Hasan bin Qahthabah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Al-Hasan bin Qahthabah)

Al-Hasan bin Qahthabah bin Syabib ath-Tha'i (Arab: الحَسَن بن قَحْطَبَة بن شبيب الطائي) adalah seorang jenderal senior di awal Kekhalifahan Abbasiyah.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Al-Khathib al-Baghdadi menyebutkan silsilahnya adalah Al-Hasan bin Qahthabah bin Syabib bin Khalid bin Ma'dan bin Syams bin Qais bin Aklab bin Sa'ad bin Amr bin Amr bin Ash-Shamit bin Ghanam bin Malik bin Sa'ad bin Nubhan bin Amr bin Al-Ghauts bin Tha'i ath-Tha'i.[1] Kunyahnya adalah Abu Al-Husain.[1]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Al-Hasan adalah putra Qahthabah bin Syabib ath-Tha'i, seorang jenderal yang memimpin Revolusi Abbasiyah bersama Abu Muslim al-Khurasani dalam menggulingkan Kekhalifahan Umayyah. Tahun-tahun sebelum Revolusi Abbasiyah terjadi, Al-Hasan bersama saudaranya, Humaid, aktif dalam perjuangan Abbasiyah di Khurasan dan pernah menjabat sebagai wakil naqib.[2] Selama Revolusi Abbasiyah, ia dan ayahnya adalah salah satu jenderal utama yang membawa pasukan Abbasiyah dari Khurasan ke Irak dalam perang melawan pasukan Umayyah. Ia ikut serta dalam pengejaran Nashr bin Sayyar dan kemenangan di Pertempuran Nahawand. Meskipun ayahnya meninggal dalam pertempuran melawan gubernur Umayyah Yazid bin Umar al-Fazari, Al-Hasan memimpin pasukan Khurasan ke Kufah.[3] [4]

Setelah Revolusi, Hasan menjabat calon Khalifah al-Mansur (memerintah 754–775) sebagai wakil gubernur di Armenia, yang ia bantu tenangkan, dan memihak Mansur melawan pemberontakan Abdallah ibn Ali di Suriah pada tahun 754. Setelah itu, ia kadang-kadang ditugaskan ke perbatasan dengan Kekaisaran Bizantium, di mana ia memimpin serangan musim panas ke Asia Kecil pada tahun 766, 779, dan 780.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Al-Khathib al-Baghdadi. "Tarikh Baghdad - Al-Maktaba al-Shamela al-Haditha". shamela.ws (dalam bahasa Arab). hlm. 415. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-01-20. Diakses tanggal 2023-01-20. 
  2. ^ Crone 1980, hlm. 188.
  3. ^ Zarrinkub 1975, hlm. 54–55.
  4. ^ Kennedy 1986, hlm. 79.

Sumber[sunting | sunting sumber]