Ahli optik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bingkai dan lensa percobaan.

Ahli optik atau optisian adalah seorang praktisi yang menentukan, mencocokkan dan memilih lensa koreksi untuk mengoreksi kelainan refraksi. Optisian menentukan spesifikasi dengan menggunakan beberapa peralatan tes mata yng akan memberikan koreksi yang diperlukan untuk penglihatan. Beberapa optisian terdaftar atau berlisensi juga dapat melakukan tes untuk memperbiki cacat kosmetik, traumatik dan anatomi. Perangkat ini disebut kerang atau mata buatan. Optisian terdaftar atau berlisensi lainnya memproduksi lensa dengan spesifikasi dan desain mereka sendiri, pembuatan bingkai kacamata dan perangkat lainnya.

Peralatan korektif mata bisa berupa lensa kontak, lensa kacamata atau alat bantu low vision. Peralatan korektif tersebut dipasang baik di mata sebagai lensa kontak atau dipasang dalam bingkai di depan mata sebagai kacamata atau sebagai monokel

Peralatan[sunting | sunting sumber]

Optisian menggunakan berbagai peralatan untuk menyesuaikan, mengatur dan menentukan kacamata, lensa kontak dan alat bantu low vision. Kacamata koreksi memerlukan penggunaan focimeter, atau lensometer, untuk memverifikasi resep yang benar dalam sepasang kacamata, orientasi dan menandai lensa untuk dipotong, dan untuk mengkonfirmasi pemasangan lensa yang benar di bingkai kacamata. lensometer tertentu juga memiliki kemampuan untuk memeriksa lensa kontak.

Parameter yang dinilai oleh lensometer adalah spheris, silinder, axis, add, dan dalam beberapa kasus, prisma. lensometer ini juga digunakan untuk memeriksa keakuratan lensa progresif, dan sering mampu menandai pusat lensa dan berbagai pengukuran lain penting untuk melihat kinerja yang tepat dari lensa.

Satu bagian tak terpisahkan lagi dari peralatan korektif adalah pupilometer. Pupilometer adalah alat untuk mengukur jarak interpupillary (IPD atau PD). Hal ini digunakan untuk mengatur kacamata sehingga lensa dapat tepat di sumbu visual mata. Ini adalah sebutan yang paling umum. Sebuah pupilometer dapat dioperasikan secara manual, atau mungkin digital. Pupilometer juga dapat digunakan untuk memverifikasi pengukuran PD diambil dengan tangan menggunakan penggaris milimeter. Sebuah pupilometer paling cocok untuk jaminan yang lebih baik di lensa progresif yang tepat, dan lensa khusus lainnya, karena bahkan kesalahan kecil menyebabkan ketegangan pada mata.

Referensi[sunting | sunting sumber]