Air terjun Tuwondo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Air Terjun Tuwondo atau dalam bahasa Jawa disebut dengan Grojogan Tuwondo merupakan salah satu air terjun yang termasuk baru di daerah Piyungan, Bantul, Yogyakarta. Air terjun Tuwondo berada di daerah pedesaan yang masih dalam tahap pengembangan tujuan pariwisata. Air terjun Tuwondo bisa kita nikmati hanya saat musim penghujan di mana air sangat deras dan dan akan lebih asik.


Daftar Isi

  1. Lokasi
  2. Akses jalan
  3. Sejarah

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Grojogan tuwondo berada di di daerah pedesaan kampung Lemah Abang, Dusun Banyakan 3, Desa Sitimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul Yogyakarta.

Akses Menuju Lokasi[sunting | sunting sumber]

Bisa menggunakan kendaraan pribadi roda dua. Rutenya dari arah lampu merah Kid Fun, belok ke arah selatan menuju gedung serbaguna Banyakan. Dari gedung ini sejauh 200 m akan ditemukan gang kecil yang memiliki jalan beraspal. Masuk saja melalui gang tersebut dan kita akan melewati areal persawahan. Setelah kita telusuri jalan itu, maka pertigaan pertama yang kita temui ambil ke kanan langsung menuju ke areal pakir lokasi wisata Air Terjun Tuwondo.

Sejarah Air Terjun Tuwondo[sunting | sunting sumber]

Kata "tuwondo" berasal dari kata "tu" dari kata bahasa jawa watu yang artinya baru dan juga "ondo" yang berarti tangga, yang dalam bahasa Indonesia bisa dibilang bertingkat seperti tangga. Oleh karena itulah air terjun Tuwondo terlihat bertingkat menyerupai anak tangga. Setiap anak tangga rata-rata memiliki ketinggian 3 hingga 5 meter. Sebelah kiri maupun sebelah kanan juga dipenuhi semak belukar dan beberapa pepohonan Jati.

Perlu diketahui bahwa air terjun suwondo ini tidak memiliki air sejernih air terjun tempat lain. Hal ini dikarenakan adanya endapan tanah di dasar air terjun yang tidak tidak hanyut oleh aliran air terjun, Air berwarna ke coklat kemerahan.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]