke-20, dengan penggunaan pengetahuan dan teknologi terbaru dalam budidaya dan pengembangan generasi baru pengusaha yang telah belajar di luar negeri. Pada saat yang sama, anggur Yunani sekali lagi mulai mendapatkan ketenaran dan prestise serta penghargaan.[17]

Pada tahun 1937, Kementerian Pertanian Yunani mendirikan Institut Anggur. Pada dasawarsa 1960-an, retsina menjadi minuman nasional. Sebagai dampak dari tumbuhnya pariwisata yang tumbuh demikian cepat, retsina secara internasional diasosiasikan dengan anggur dan minuman anggur Yunani. Kebun anggur Cabernet Sauvignon pertama di Yunani mulai dirintis pada tahun 1963. Pada tahun 1971-1972 terbitlah undang-undang Yunani yang mengatur penamaan, asal, dan kualitas anggur. Undang-undang tersebut didasarkan pada model Prancis dan Italia. Saat ini, produksi mematuhi kerangka peraturan kualitas yang ditetapkan oleh Uni Eropa.

Varietas asli[sunting | sunting sumber]

Tanaman dan buah anggur jenis Moschofilero, berasal dari Yunani.
Tanaman dan buah anggur jenis Agiorgitiko, berasal dari Yunani.

Yunani memiliki lebih dari 300 varietas anggur lokal seperti:

  • Agiorgitiko atau Ajorjitiko - dalam terjemahan St. George, karena ia berasal dari kota Peloponnesos, Nemea, yang nama lamanya adalah Ajos Jeorjos. Anggur ditanam di kebun anggur yang tinggi, yang memberikan rasa unik. Anggur ini tergolong anggur merah.
  • Xinomavro - diterjemahkan sebagai asam hitam. Ini adalah anggur merah tradisional Yunani Utara, anggur ditanam terutama di dekat kota Nausa.
  • Mandilaria - anggur pulau merah tradisional, paling terkenal dari pulau Rodos dan Kreta.
  • Mavrodafni - anggur merah tradisional dari Peloponnesos dan Kepulauan Ionia.
  • Kotsifali - anggur merah tradisional Kreta.
  • Kumandaria - anggur merah tradisional dari Siprus, memiliki asal-usul kuno.
  • Assyrtiko - anggur putih yang berasal dari pulau Santorini, memiliki aroma yang khas, berkat tanah vulkanik pulau Santorini. Varietas anggur putih Yunani, salah satu varietas terbaik di Mediterania. Tumbuh di tanah vulkanik Santorini, digunakan untuk menghasilkan anggur yang kaya, ekstraktif, bertubuh penuh dengan keseimbangan mineralitas dan keasaman yang baik. Selama 25 tahun terakhir, varietas anggur ini telah ditanam di banyak wilayah Yunani, termasuk wilayah Makedonia dan Attica, di mana ia memiliki karakter yang lebih lembut dan lebih berasa buah. Anggur dari varietas ini berkembang dengan baik selama beberapa tahun penyimpanan, mencapai puncaknya pada usia 2-3 tahun.
  • Retsina - anggur putih dengan rasa pinus, berasal dari pulau Khios.
  • Savatiano - anggur putih tradisional dari Attika.
  • Malagousia, atau Malagouziá - anggur putih aromatik dari Makedonia. Varietas anggur yang relatif langka yang menghasilkan anggur intens dengan aroma buah-buahan eksotis, melati, mint, dan jeruk. Baru-baru ini, telah dikembangkan secara aktif oleh pembuat anggur, area penanaman meningkat.
  • Limnio
  • Mavrotragano
  • Mavroudi
  • Moschofilero - Varietas anggur berkulit merah muda. Paling aktif dibudidayakan di Mantineia (Peloponnesos). Anggur (putih) sangat cerah, dengan keasaman yang sangat tinggi. Aroma didominasi bunga dan manis-buah.
  • Aidani - Varietas anggur Yunani kuno yang terutama tumbuh di kepulauan Kyklades. Anggur yang dibuat dari varietas anggur ini memiliki aroma yang menyenangkan dengan tingkat alkohol dan keasaman sedang.
  • Athiri - Varietas ini banyak digunakan untuk produksi anggur di pulau Rodos dan Santorini. Dapat juga tumbuh di daerah lain di Yunani seperti Makedonia dan Attika. Buah yang dihasilkan dari varietas anggur ini harum, lembut, dan bulat.
  • Vilana - Dibudidayakan secara luas di Kreta, di mana ia menghasilkan sebagian besar anggur sederhana dengan buket sitrus.
  • Debina - Varietas anggur ini ditanam dalam jumlah terbatas di Epiros. Meski demikian, dari varietas ini dapat dihasilkan anggur Yunani putih paling elegan - kering, semi-kering, dan sedikit berkilau.
  • Kidonitsa - Varietas yang sangat langka yang menghasilkan anggur kering dengan keasaman sedang dan aroma khas quince matang.
  • Lagorthi - Varietas ini berasal dari Kalavryta, bagian utara semenanjung Peloponnesos. Anggur dari varietas ini dibedakan oleh tingkat alkohol rata-rata, keasaman, dan buket kompleks dengan aksen mineral, sedikit jeruk, serta buah-buahan manis - persik dan aprikot.
  • Robola - Varietas dari dataran tinggi pulau Kefalonia, menghasilkan anggur yang sangat segar dengan aksen aroma jeruk yang dominan dan aksen mineral yang baik.
  • Roditis - Varietas anggur berkulit merah muda. Tumbuh terutama di sekitar kota Patras dan berkembang dengan baik di tanah yang kurang subur. Memberikan anggur yang kaya, tetapi tidak berat dengan keasaman rendah dan sedikit aroma melon dan buah persik.
  • Savatiano - Varietas paling populer di wilayah Attika. Ini adalah salah satu varietas utama untuk produksi anggur yang elegan dan tenang dengan aksen buket bunga dan buah.

