Andrias Harefa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search


Andrias Harefa lahir di Curup, Bengkulu, 6 September 1964; umur 54 tahun adalah seorang penulis lebih dari 40 buku best-seller terbitan Kompas-Gramedia, trainerpreneur, coach, pendidik, dan motivator [1] Ia seorang keturunan Nias kelahiran Curup, Bengkulu, yang sempat mengecap pendidikan di SMA Negeri 3 Padmanaba Yogyakarta, dan Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada(1983-1988) Yogyakarta.

Karier[sunting | sunting sumber]

Setelah meninggalkan bangku kuliah di Fakultas Hukum UGM, ia menjadi jurnalis independen (1987-1989), lalu menjadi HRD Consultant di Dale Carnegie Training Indonesia (1989-1998). Setelahnya ia fokus menjadi Trainer Profesional dan Trainer Coach, yang banyak memberikan pelatihan di bidang kepemimpinan, komunikasi, motivasi, kewirausahaan, dan pembelajaran.[2]

Institut Darma Mahardika[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1998, ia bersama Jansen H. Sinamo dan Agus Santoso mendirikan Institut Darma Mahardika. Institut Darma Mahardika kemudian fokus dalam mengembangkan konsep dan pelatihan 8 ETOS KERJA PROFESIONAL dan menabalkan Jansen H. Sinamo sebagai Guru Etos Indonesia.[3]

Situs pembelajar[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 14 Februari 2001, Ia bersama Ang Tek Khun dan Hendri P Bun mendirikan situs pembelajar.com yang menyebarkan semangat menulis kepada seluruh anak bangsa Indonesia.

Mitra Pembelajar[sunting | sunting sumber]

Tahun 2008, bersama Dr. Januar Darmawan, ia mendirikan PT Mitra Pembelajar sebagai wadah bagi pengembangan komunitas pembelajaran Writing School, Trainer School, dan Proaktif Organizer. Lewat kiprahnya dalam Writing School, ratusan penulis buku telah dihasilkan dan berbagai gerakan pelatihan menulis artikel dan menulis buku telah menyebar ke seluruh Indonesia. Ia dan timnya juga memberikan jasa penulisan ghost-writing untuk membantu orang-orang dan perusahaan yang perlu mengembangkan knowledge management, knowledge sharing, dan website writing, PR writing, dan sebagainya. Klien Writing School termasuk BCA, Mandiri, Pembangunan Jaya, Perusahaan Listrik Negara, Perusahaan Gas Negara, Ciputra Group, dan lain-lain. Lewat Trainer School, ia telah melatih ratusan internal trainer di perusahaan-perusahaan terkemuka Indonesia termasuk Astra Group, Kalbe Group, Matahari, Alfamart, MCCI, PGN, SOS Indonesia, Bank Indonesia, dan sebagainya.[4]

Belakangan, bersama Amelia Hirawan dan kawan-kawannya, ia membantu mengembangkan Human Capital ARTchitech untuk mendampingi UKMK dalam mengembangkan harkat dan martabat manusianya agar menjadi ARTmazing People lewat pendekatan coaching, training, and consulting.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Atas jasanya di bidang edukasi dan pelatihan, ia mendapat beberapa penghargaan dari Dale Carnegia & Associates, New York, antara lain:

  • Training Konsultan berprestasi, Club 250 (1992: Washington, DC)
  • Training Konsultan berprestasi tertinggi, Diamond Club (1993-1996: Dallas-Texas, San Fransisco-California, Orlando-Florida, Tucson-Arizona)
  • Instruktur yang Kreatif dan Inovatif (1995: Indonesia)[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tokoh Indonesia : Andrias Harefa
  2. ^ Andrias Harefa. Diakses dari situs gramediapustakautama pada 10 Januari 2015
  3. ^ a b Profil Andrias Harefa. Diakses dari situs berita Merdeka pada 10 Januari 2015
  4. ^ "ANDRIAS HAREFA – Info: 021-2210 3478; Manager: 0815 8963 889". www.andriasharefa.com. Diakses tanggal 2016-08-19.