Air terjun Cigamea

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Air terjun Cigamea atau Curug Cigamea merupakan air terjun yang terdapat di wilayah Gunung Bunder, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Curug (bahasa sunda) berarti air terjun. Sedangkan Cigamea artinya adalah bergemuruh.[1] Tempat Curug Cigamea ini berada termasuk kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak ini, wilayah Gunung Bunder, Pamijahan, Kab.Bogor dikenal banyak memiliki air terjun yang menjadi daerah tujuan wisata. Beberapa air terjun yang terdapat di wilayah ini, di antaranya yaitu: Curug Ngumpet, Curug Cigamea, Curug Cihurang, Curug Pangeran, Curug Luhur, Curug Cadas Ngampar, Curug Seribu, dan banyak lagi.

Air Terjun Cigamea
Curug Cigamea memiliki dua bagian air terjun dengan ketinggian berbeda
Curug Cigamea

Air terjun ini memiliki dua bagian yang lokasinya berdekatan dengan ketinggian berbeda.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Curug Cigamea terletak di Jalan Curug Cigamea, Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Jarak menuju Curug Cigamea kurang lebih 40 kilometer dari pusat Kota Bogor. Untuk menuju lokasi tersebut ada empat jalur yang bisa dilewati. Pertama bisa melewati Cemplang atau Cibungbulang. Kemudian menuju Pamijahan dan Salak Endah. Kedua melalui arah Cikampak menuju Salak Endah. Ketiga arah Cibatok menuju kawasan Salak Endah, dan keempat lewat Tamansari menuju Gunung Bunder, terus ke kawasan Salak Endah.[2]

Dari gerbang pintu masuk kawasan wisata Gunung Bunder melalui Cibatok, merupakan lokasi terdekat menuju Curug Cigamea. Dari tempat parkiran mobil dan motor, para pengunjung melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak berbatu naik dan turun sejauh kurang lebih 700 meter hingga ke lokasi. Ada dua air terjun di kawasan ini, yaitu Curug Cigamea yang cukup tinggi dan kolam airnya yang cukup dalam, dan Curug Cimudal yang lebih rendah ketinggiannya dengan latar belakang batu kehitaman.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rudi (2019-04-16). "Curug Cigamea, Menengok Kecantikannya Yang Memukau". NativeIndonesia.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-10-18. 
  2. ^ Pin, Alpin. "Menikmati Wisata Alam Curug Cigamea". RADAR BOGOR | Berita Bogor Terpercaya. Diakses tanggal 2020-10-18. 
  3. ^ F, Ni Luh Made Pertiwi. Asdhiana, I Made, ed. "Pesona Curug Cigamea Diburu Wisatawan". Kompas.com. Diakses tanggal 2020-10-18.