Allerheiligen-Hofkirche

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Depan gereja istana München

Allerheiligen-Hofkirche (Gereja Istana Seluruh Santo) merupakan sebuah gereja di Residens München (istana kerajaan para penguasa monarki Bayern) yang dirancang oleh Leo von Klenze dan dibangun antara tahun 1826 dan 1837. Gereja tersebut rusak parah akibat pengeboman selama Perang Dunia II dan selama beberapa dekade tetap ada kehancuran sebelum menjalani pemulihan sebagian dan sekularisasi. Sekarang digunakan untuk konser dan acara.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Allerheiligen-Hofkirche ditugaskan pada tahun 1825 oleh Ludwig I dari Bayern, terinspirasi oleh Cappella Palatina, kapel kerajaan Bizantium yang dihias dengan indah di Palermo, di mana ia menghadiri misa Natal pada tahun 1823.[1] Komisi tersebut menandai pembalikan kebijakan sekularisasi, yang dilakukan di bawah ayahandanya Maximilian I pada awal abad ini.[2] Leo von Klenze (1784–1864) menghasilkan berbagai desain antara tahun 1826 dan 1828, tidak hanya menggunakan Capella Palatina, tapi juga St Markus di Venesia sebagai inspirasi. Bahkan sebelum desain telah disepakati, ada upacara peletakan batu fondasi pada tahun 1826, dan gereja selesai dan diresmikan pada tanggal 29 Oktober 1837.[3]

Portal

Gereja ini dirancang dengan pintu masuk pribadi untuk raja dari dalam Residens.[3] Pintu masuk umum menghadap ke timur, menuju Marstallplatz. Di atas ambang pintu sebuah deesis yang dipahat di relief dibingkai oleh sebuah atap pelana gothik, dengan beebrapa patung Santo Petrus dan Santo Paulus di kedua sisinya.[4] Di dalam, navel terdiri dari dua kubah dan apse, masing-masing dipisahkan oleh lengkungan batu bata. Ini, seperti kolom yang memisahkan lorong samping dan mendukung galeria, pada awalnya kaya ornamen. Heinrich von Hess dengan berbagai asisten membuat beberapa lukisan dinding dengan latar belakang emas: kubah pertama memiliki pemandangan Perjanjian Lama, Kristus yang kedua dan para rasul, bersama empat penginjil dalam empat pendentif, dan apse menunjukkan Trinitas di atas sosok Maria.[5]

Pada bulan April 25, 1944, bom menghancurkan semua kecuali dinding luarnya. Interior yang kaya ornamen hampir sepenuhnya hilang. Meskipun bagian lain dari Residens dipulihkan segera setelah perang, gereja yang rusak itu dibiarkan memburuk selama bertahun-tahun. Pada tahun 1986 keputusan dibuat untuk mengembalikannya. Pemugaran selesai pada tahun 2003, bersamaan dengan rekreasi taman tertutup, Kabinettsgarten, di sisi utaranya.[6] Tidak ada upaya yang dilakukan untuk menciptakan kembali ornamen asli di bangunan yang dipulihkan, yang sebaliknya, dalam kesederhanaannya menunjukkan kualitas arsitektur dari desain Klenze. Sekarang digunakan untuk konser dan acara, dalam batas-batas menghormati karakter awalnya sebagai gereja.[7] Tempat ini biasanya adalah tempat konser untuk ansambel Taschenphilharmonie.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Biller and Rasp (2006), 244; according to the Bavarian palaces administration, "Allerheiligen-Hofkirche", he exclaimed, "Solch eine Schlosskapelle will ich haben!", "That's the kind of court chapel I want" (for translation see external links).
  2. ^ Biller and Rasp (2006), 14 and 22.
  3. ^ a b Biller and Rasp (2006), 244.
  4. ^ Biller and Rasp (2006), 245.
  5. ^ Biller and Rasp (2006), 245–6.
  6. ^ Biller and Rasp (2006), 245; "Allerheiligen-Hofkirche in der Münchner Residenz wieder eröffnet", press release of the Bayerische Verwaltung der staatlichen Schlösser, Gärten und Seen on the reopening of the restored church, June 3, 2003 (German).
  7. ^ "Court Church of All Saints", information on use from the "Bayerische Verwaltung der staatlichen Schlösser, Gärten und Seen"

Bacaan selanjutnya[sunting | sunting sumber]

  • J. H. Biller and H.-P. Rasp, München, Kunst und Kultur, 134–5. München: Südwest, 2006. ISBN 978-3-517-06977-7

Pranala luar[sunting | sunting sumber]