Varietas anggur internasional juga mulai diperkenalkan sejak tahun 1960. Kini ada beberapa kawasan anggur di Yunani.

Klasifikasi[sunting | sunting sumber]

Peta kawasan budidaya anggur di Yunani.

Sistem kendali mutu Yunani desain asal yang dilindungi (asal (π.ο.π.) sesuai dengan skema Prancis untuk mengontrol keaslian asal (AOC), puncak "Piramida" adalah minuman anggur desain asal kualitas unggul (ο.π.α.π.) sesuai dengan masing-masing anggur. Vin de qualité produit dans une région déterminée (VQPRD) adalah anggur berkualitas yang diproduksi di wilayah tertentu.[18]

Sesuai dengan Peraturan Dewan Uni Eropa Nomor 479/2008 pada tanggal 29 April 2008 “tentang Organisasi Pasar Anggur Bersama”[19] dan Peraturan Komisi Eropa Nomor 607/2009 pada tanggal 14 Juli 2009 “tentang Aturan Khusus Tertentu untuk Penerapan Peraturan Dewan Uni Eropa Nomor 479/2008”[20] Anggur Yunani dibagi menjadi kategori berikut ini[21][22] [23] [24]:

Asal geografis yang dilindungi (PDO)[sunting | sunting sumber]

Οινόη Ονομασία Προέλευσις. Yaitu memperhatikan asal dan kualitas unggul. Dalam hal ini, anggur diproduksi seluruhnya di wilayah tertentu dan menyandang nama wilayah tersebut. Anggur ΠΟΠ — «produk ΠΟΠ» adalah produk «nama yang dilindungi daerah asalnya». Kategori ini termasuk anggur, diproduksi di daerah tertentu (VQPRD), yaitu anggur ΟΠΑΠ dan minuman anggur ΟΠΕ. Ini dibagi menjadi dua kategori:

  • OPAP (Ονομασίας Προέλευσις Ανωτέρας Ποιότητας) - Penunjukan Asal Kualitas Unggul - Tingkat atas, untuk anggur kering, ditandai dengan pita biru.
  • OPE (Ονομασία Προελεύσεως Ελεγχόμενη) - Asal terkontrol, untuk anggur manis, ditandai dengan pita merah.

