Andrija Mohorovičić

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Andrija Mohorovičić
ภาพถ่ายของAndria Mohorovicic.gif
Foto Andrija Mohorovičić
Lahir23 Januari 1857
Volosko dekat Opatija, Kroasia
Meninggal18 Desember 1936(1936-12-18) (umur 79)
Zagreb, Kroasia
Dikenal ataseponim Diskontinuitas Mohorovičić

Andrija Mohorovičić (pengucapan bahasa Kroasia: [ǎndrija moxorǒʋitʃitɕ]) (23 Januari 1857 – 18 Desember 1936) adalah seorang meteorolog dan seismolog Kroasia. Ia paling dikenal karena eponim diskontinuitas Mohorovičić dan dianggap pendiri seismologi modern.[1][2]

Tahun-tahun awal[sunting | sunting sumber]

Rumah di Volosko dimana Mohorovičić lahir.

Mohorovičić lahir di Volosko, Opatija, di mana ayahnya (juga bernama Andrija), adalah seorang pandai besi yang membuat jangkar. Andrija muda juga mencintai laut dan menikahi putri dari seorang kapten, Silvija Vernić. Mereka memiliki empat putra.

Karier dalam pendidikan[sunting | sunting sumber]

Ia pertama kali menempuh pendidikan di sebuah sekolah tinggi di Zagreb (1879–1880), kemudian di sekolah sekunder di Osijek. Dari 1882, ia yang berusia sembilan tahun menempuh pendidikan di Royal Nautical School di Bakar, dekat Rijeka. Karyanya dimulai atau diselesaikan kemudian mempengaruhi karier ilmu pengetahuannya yang berikutnya. Dari 1893, ia menjadi anggota Fakultas Filosofi, Universitas Zagreb, pada 1917-18, ia mempelajari bidang geofisika dan astronomi. Pada 1898, ia menjadi anggota penuh pada yang kemudian bernama Akademi Ilmu Pengetahuan dan Seni Yugoslavia di Zagreb, di mana ia menjadi dosen swasta. Pada 1910, ia menjadi profesor universitas ikatan tituler.

Warisan[sunting | sunting sumber]

Kawah Mohorovičić (di sisi jauh Bulan) dinamakan untuk penghormatannya. Sebuah tempat fitness di Rijeka, Kroasia dan sebuah sekolah perkapalan di Angkatan Laut Kroasia dinamakan dengan namanya, dan juga (pada 1996) asteroid 8422 Mohorovičić.

Pada usia 15, Mohorovičić memahami bahasa Italia, Inggris dan Prancis. Kemudian ia mempelajari bahasa Jerman, Latin dan Yunani Kuno.

Andrija Mohorovičić (c. 1880).

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]