Alix Payen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Alix Payen (lahir sebagai Milliet pada 18 Mei 1842 di Le Mans dan meninggal 24 Desember 1903 di Paris) adalah seorang paramedis Communard di Prancis. Dia dikenal karena korespondensi yang ia tulis mengenai keluarganya yang diterbitkan setelah kematiannya.

Berasal dari keluarga borjuis, republik, dan Fourieris, Alix Payen dibesarkan di Savoy, namun diasingkan pada rezim Napoleon III. Dia menetap pada tahun 1861 di Arondisemen ke-10 Paris, setelah menikah pada usia 19 tahun dengan Henri Payen, seorang sersan Garda Nasional.

Setelah kekalahan pada Perang melawan Jerman tahun 1870, Garda Nasional berpartisipasi dalam pemberontakan Komune Paris dan mengalami pengepungan dari tentara reguler, yang dikenal sebagai Pendudukan Versailles. Kapanpun suaminya pergi berperang bersama para pemberontak, Alix Payen juga mengikutinya. Dia terdaftar sebagai petugas ambulans di 153 Batalyon legiun XI. Selama sebulan, dari April hingga Mei 1871, hadir di Fort d'Issy, Fort Vanves, di parit Clamart, Levallois lalu Neuilly. Suaminya terluka dan menderita tetanus, sehingga ia pensiun di Paris pada akhir Mei untuk merawat suaminyanya. Dia meninggal pada hari-hari terakhir Komune. Dia berhasil melarikan diri dari pendudukan Versailles.

Selama merawat suaminya, Alix Payen membuat korespondensi keluarganya secara rutin. Melalui kacamata borjuis, dia menggambarkan kondisi yang sulit, kekurangan makanan atau peralatan. Dia menceritakan bentrokan itu sudah menjadi makanan sehari-hari di dalam batalionnya. Dalam intra muros Paris, ibu dan saudara perempuannya bersaksi tentang kehidupan sehari-hari mereka didalam Komune. Surat kesaksian kontemporernya yang langka memberikan penjelasan tentang partisipasi wanita dalam pertempuran serta menggambarkan kondisi tempat yang mereka tinggali di sana, dan penetapan kewajiban yang dikenakan pada istri yang mengikuti suaminya bertempur.

Setelah Komune, tanpa keberuntungan, Alix Payen kembali untuk tinggal bersama orang tuanya di Paris. Dia mencoba untuk hidup sendiri dari kerajinan tangan pada tahun 1880. Dia menghabiskan tiga puluh tahun terakhir hidupnya dengan keluarganya, dalam Koloni di sebuah phalanstère yang terletak di hutan Rambouillet. Dia meninggal pada tahun 1903, pada usia 61 tahun.

Setelah kematiannya, korespondensinya diterbitkan pada tahun 1910 oleh Paul Milliet yang merupakan saudara laki-laki Alix Payen. Lalu sebuah dokumenter keluarga berjudul Cahiers de la Quinzaine yang dikarang oleh Charles Péguy.