Air Terjun Riam Dait

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Air Terjun Riam Dait

Air Terjun Riam Dait Tingkat 2
Informasi
Lokasi Desa Sekendal, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia.
Negara  Indonesia
Koordinat 0°43′35″N 110°12′38″E / 0.726301°N 110.210510°E / 0.726301; 110.210510Koordinat: 0°43′35″N 110°12′38″E / 0.726301°N 110.210510°E / 0.726301; 110.210510

Air Terjun Riam Dait atau Air Terjun Rombo Dait Tujuh Tingkat atau Air Terjun Remabo adalah sebuah air terjun yang berada di Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Air Terjun Riam Dait merupakan air terjun dengan tipe multi-step karena memiliki beberapa undakan air terjun disepanjang punggungan bukit, meski terpaut cukup jauh. Tinggi Air Terjun Riam Dait pada tingkat pertama sekitar 60 meter. Pada tingkat dua hingga ke tujuh, ketinggiannya berkisar 20-30 meter. Pada setiap tingkatan, air terjunnya ada yang berbentuk melebar dan ada pula dalam bentuk berundak-undak kecil. Air Terjun Riam Dait berada di aliran Sungai Dait[1] sebelum terjun ke dataran rendah Patahan Dait.

Panorama[sunting | sunting sumber]

Air Terjun Riam Dait terletak pada ketinggian dataran sekitar 200 meter di atas permukaan air laut. Keindahan Air Terjun Riam Dait terletak pada besar debit airnya. Selain itu, di sekitarnya atau disetiap kolam dibawah curahan air terjun terdapat hamparan pasir putih yang belum tentu ditemui di air terjun lainnya. Tentunya akan lebih seru jika berkemah di areal ini, sensasinya hampir sama dengan berkemah di pantai karena pasir putihnya. Pilihan berkemah juga sangat tepat, karena dengan itu bisa menjelajahi 6 riam lainnya dengan waktu yang lebih fleksibel.[2] Selain itu lokasinya yang terletak ditengah Hutan membuat pemandangan di sekitarnya yang merupakan hutan hujan Kalimantan yang masih sangat alami.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Air Terjun Riam Dait berlokasi di Desa Sekendal, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia.

Aksesbilitas[sunting | sunting sumber]

Air terjun Riam Dait merupakan air terjun teramai dan termudah dijangkau kedua oleh masyarakat setelah Air Terjun Melanggar. Air terjun Riam Dait berjarak lebih dari 54 Km dari Kota Ngabang. Dari Kota Ngabang ditempuh dengan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat umumnya selama 3 jam menuju arah Serimbu. Setibanya di pertigaan perbatasan Semuntik-Sekendal belok kanan menuju arah Sanggau melalui jalan yang nantinya akan ajdi jalan nasional tersebut. Setelah sekira 5 Km berkendara akan menemui petunjuk jalan di kiri jalan menuju Air terjun Riam Dait dengan kondisi jalan tanah sehingga sangat riskan dan sulit dijangkau jika cuaca hujan atau selepas hujan karena berberapa jalan akan berlumpur. Setelah 30 menit akan sampai di tempat pemberhentian kendaraan, dan dilanjutkan berjalan kaki 30 menit menuju air terjun.

Referensi[sunting | sunting sumber]