Alas meja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Alas meja atau bantalan meja merupakan pelindung meja yang digunakan ketika pekerjaan seperti melukis atau menulis akan merusak meja atau meja kerja .

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Ukuran umum alas meja adalah A3 (420 × 297 mm, 11,7 × 16,5 inci) dan A2 (594 × 420 mm, 16,5 × 23,4 inci). Bantalan meja adalah produk promosi yang sangat populer, biasanya diberi merek dengan logo, informasi kontak, dan informasi produk atau layanan.

Bantalan meja biasanya direkatkan pada bagian kaki (bawah) bantalan untuk mencegah kertas menggulung. Banyak yang terpaku pada papan belakang berwarna abu-abu. Mereka dapat memuat 10 hingga 100 lembar meskipun standarnya 50 lembar.

Variasi budaya[sunting | sunting sumber]

Alas meja yang berbeda-beda mempunyai kegunaan yang spesifik, misalnya kaligrafi Cina menggunakan alas meja velour hitam karena kaligrafi Cina ditulis menggunakan kuas tinta . Orang Barat menggunakan bantalan tulis yang lebih sederhana dengan permukaan kertas sekali pakai yang dapat digunakan untuk menulis, mencatat, dan mencoret-coret, seringkali bantalan ini sudah dicetak sebelumnya dengan halaman kalender, namun bantalan meja terbuat dari bahan (seringkali kulit) yang berfungsi untuk menulis dan bertindak sebagai alas tetikus juga umum.

Referensi[sunting | sunting sumber]