Amfibolit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Amfibolit
AmphiboliteUSGS.jpg
Amfibolit, USGS
Mineral utama: Amfibol (Terutama hornblende dan aktinolit)
Mineral sekunder:
Jenis batuan: Batuan metamorf

Amfibolit adalah batuan metamorf yang berisi amfibol, terutama spesies hornblende dan aktinolit, serta plagioklas. Batuan plutonik beku holokristalin yang terdiri terutama  dari amfibol hornblende disebut hornblendit, yang biasanya batuan kumulat kristal. Batuan dengan> 90% amfibol yang memiliki massa dasar felspar mungkin sebuah lamprofir.

Amfibolit adalah kelompok batuan yang terutama terdiri dari amfibol dan felspar plagioklas, dengan sedikit atau tanpa kuarsa. Jenis in biasanya berwarna gelap dan berat, dengan struktur foliasi atau skistos. Serpih-serpih kecil hitam dan putih di batuan sering memberikan kenampakan  garam-dan-merica.

Amfibolit  tidak perlu berasal dari batuan mafik bermetamorfosa. Karena metamorfosis menciptakan mineral-mineral amfibolit berdasarkan  pada kimia protolith seluruhnya, sedang 'napal-napal kotor' dan sedimen-sedimen vulkanik sesungguhnya dapat bermetamorfosis menjadi kumpulan amfibolit. Endapan yang mengandung dolomit dan siderit juga mudah menghasilkan amfibolit (sekis-tremolit, sekis-grunerit, dan lain-lain, ) terutama di mana telah terjadi sejumlah kontak metamorfosis oleh massa granit yang berdekatan. Basal yang bermetamorfosis membentuk orto-amfibolit dan satuan batuan lainnya dengan kimia yang tepat membentuk  para-amfibolit.

Tremolit, yang merupakan amfibol metamorf,  berasal dari terutama batuan ultrabasa yang sangat termetamorfisme, dan dengan demikian  sekis talk-tremolit umumnya tidak dianggap sebagai 'amfibolit'. Amfibolit mengandung garnet di Val di Fleres, Italia.

Amfibolit dari Cape Cod, Massachusetts, Amerika Serikat

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Amfibolit adalah batu dimensi yang umum digunakan dalam konstruksi, trotoar, muka bangunan, terutama karena tekstur yang menarik, warna gelap, kekerasan dan kepolesan dan kelimpahannya.[citation needed]

References[sunting | sunting sumber]

  • Winter, John D., 2001. An introduction to Igneous and Metamorphic Petrology, 695 pages, Prentice Hall, ISBN 0-13-240342-0