Ahlam Mosteghanemi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ahlam pada tahun 2000

Ahlam Mosteghanemi (lahir 13 April 1953) adalah seorang sastrawan di bidang penulisan novel berbahasa Arab dan penyair asal Aljazair. Novel dan syair karya Ahlam Mosteghanemi merupakan salah satu yang populer dan terlaris di Aljazair dikarenakan dia menulis karya-karya sastranya dengan menggunakan bahasa Arab. Pada tahun 1998 dia memenangkan karya sastranya dengan mendapatkan medali Naguib Mahfouz.[1]

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Ahlam Mostagheni lahir 13 April 1953 di Aljazair. Ia merupakan putri dari Mohammed Cherif yang dikenal sebagai salah satu tokoh revolusioner Tunisia. Pada tahun 1954 terjadi perang sipil di Tunisia dan merupakan peristiwa yang penting pada kehidupan Ahlam Monsteghanemi dikarenakan pada tahun tersebut rumah dari keluarga Mostaghanemi dijadikan sebagai tempat pertemuan bagi para pejuang revolusioner.

Pada tahun 1962 pasca kemerdekaan dari perang sipil, Monstaghanemi serta keluarganya kembali ke Tunisia. Pasca kemerdekaan, Ahlam Monstaghanemi memiliki kesempatan untuk mendapatkan kesempatan untuk menempuh pendidikan formal di sekolah bahasa Arab. Pada tahu 1970 ia pindah ke Perancis dan pada tahun 1982 ia berhasil mendapatkan gelar Ph.D. bidang sosiologi dari Universitas Sorbonne Paris.

Monstaghanemi menikah dengan seorang jurnalis Lebanon dan pindah bersama suaminya ke Beirut. Di Beirut ia berhasil menerbitkan novel pertamanya yang berjudul Memory in the Flesh (Zakirat al Jassad) pada 1993.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ mlynxqualey (2021-10-19). "Ahlam Mosteghanemi: A Writer's Journey of Love for and Devotion to Arabic Literature". ARABLIT & ARABLIT QUARTERLY (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-11-26. 
  2. ^ "Profil - Ahlam Mosteghanemi". merdeka.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-11-26.