Agaricus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Agaricus
Agaricus campestris.jpg
A. campestris
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Fungi
Divisi: Basidiomycota
Kelas: Agaricomycetes
Ordo: Agaricales
Famili: Agaricaceae
Genus: Agaricus
L.:Fr. emend Karst.
Tipe spesies
Agaricus campestris
L.:Fr.
Species
Sinonim[1]
  • Amanita Dill. ex Boehm. (1760)
  • Fungus Tourn. ex Adans. (1763)
  • Hypophyllum Paulet (1808)
  • Myces Paulet (1808)
  • Agaricus trib. Psalliota Fr. (1821)
  • Pratella (Pers.) Gray (1821)
  • Psalliota (Fr.) P.Kumm. (1871)

Agaricus adalah genus dari jamur yang mengandung baik spesies yang dapat dimakan dan beracun, dengan kemungkinan lebih dari 300 anggota di seluruh dunia.[2][3] Genus ini mencakup jamur kancing (Agaricus bisporus) dan jamur field (Agaricus campestris), yang merupakan jamur yang dibudidayakan yang dominan di Barat.

Anggota Agaricus ditandai dengan tudung atau pileus berdaging, dari sisi bawah pileus tumbuh sejumlah lempeng atau insang yang memancar yang merupakan tempat memproduksi spora telanjang. Mereka dibedakan dari anggota lain dari familia mereka, Agaricaceae, dengan spora coklat mereka. Anggota Agaricus juga memiliki tangkai atau stipe, yang mengangkat jamur di atas objek tempat jamur tumbuh atau substrat, dan partial veil, yang melindungi insang yang sedang berkembang dan kemudian membentuk cincin atau anulus pada tangkai.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Synonymy: Agaricus L., Sp. pl. 2: 1171 (1753)". Index Fungorum. CAB International. Diakses tanggal 2013-08-29. 
  2. ^ Bas C. (1991). A short introduction to the ecology, taxonomy and nomenclature of the genus Agaricus, 21–24. In L.J.L.D. Van Griensven (ed.), Genetics and breeding of Agaricus. Pudoc, Wageningen, The Netherlands.
  3. ^ Capelli A. (1984). Agaricus. L.: Fr. (Psalliota Fr.). Liberia editrice Bella Giovanna, Saronno, Italy

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Barrington_2000" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Rolfe_1974" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Smith_1854" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Wakesfield 1940" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Walleyn 1994" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Unimelb