Identifikasi geografis yang dilindungi (PGI)[sunting | sunting sumber]

  • Anggur lokal (Topikós Oínos, Vin de pays) - Diproduksi dengan metode tradisional di area tertentu; sering ditandai dengan nama tempat, pertanian atau, misalnya, biara.
  • Anggur meja (Epitrapézios Oínos, Vin de table) - Anggur dilindungi lainnya yang tidak termasuk dalam klasifikasi di atas. Anggur non-sertifikasi dari wilayah Yunani (yang tidak memiliki kualitas anggur asli). Anggur meja tidak berhak untuk ditandai tahun vintage atau varietas yang terlibat dalam komposisinya. Anggur meja dibagi menjadi tiga subkategori:
    • Anggur meja biasa/komersial - Anggur meja biasa dengan hanya nama merek; biasanya dalam botol dengan tutup sekrup.
    • Lebih bergengsi, campuran "simpanan" yang diperam (penyimpanan minimum: satu tahun untuk anggur putih; dua tahun untuk anggur merah).
    • Káva (Cava - Anggur lokal atau anggur meja yang lebih bergengsi (setidaknya dua tahun untuk anggur putih dan tiga tahun untuk anggur merah).
    • Daur ulang, anggur putih tradisional Yunani dengan rasa pinus retsina.
    • Anggur tradisional (Nama menurut Tradisi)
      • Verntéa (Verdéa) - Anggur manis hanya diproduksi di Zakynthos.

Anggur lainnya[sunting | sunting sumber]

  • Anggur varietas (Ποικιλιακοί οίνοι) — kategori anggur baru, yang termasuk anggur meja, yang memenuhi syarat dan kontrol, diatur dalam Pasal 63 Peraturan 607/2009. Anggur ini diberikan hak untuk diberi label vintage dan komposisi varietas (tetapi bukan indikasi geografis), tidak seperti anggur meja biasa.

Daerah anggur[sunting | sunting sumber]

Kepulauan Aegea[sunting | sunting sumber]

Kreta[sunting | sunting sumber]

Yunani Tengah[sunting | sunting sumber]

Epiros[sunting | sunting sumber]

Kepulauan Ionia[sunting | sunting sumber]

Makedonia[sunting | sunting sumber]

Peloponnesos[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Minuman anggur di Santorini

Dibandingkan dengan negara-negara seperti Prancis, Italia, dan Spanyol, Yunani adalah negara penghasil anggur yang kurang populer di seluruh dunia, tetapi penanaman anggur di Yunani telah mengalami revolusi. Produksi anggur di Yunani saat ini sekitar 500.000.000 (lima ratus juta) liter per tahun. Sepuluh persen minuman anggur telah memenuhi Kualifikasi V.Q.P.R.D. (Vin de Qualité Produit de Région Determinée), yaitu Anggur Berkualitas yang Diproduksi dari Daerah Tertentu.

Pada akhir abad ke-19, didirikanlah beberapa usaha produksi anggur keluarga, dan hingga kini masih beroperasi. Yang paling terkenal adalah:

Tsantalis[sunting | sunting sumber]

Merek anggur Yunani yang terkenal di dunia ini dirintis oleh Evangelos Tsantalis, penduduk asli Trakia Timur. Tsantalis menanam anggurnya di Yunani bagian utara, yaitu Trakia Barat dan Makedonia (Kalkidiki, Nausa).

Butari[sunting | sunting sumber]

Merek ini dirintis oleh Ioannis Butaris dari Nausa. Butari secara historis adalah perusahaan anggur Yunani besar pertama. Saat ini, Butari tidak lagi menanam anggur dari Nausa, tetapi juga dari Makedonia lainnya, Attika, Nemey, Santorini, dan Kreta.

