Agnello Participazio

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lambang Angelo Participazio. Doge Venesia.

Agnello Participazio (Angelo Particiaco, Latin: Agnellus Particiacus) adalah Doge Venesia kesepuluh (tradisional) atau kedelapan (historis) dari tahun 811 hingga 827.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ia lahir di keluarga pedagang yang kaya di Heraclea dan merupakan salah satu pemukim pertama di Pulau Rialto. Pada tahun 810, doge-doge yang berkuasa, Obelerio, Beato, dan Valentino, meminta bantuan dari Raja Italia Pepin untuk membantu mereka mempertahankan kekuasaan mereka yang terancam. Agnello adalah tokoh yang memimpin pertahanan kota Venesia selama pengepungan yang dilancarkan oleh Pepin. Setelah pasukan Pepin mundur dan para doge melarikan diri, Agnello terpilih sebagai doge. Rumah Rialtonya di Campiello della Cason menjadi istana doge pertama dalam sejarah Venesia dan kemudian ia memperluasnya dengan bahan dasar batu. Masa kekuasaannya dimulai dengan baik. Berdasarkan Pax Nicephori, Venesia tetap berada di dalam lingkup pengaruh Kekaisaran Romawi Timur, tetapi kemerdekaannya dipastikan oleh Romawi Timur dan Kekaisaran Romawi Suci.

Masa kekuasaan Agnello merupakan masa kelahiran Venesia modern: kota dengan kanal dan jembatan yang berpusat di Rialto. Agnello melancarkan program reklamasi tanah. Ia menunjuk komisi pembangunan yang terdiri dari tiga orang untuk mengawasi proyek tersebut. Nicolò Ardisonio ditugaskan untuk memfortifikasi lidi untuk melindungi Venesia dari air laut. Lorenzo Alimpato menggali kanal dan mempersiapkan pembangunan. Pembangunan bangunan yang baru dan lebih baik ditugaskan kepada Pietro Tradonico, kerabat dekat Agnello. Torcello, Burano, Heraclea, dan Rialto semuanya dibangun kembali. Jembatan-jembatan dibangun, termasuk jembatan yang menyeberangi Sungai Brenta.

Agnello menikah dengan Dogaressa Elena.[1] Masa akhir Agnello dihantui oleh percekcokan antar anggota keluarga. Anak sulungnya, Giustiniano, sedang dikirim ke Konstantinopel, sehingga anak laki-lakinya yang lebih muda, Giovanni, diangkat sebagai co-doge. Giustiniano mengamuk setelah ia kembali. Agnello mengangkat anak laki-laki ketiganya, Agnello, sebagai co-doge dan mulai menentang Giustiniano dan bahkan mengepungnya di San Severo. Pada akhirnya, Giovanni yang pro-Frank diasingkan di Zadar. Agnello digantikan oleh anak sulungnya Giustiniano.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
Obelerio degli Antenori
Doge Venesia
811–827
Diteruskan oleh:
Giustiniano Participazio