Albatros Airways

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Revisi per 5 April 2013 09.26 oleh EmausBot (bicara | kontrib) (Bot: Migrasi 5 pranala interwiki, karena telah disediakan oleh Wikidata pada item d:Q1782994)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Albatros Airways
250px
IATA ICAO Kode panggil
4H LBW ALBANWAYS
Didirikan2004
PenghubungBandar Udara Rinas Mother Teresa
Armada1
Tujuan8
Kantor pusatTirana, Albania
Situs webhttp://www.albatrosairways.info/

Albatros Airways merupakan sebuah maskapai penerbangan bertarif rendah yang berbasis di Tirana, Albania. Maskapai ini terbang menuju beberapa destinasi di Italia menggunakan pesawat Fokker F100. Basis utamanya terletak di Bandar Udara Rinas Mother Teresa (TIR), Tirana. Pada September 2006, maskapai tersebut ditutup oleh otoritas penerbangan Albania karena tidak membayar pajak bandara dan menara kontrol.[1]

Sejarah

Maskapai penerbangan ini diresmikan dan memulai operasinya pada tanggal 3 November 2004.

Pada 1 September 2006, maskapai tersebut ditutup, dan menurut media lokal, Albatros Airways disarankan untuk menghentikan penjualan tiket. Otoritas Penerbangan Sipil Albania mengumumkan, perusahaan tersebut memiliki hutang lebih dari US$500,000. Penutupan tersebut menimbulkan kontroversi politik besar di Albania. Oposisi dan manajemen menuduh pemerintah telah mengatakan bahwa Albatros Airways melanggar ekonomi pasar bebas. Presiden Albania disalahkan karena telah memberi kemurahan hati kepada Albatros Airways.[butuh rujukan] Perusahaan tersebut ditutup atas perintah Perdana Menteri Sali Berisha untuk memaksa Presiden (Alfred Mojsiju) menghapus Albatros yang sebagian sahamnya dimiliki oleh keponakan perempuan presiden. Sebuah rekaman suara disiarkan oleh media yang memperlihaktan bahwa Sali Berisha menyabotase perusahaan itu untuk keuntungan pribadinya.

Destinasi

Berikut ini adalah destinasi domestik dan internasional pada Juli 2006:

Domestik

Internasional

Armada

Pada Agustus 2006, armada pesawat Albatros Airways telah mencakup:[2]

Pranala luar

Referensi

  1. ^ CH-Aviation 9 September 2006
  2. ^ Flight International, 3-9 October 2006