Aliran Praha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Aliran Praha didirikan pada tahun 1926 oleh Vilem Matheius, guru besar pada Universitas Caroline. Tidak ada kelompok linguistik Eropa yang mempunyai banyak pengaruh seperti kelompok Aliran Praha ini. Kelompok ini tidak pernah membatasi bidang linguistik mereka. Dari studi mereka tidak ada sistem resmi formal deduktif . Namun mereka menghasilkan seperangkat prinsip-prinsip yang pada umumnya disetujui semua anggota kelompok yang ada di dunia.

Aliran praha mempunyai ciri khas yaitu oleh titik berat telaahan pada fungsi-fungsi bahasa. Baik fungsi bahasa dalam masyarakat, fungsi bahasa dalam kesusastraan dan problem-problem aspek-aspek dan tingkatan-tingkatan bahasa ditinjau dari sudut pandang fungsi bahasanya. Dalam garis besarnya, bidang garapan kelompok ini adalah sebagai berikut :

  1. Fonologi, yaitu studi pola bunyi yang mempunyai arti fungsional.
  2. Konsep perspektif kalimat secara fungsional, yaitu pendekatan dengan tujuan fungsional, terhadap interprestasi linguistik dari gaya penulisan.
  3. Studi fungsi estetik bahasa dan peranannya dalam kesusastraan.
  4. Studi fungsi bahasa baku dalam masyarakat modern.[1]

Pada tahun 1929, Alihan Praha mengumumkan tesisnya dalam sebuah makalah yang disampaikan kepada Kongres Pertama Kaum Slavia . " Tesis Praha 1929 yang terprogram, pastinya merupakan salah satu bangunan linguistik paling mengesankan abad ke-20, menimbulkan kredo fungsionalis."  Pada akhir abad 20, terjemahan bahasa Inggris karya keroyokan bebereapa Aliran Praha diterbitkan oleh ahli bahasa Ceko Josef Vachek di beberapa koleksi.

Juga pada tahun 1929, kelompok tersebut meluncurkan sebuah jurnalTravaux du Cercle Linguistique de Prague . Perang Dunia II mengakhirinya. Travaux dibangkitkan secara singkat pada tahun 1966-1971. Isu perdananya dikhususkan untuk konsep ilmu politik pusat dan pinggiran . Itu dibangkitkan lagi pada tahun 1995. Karya bahasa Ceko kelompok ini diterbitkan di Slovo sebuah slovesnost (Word and Literature).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Alwasilah, A. Chaedar (2011). Beberapa Mazhab dan Dikotomi Teori Linguistik. Bandung: Angkasa. hlm. 40. ISBN 9-789796-656639.