Alsace d'abord

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Alsace First
Elsass Zuerst
Alsace d'abord
PresidenJacques Cordonnier
Dibentuk1989; 35 tahun lalu (1989)
Kantor pusatStrasbourg, Alsace, Prancis
IdeologiRegionalisme
Konservatisme
Identitarianisme
Posisi politikKanan jauh
Afiliasi EropaTidak ada
Afiliasi internasionalTidak ada
Kelompok Parlemen EropaTidak ada
Warna    Merah, putih
  Coklat (costumary)
Majelis Nasional
0 / 577
Senat
0 / 348
Parlemen Eropa
0 / 74
Situs web
www.alsacedabord.org

Alsace d'abord (Jerman Alemannik: Elsass Zuerst) adalah sebuah partai politik yang berbasis di wilayah Alsace di Prancis. Partai yang didirikan pada tahun 1989 ini menginginkan otonomi untuk Alsace.

Partai ini dianggap sebagai partai berhaluan kanan jauh oleh para pengamat karena partai ini menolak imigrasi dan keanggotaan Turki di Uni Eropa. Partai ini merupakan partai regionalis yang menegaskan identitas nasional Alsace. Partai ini menentang sentralisasi, menginginkan otonomi fiskal dan politik untuk Alsace, dan mendukung bilingualisme di kawasan Alsace. Partai ini sering kali dibandingkan dengan partai Lega Nord di Italia.

Dalam pemilihan umum regional Prancis 2004, partai ini memperoleh 9,42% suara tetapi tidak mendapat satu kursi pun. Partai ini pernah mendapat 9 kursi di dewan regional Alsace dari tahun 1998 hingga 2004 karena sistem pemilihan pada saat itu lebih menguntungkan partai-partai kecil. Partai ini memiliki satu kursi di dewan umum Haut-Rhin yang dipegang oleh Christian Chaton dari kanton Sainte-Marie-aux-Mines.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]