Aed (Dewa)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Aed, atau Aodh, adalah pangeran dari Daoine Sidhe dan dewa dunia bawah dalam mitologi Irlandia. Dia diketahui dari prasasti, sebagai anak tertua dari Lir, Raja Tertinggi dari Tuatha de Dannan, dan Aobh, putri Bodb Dearg. Aed di lain tempat dijelaskan dalam dindsenchas sebagai anak Dagda dan dibunuh oleh Corchenn dari Cruach karena merayu istri Corchenn.[1]

Menurut tradisi, Aoibh meninggal dalam persalinan setelah melahirkan empat anak Lir (dua kali kembar): Fionnuala, Aodh, Fiachra, dan Conn dari seratus pertempuran. Aoife, istri kedua Lir, dan dalam beberapa versi cerita, adik Aobh, sangat cemburu dengan anak-anak dan bersekongkol untuk membunuh mereka pada perjalanan untuk menemui Bodb Dearg, mantan Raja Tuatha de Dannan. Tapi karena cinta dari anak-Anak Lir, pelayan Aoife tidak mau membunuh anak-anak, namun dia mengutuk mereka untuk hidup sebagai angsa selama 900 tahun: 300 di Danau Darvra, 300 di selat inggris, dan 300 di lautan terbuka.

Legenda mengatakan mereka menjaga suara mereka dan belajar semua lagu dan cerita dari Irlandia, serta berbagai macam bahasa yang dibawa oleh para wisatawan dari tempat yang jauh.

Ada banyak variasi dari puncak cerita setelah melepaskan kutukan Aoife, dan sebagian besar dipengaruhi oleh cerita-cerita dari Kekristenan. Untuk lebih lanjut tentang cerita ini, lihat artikel di anak-Anak Lir.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [1]
  • Encyclopedia of Gods, Michael Jordan, Kyle Cathie Limited, 2002