Andronikos Doukas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Andronikos Doukas
PasanganMariya dari Bulgaria
Keluarga bangsawanWangsa Doukas
BapakIoannes Doukas
IbuEirene Pegonitissa
Meninggal14 Oktober 1077

Andronikos Doukas, Latin sebagai Andronicus Ducas, (bahasa Yunani: Ανδρόνικος Δούκας; †14 Oktober 1077) merupakan seorang protovestiarios dan Proedros Kekaisaran Bizantium.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Andronikos Doukas adalah putra Kaisar Ioannes Doukas dan Eirene Pegonitissa. Ayahandanya adalah saudara Kaisar Konstantinos X Doukas. Kakeknya adalah Niketas Pegonites. Andronikos sendiri adalah sepupu pertama Mikhael VII Doukas.

Pada tahun 1071 Andronikos adalah komandan bagian dari tentara Bizantium dalam kampanye Romanos IV Diogenes melawan Seljuk dari Alp Arslan. Komandan barisan belakang tentara selama Pertempuran Manzikert, Andronikos mengumumkan bahwa kaisar telah dikalahkan dan ditinggalkan dari medan perang. Dia banyak disalahkan karena menyebabkan kekalahan telak pasukan Bizantium dan selanjutnya penangkapan Romanos IV oleh musuh.

Pada tahun 1072, setelah Romanos dibebaskan oleh Alp Arslan, Andronikos dan saudaranya Konstantinos dikirim oleh Mikhael VII dan ayahanda mereka Caesar Ioannes mencegatnya. Mereka mengalahkan Romanos dan memburunya di Kilikia. Itu Andronikos yang akhirnya mendapatkan penyerahan Romanos dan membawanya ke arah Konstantinopel. Terlepas dari kebenciannya yang dulu kepada kaisar yang terguling, Andronikos dikatakan telah menentang penyamarannya pada tanggal 29 Juni 1072.

Dalam undang-undang tahun 1073, ia dicatat dengan gelarnya sebagai protoproedros, protovestiarios dan megas domestikos, yang Michaíl Attaleiátis mengklarifikasi sebagai jabatan domestikos tōn scholōn Timur, yang telah diberikan ketika dikirim melawan Diogenes.[1]

Pada tahun 1074, bersama ayahandanya, Andronikos memerintahkan tentara kekaisaran melawan tentara bayaran pemberontak yang dipimpin oleh Roussel de Bailleul. Keduanya ditangkap oleh para pemberontak, yang membebaskan Andronikos yang terluka parah untuk memungkinkan dia mencari perawatan medis yang tepat di Konstantinopel. Di sana ia sembuh selama beberapa tahun, tetapi pada bulan Oktober 1077 meninggal karena edema.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Andronikos Doukas menikahi Mariya dari Bulgaria, putri Troian, putra Kaisar Ivan Vladislav dari Bulgaria. Mereka memiliki setidaknya lima orang anak:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Guilland (1967), pp. 406–407, 454

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Polemis, Demetrios I. (1968). The Doukai: A Contribution to Byzantine Prosopography. London: Athlone Press. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]