Alexius Komnenos (1106-1142)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Alexius Komnenos
Byzantinischer Mosaizist um 1122 001.jpg
Mosaik Alexius Komnenos di Hagia Sophia. Dia digambarkan sebagai seorang pemuda tanpa janggut, mungkin pada saat penobatannya di usianya yang ke-16 atau 17.
Rekan-kaisar Kekaisaran Romawi Timur
Berkuasa1122–1142
Penobatan1122 sbg rekan-kaisar
LahirFebruari 1106
Balabista di Makedonia
Wafatakhir musim panas 1142
(usia 36)
Antalya, Pamfilia
DynastyKomnenoi
AyahIoannes II Komnenos
IbuSanta Eirene
PasanganEupraxia-Dobrodjeja dari Kiev
Eirene-Kata dari Georgia
AnakMaria Komnene

Alexius Komnenos, dilatinkan sebagai Alexius Comnenus (bahasa Yunani: Ἀλέξιος Κομνηνός), merupakan putra sulung kaisar Bizantium Ioannes II Komnenos dan istrinya Santa Eirene. Ia lahir pada bulan Februari 1106 di Balabista, Makedonia, diangkat sebagai rekan-kaisar bersama ayahandanya pada 16 atau 17 tahun dan meninggal pada tanggal 2 Agustus 1142[1] di Antalya, Pamfilia. Ia adalah kakak kandung kaisar Manouel I Komnenos, dan memiliki saudari kembar, Maria Komnene (plus saudara-saudara yang lain).

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Alexius dijadikan rekan-kaisar oleh ayahandanya pada tahun 1122, tetapi meninggal pada tahun 1142. Ini adalah tahun sebelum kematian ayahandanya akibat kecelakaan berburu. Masa pemerintahan Ioannes II kurang baik dicatat daripada ayahandanya, Alexius I, atau penerusnya, Manouel I, dan liputan tentang kehidupan putranya Alexius sangat jarang.

Sebuah puisi panegirik oleh Theodore Prodromus ditujukan kepada Ioannes dan putranya di acara penobatan Alexius. Ini memuji kedua penguasa tersebut sebagai "raja-raja yang lahir dari raja-raja dan kaisar, para reformis adat kuno dan hak-hak istimewa, yang dengannya takhta agung dan tongkat kerajaan adalah akuisisi dari pihak ayahanda, sebuah masalah warisan."[2]

Penyakit terakhirnya dijelaskan: "... dari jenis yang paling parah dan berdurasi pendek, berubah bentuk demam yang menyerang kepala seolah-olah itu adalah akropolis." Lokasi kematian Alexius di Antalya, menunjukkan bahwa ia sedang berkampanye dengan ayahandanya, yang telah mendirikan kota ini sebagai basis untuk menenangkan daerah pedalaman di sekitar Danau Pousgousē (mungkin Beyshehir Gölü yang modern).[3] Adik laki-laki Alexius, Andronikos didakwa mengawal kembali jasadnya ke Konstantinopel, tetapi, saat melaksanakan tugas ini, ia juga sakit dan meninggal.[4]

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Ioannes II dan putra sulungnya Alexios (kanan), dinobatkan oleh Kristus

Identitas istrinya tidak pasti. Mungkin dia menikah dua kali, istri pertamanya adalah Dobrodjeja Mstislavna dari Kiev, putri Mstislav I dari Kiev, dan yang kedua adalah Kata dari Georgia, putri Davit IV dari Georgia. Sementara kedua wanita diketahui telah menikah dengan anggota wangsa Komnenos, beberapa teori telah diusulkan mengenai identitas suami atau suami-suami mereka.

Putrinya Maria Komnene menikah Sebastos Alexius Axuch. Ia adalah putra Ioannes Axuch, mégas doméstikos (panglima tertinggi tentara Bizantium), yang merupakan sahabat dekat Ioannes II.[5] Alexius Axuch bertugas sebagai Adipati Kilikia dan protostrator. Namun akhirnya dia tidak disukai oleh Manouel I Komnenos pada tahun 1167. Ioannes Kinnamos dan Niketas Choniates melaporkan bahwa tuduhan terhadap dirinya termasuk praktek sihir. Dia dan seorang dukun "Latin" dituduh menyebabkan kehamilan Permaisuri Maria dari Antiokhia, mengalami keguguran. Mereka seharusnya berhasil melakukannya dengan memberikan obat-obatan kepada Maria.[6] Alexius mengakhiri hidupnya sebagai seorang biarawan. Maria Komnene, "istri Alexius sang protostrator" disebutkan dalam sebuah segel. Menurut Dictionnaire historique et Généalogique des grandes familles de Grèce, d'Albanie et de Konstantinopel (1983) oleh Mihail-Dimitri Sturdza, Maria ini menderita kegilaan menjelang akhir hayatnya.[7]

Mereka adalah orang tua Ioannes Komnenos "yang Gendut", seorang kaisar saingan Alexius III Angelus. Theodora Axuchina, istri Alexius I dari Trebizond, dianggap sebagai putri dari Ioannes yang Gendut.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Choniates p.22
  2. ^ Magdalino p. 422.
  3. ^ Choniates pp. 21-22
  4. ^ Choniates p.374
  5. ^ Choniates p.59
  6. ^ Lynda Garland and Andrew Stone, "Mary of Antioch"
  7. ^ Mihail-Dimitri Sturdza, Dictionnaire historique et Généalogique des grandes familles de Grèce, d'Albanie et de Constantinople (1983), p. 276.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Magdalino, Paul (2002). The Empire of Manuel I Komnenos, 1143–1180. Cambridge University Press. ISBN 0-521-52653-1.
  • Varzos, Konstantinos (1984). Η Γενεαλογία των Κομνηνών [The Genealogy of the Komnenoi] (PDF) (dalam bahasa Greek). A. Thessaloniki: Centre for Byzantine Studies, University of Thessaloniki.  CS1 maint: Unrecognized language (link), pp. 339–348
Alexius Komnenos (1106-1142)
Wangsa Komnenos
Lahir: 1106 Wafat: 1142
Gelar
Didahului oleh:
Ioannes II Komnenos
Kaisar Bizantium
1122–1142
bersama dengan Ioannes II Komnenos (1118–1143)
Diteruskan oleh:
Ioannes II Komnenos