Ampelas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Ampelas atau empelas, rempelas, amril adalah bahan, umumnya terbuat dari mineral, yang digunakan untuk membentuk atau memberikan sentuhan akhir pada suatu benda dengan cara menggosoknya.[1] Sentuhan akhir berupa pemolesan untuk mendapatkan permukaan yang halus dan mengilap.

Ampelas diproduksi dalam berbagai macam bentuk dan fungsi. Ampelas umumnya dibagi menjadi dua jenis utama, yakni ampelas berlapis (coated abrasives) dan amplas berikat (bonded abrasives). Produsen ampelas menghasilkan barang yang berbeda karena mereka masing-masingnya memiliki tujuan yang beragam. Ampelas yang paling umum adalah kertas pasir. Ampelas tersebut tergolong ampelas berlapis karena permukaan yang digunakan untuk mengampelas melekat pada suatu material, yakni kertas. Biasanya ampelas menggunakan bahan pendukung, seperti kertas, logam, karet, atau kain, lalu bahan ini dilapisi perekat sebagai agen pengikat yang merekatkan mineral-mineral ampelas. Bagian tepi kotak korek api adalah contoh yang tepat dari ampelas berlapis.[2]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  1. ^ PALANNA. ENGINEERING CHEMISTRY (dalam bahasa Inggris). Tata McGraw-Hill Education. ISBN 9781259081521. 
  2. ^ "Memahami Perbedaan Amplas". Radium - Jual Kertas Pasir Amplas Besi Kayu, Gerinda, Rel Laci, Harga Termurah, Berkualitas (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-02-23. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]