Pax Nicephori

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Pax Nicephori atau "Perdamaian Nicephorus" adalah istilah yang mengacu kepada perjanjian perdamaian tahun 803 yang disepakati oleh penguasa Kerajaan Franka Karel yang Agung dan Basileus Kekaisaran Romawi Timur Nikephoros I. Istilah ini juga mengacu kepada hasil negosiasi yang dilakukan oleh kedua belah pihak, tetapi baru diselesaikan pada masa kaisar-kaisar berikutnya antara tahun 811 hingga 814. Proses negosiasi dari tahun 802–815 juga disebut dengan istilah ini. Berdasarkan persetujuan perdamaian ini, perwakilan Kaisar Romawi Timur mengakui wewenang Karel yang Agung di Barat dan kedua belah pihak menegosiasikan batas mereka di Laut Adriatik.

Negara pembatas[sunting | sunting sumber]

Diyakini bahwa Pax Nicephori menjadikan Venesia sebagai badan yang merdeka di tengah kedua kekaisaran besar, tetapi hal ini didasarkan pada kesaksian penulis-penulis kronik Venesia seperti Giovanni Diacono dan Andrea Dandolo, sehingga kebenarannya dapat dipertanyakan.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Dzino, Danijel (2010). Becoming Slav, Becoming Croat: Identity Transformations in Post-Roman and Early Medieval Dalmatia. Brill. ISBN 9789004186460. 
  • Roberto CESSI. Pacta Veneta, 1–2. Archivio Veneto 4–5 (1928–1929).
  • John Julius Norwich. A History of Venice. New York 1982.