Kambas[sunting | sunting sumber]

Merek terkenal ini didirikan oleh Andreas Kambas, penduduk asli Athena. Buah anggurnya didatangkan dari Yunani selatan, sekitar Athena, di wilayah Attika dan juga di Peloponnesos.

Jerovassiliu[sunting | sunting sumber]

Empat merek Yunani yang paling terkenal ditutup oleh merek keluarga Jerovassilia, yang memiliki kebun anggur di Kalkidiki, dekat kota Epanomi. Banyak varietas anggur putih Yunani kuno diproduksi di sini, seperti Malagusia dan Assyrtiko.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Introduction to Wine Laboratory Practices and Procedures, Jean L. Jacobson, Springer, p. 84.
  2. ^ The Oxford Companion to Archaeology, Brian Murray Fagan, 1996 Oxford Univ Pr, p. 757.
  3. ^ Wine: A Scientific Exploration, Merton Sandler, Roger Pinder, CRC Press, p. 66.
  4. ^ Medieval France: an encyclopedia, William Westcott Kibler, Routledge Taylor & Francis Group, p. 964.
  5. ^ Fournaris 2008, s. 8–16.
  6. ^ "Zaman Prasejarah". Anggur Baru Yunani. Diakses tanggal 13 Juni 2016. 
  7. ^ Peninggalan Anggur Tumbuk Kuno Ditemukan di Yunani Diarsipkan 2008-01-03 di Wayback Machine. Discovery News.
  8. ^ a b Penemuan anggur tumbuk mengharuskan penulisan ulang sejarah minuman anggur Diarsipkan 2008-05-04 di Wayback Machine. Zeenews
  9. ^ a b Peninggalan Anggur Tumbuk Berusia 6.500 Tahun Ditemukan di Yunani Diarsipkan 2012-10-08 di Wayback Machine.. Discovery News.
  10. ^ 6,500-year-old Mashed grapes found Diarsipkan 2020-08-09 di Wayback Machine. Bukti paling awal di dunia tentang buah anggur yang ditumbuk
  11. ^ Peninggalan Anggur Tumbuk Berusia 6.500 Tahun Ditemukan Diarsipkan 2007-03-20 di Wayback Machine.
  12. ^ Fournaris 2008, s. 8–16.
  13. ^ "Pengalaman Anggur Yunani Asosiasi Produsen Anggur dari Kebun Anggur Yunani Utara". Diakses tanggal 13 Juni 2016.. 
  14. ^ "Pencari Anggur Anggur Yunani". Diakses tanggal 13 Juni 2016.. 
  15. ^ Fournaris 2008, s. 66–73.
  16. ^ "Pengalaman Anggur Yunani". Perhimpunan Pembuat Minuman Anggur di Perkebunan Anggur Yunani Utara. Diakses tanggal 13.6.2016. 
  17. ^ Fournaris 2008, s. 106–108.
  18. ^ Кутковская, Ирина (06 2007). "Вулканические вина Санторини" (журнал) (80) (edisi ke-Империя вкуса). 
  19. ^ "Постановление Совета ЕС № 479/2008 от 29.04.2008 г. об организации общего рынка вина". WIPO Lex. Diakses tanggal 2019-04-11. 
  20. ^ "Регламент Комиссии ЕС № 607/2009 от 14.07.2009 г. об отдельных специальных правилах применения Постановления Совета ЕС № 479/2008". WIPO Lex. Diakses tanggal 2019-04-11. 
  21. ^ "Κατηγορίες οίνων" (dalam bahasa Yunani). newwinesofgreece.com. Diakses tanggal 2019-04-11. 
  22. ^ Undang-Undang Anggur Yunani Diarsipkan 2011-07-16 di Wayback Machine. symposio.com
  23. ^ Yachting paradise Greece, the yachting paradise planaco.gr
  24. ^ Greece wein-plus.eu

Kepustakaan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]