Ancus Marcius

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ancus Marcius (memerintah sejak 640 SM - 616 SM) adalah raja keempat Kerajaan Romawi.

Ia adalah putra dari Marcius dan Pompilia, dan merupakan cucu dari Numa Pompilius.

Ancus Martius
Ancus-Martius.jpg
Berkuasa640 BC
PendahuluTullus Hostillius
PenerusLucius Tarquinius Priscus
Wafat616 BC
AyahMarcius
IbuPompilia

Menurut Livy, tindakan pertamanya sebagai raja adalah memerintahkan para pontifex maximus untuk menyalin teks mengenai tata cara upacara keagamaan untuk ditampilkan ke publik, sehingga ritual agama tak akan lagi diabaikan atau dilakukan secara salah.

Dia memasukkan bukit Janiculum ke dalam wilayah Roma, membentenginya dengan tembok dan menghubungkannya dengan kota menggunakan sebuah jembatan kayu yang melintasi sungai Tiber. Di pinggiran kota, ia membangun Quiritium Fossa, sebuah benteng parit. Dia juga membangun penjara pertama Roma, penjara Mamertine.

Ia memperluas wilayah Romawi sampai laut, mendirikan pelabuhan Ostia, Membentuk pabrik garam di sekitar pelabuhan, dan merebut Maesia Silva, sebuah hutan di utara Tiber, dari kerajaan Veii. Dia juga memperluas kuil Jupiter.

Ia digantikan oleh Lucius Tarquinius Priscus.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Ancus adalah putra Marcius (yang ayahnya, juga bernama Marcius, adalah teman dekat Numa Pompilius, yang dapat diidentifikasikan dengan Numa Marcius, dan Pompilia, putri Numa Pompilius. Oleh karena itu, Ancus Marcius adalah cucu Numa dan karena itu seorang Sabine Menurut Festus, Marcius memiliki nama keluarga Ancus dari lengannya yang bengkok (ancus berarti "membungkuk" dalam bahasa Latin).

Aksi pertama sebagai Raja[sunting | sunting sumber]

Menurut Livy, tindakan pertama Ancus sebagai raja adalah memerintahkan Pontifex Maximus untuk menyalin teks tentang pelaksanaan upacara keagamaan umum dari komentar Numa Pompilius untuk ditampilkan kepada publik di tablet kayu, sehingga upacara keagamaan harus dilakukan. tidak lagi diabaikan atau tidak dilakukan dengan benar. Dia mengembalikan dekrit agama yang dibuat oleh Numa yang telah dihapus ketika Tullus menjadi raja.

Kematian dan penerusnya[sunting | sunting sumber]

Ancus Marcius dilaporkan telah meninggal karena sebab alami setelah memerintah selama 24 tahun. Dia memiliki dua putra, salah satunya kemungkinan akan naik takhta. Seorang anggota pengadilan Ancus, Lucius Tarquinius Priscus, memastikan bahwa putra-putra Ancus akan keluar dari Roma sehingga dia dapat mengadakan pemilihan di mana dia akan mendapatkan dukungan dari orang-orang Romawi[1].

Ancus Marcius digantikan oleh temannya Lucius Tarquinius Priscus[2][3], yang akhirnya dibunuh oleh putra-putra Ancus Marcius. Kemudian, selama Republik dan Kekaisaran, gen terkemuka Marcia mengklaim keturunan dari Ancus Marcius.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Tullus Hostilius
Raja Roma
640–616
Diteruskan oleh:
Lucius Tarquinius Priscus

https://en.wikipedia.org/wiki/Ancus_Marcius

  1. ^ Penella, Robert J. (Desember 2004). "The Ambitio of Livy's Tarquinius Priscus". The Classical Quarterly. 54 (2): 630–635. doi:10.1093/clquaj/bmh068. ProQuest 1035754534. 
  2. ^ Bedoyere, Guy de la (2011-02-18). The Romans For Dummies (dalam bahasa Inggris). John Wiley & Sons. ISBN 978-1-119-99788-7. 
  3. ^ Schmitz, Leonhard (1847). A History of Rome: From the Earliest Times to the Death of Commodus, A.D. 192 (dalam bahasa Inggris). Allen, Morrill and Wardwell.