Alejandro Agresti

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Alejandro Agresti
Alejandro Agresti in 2004.
Lahir2 Juni 1961 (umur 62)
Buenos Aires, Argentina
PekerjaanFilm director
Producer
Screenwriter

Alejandro Agresti (lahir 2 Juni 1961)[1] adalah sutradara film, penulis, dan produser berkebangsaan Argentina. Namanya dikenal melalui karyanya, The Lake House yang dimainkan oleh aktor Sandra Bullock dan Keanu Reeves tahun 2006.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Alejandro Agresti lahir tahun 1961 di Buenos Aires, mengawali debut penyutradaraannya ketika masih remaja, pada tahun 1978 melalui El Zoológico y el cementerio, sebuah film pendek yang dikerjakan saat akhir pekan. Untuk menambah wawasan pengetahuan tentang penyutradaraan, dia bermigrasi ke Belanda, di mana dia melahirkan karya El Hombre que ganó la razón dalam The International Film Festival di Rotterdam tahun 1986.

Setelah menetap di Belanda, dia melanjutkan kariernya melalui beberapa projek yang dikerjakannya, antara lain Love is a Fat Woman yang memenangi penghargaan Special Jury dalam Nederlands Film Festival 1988 dan Sutradara Terbaik dalam The San Sebastian International Film Festival, serta Secret Wedding yang memenangi Golden Calf dalam kategori Film Terbaik dalam Nederlands Film Festival.

Agresti dikenal di Amerika Serikat melalui karyanya, Valentín, sebuah cerita seorang pemuda yang bermimpi menjadi astonot. Pengakuan internasional karya itu mengantarkan Agresti menerima Silver Condor (Cóndor de Plata) dari Asosiasi Kritikus Film Argentina, melalui kategori Sutradara Terbaik, Skenario Terbaik, Film Terbaik, dan Penghargaan Khusus Juri pada The Mar del Plata Film Festival, dari The Golden Calf untuk kategori Sutradara Terbaik, The Nederlands Film Festival untuk kategori Sutradara Terbaik, dan Audience Award dalam The Newport International Film Festival.

Film Agresti yang lain; El Viento se llevó lo que ("Wind with the Gone"), Un mundo menos peor ("A Less Bad World"), El acto en cuestion ("The Act in Question") and Buenos Aires Vice Versa. El Viento se llevó lo qué meraih Golden Seashell dalam The San Sebastián Film Festival, Medali Perak dalam The Chicago International Film Festival, dua penghargaan dalam Havana Film Festival dan Golden Tulip dalam Istanbul International Film Festival.

Film karya Agresti films yang sangat terkenal antara lain La cruz ("The Cross"), A Night With Sabrina Love, Luba, Figaro Stories, Everybody Wants to Help Ernest, A Lonely Race, Modern Crimes, dan El Acto en cuestión ("The Act in Question"), yang memenangi lebih dari 12 penghargaan tingkat internasional. Pada tahun 2006, filmnya The Lake House dirilis dan meraih kesuksesan box office di seluruh dunia.[2] Tahun 2016 dia merlis Mecánica popular, film komedi Agrentina yang ditulis dan disutradarinya, dibintangi oleh Alejandro Awada dan Patricio Contreras.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]