Air Terjun Kyai Kate

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Air Terjun Kyai Kate
Lokasi
Desa Gunung Condong, Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah
Peta
7°34′59″S 109°52′38″E / 7.583103°S 109.877313°E / -7.583103; 109.877313

Air Terjun Kyai Kate adalah sebuah air terjun dengan ketinggian mencapai 25 meter lebih. Air Terjun Kyai Kate berlokasi di pinggiran dusun pada ketinggian 300 Mdpl meski demikian di sekitarnya terdapat hutan yang masih alami. Air Terjun Kyai Kate berada di antara dua bukit yakni Bukit Watukuwuk dan Bukit Munggangsari. Air terjun yang dikelilingi tebing memiliki debit air yang cukup deras karena Air Terjun Kyai Kate berada di aliran Sungai Kedunggupit yang berhulu di Gunung Lanang (1.105 Mdpl). Bahkan saat musim kemarau debit air tidak akan kering. Sebaliknya, air terjun ini akan sangat berbahaya jika sedang banjir di musim penghujan. Air Terjun ini masih sangat alami sehingga bagi yang menyukai petualangan alam maka Air Terjun Kyai Kate dapat menjadi pilihan yang tepat. Suasana alam dan deras guyuran air terjun akan menambah pesona tempat ini. Dibawah air terjun terdapat kolam yang sangat besar. Bahkan digunakan untuk arena memancing.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Air Terjun Kyai Kate terletak di Dusun Kepodang, Desa Gunung Condong, Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. Air terjun ini berjarak 49 Km berkendara dari pusat Kabupaten Purworejo atau 32 Km dari Kota Kutoarjo.

Aksesbilitas[sunting | sunting sumber]

Untuk menjangkau Air Terjun Kyai Kate ini perjalanan bisa di mulai dari Kota Kutoarjo pusat Kota Kabupaten Purworejo. Rute yang digunakan untuk menuju ke lokasi menggunakan rute jalan kabupaten yang menghubungkan Kutoarjo – Kemiri - Bruno – Cepedak. Sementara kendaraan yang digunakan bisa menggunakan angkutan desa atau menggunakan kendaraan pribadi. Dari pemukiman terdekat pengungjung harus melanjutkan dengan berjalan kaki selama sekitar 20 menit. Air Terjun Kyai Kate bukan tempat wisata sehingga tak adafasilitas apapun di tempat ini.